5 Film Yang What-The-Fuck Banget

Apa jadinya kalo kamu nonton film dan selama film berlangsung kamu cuma mengernyitkan dahi karena film yang kamu tonton itu punya alur cerita yang ga jelas atau film yang kamu tonton itu endingnya bikin kamu bingung dan kamu ga ngerti film yang kamu tonton itu maksudnya apaan. Nah, itulah hal yang baru aja ane alami.


Sebagai seorang jomblo yang doyan ngurung diri dalam kamar (pantesan jomblo), satu-satunya hal yang bisa ane lakukan untuk menghibur diri hanyalah nonton film bokep atau main game monopoli doang atau sekedar streaming video youtube buat ngabisin paket kuota. Dan tadi malam, ane baru aja selesai nonton film yang bikin ane bingung sepanjang film berlangsung. Yang ada di benak ane ketika nonton film itu adalah "apaan nih maksudnya?", "kenapa gitu?", "dafuq!", atau "haduuuh, ga jelas!" Begitulah sekelumit pernyataan yang ane ucapkan dalam hati. Terinspirasi dari pengalaman pahit yang baru ane alami, akhirnya ane punya ide untuk nulis postingan ini.

Berdasarkan pengalaman ane pribadi, lewat postingan ini ane pengen berbagi ke kamu semuanya tentang film-film yang what-the-fuck banget. Film what-the-fuck yang ane maksud disini adalah film-film yang punya plot cerita yang ga biasa, absurd tapi cukup masuk akal, bikin kamu bingung dengan segala keanehannya. Yah, pokoknya film-film berikut ini bikin kamu pengen bilang, "What the fuck!" pas kamu nontonnya. Saking what-the-fuck-nya film tersebut, sampe-sampe kamu pengen supaya film itu cepat berakhir. So, film apa aja sih itu?


1. Dogtooth aka Kynodontas (2009)


Film asal Yunani yang dirilis pada tahun 2009 ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang hidup terisolasi, dimana si ayah mengurung/mengisolasi ketiga orang anak remajanya. Jadi nih ceritanya si ayah ngelarang anak-anaknya itu untuk keluar rumah. Mereka ini semacam dicuci otaknya oleh kedua orang tua mereka dengan asumsi bahwa dunia luar itu kejam dan ga baik buat mereka. Terus, mereka ini diperbolehkan untuk bebas keluar dari rumah kalo gigi taring mereka itu copot. Dan kamu tau lah ya kalo udah gede, gigi kamu ga mungkin bisa copot sendiri. Dengan kata lain sih, sebenarnya mereka ga akan bisa bebas dan selamanya akan terkurung di rumah mereka. Kasian.


Kenapa what-the-fuck banget?
Film ini tuh kalo menurut ane agak sedikit ga masuk akal, sekaligus masuk akal. See? Kamu bingung kan maksud ane apaan? Ya itulah anehnya film ini. Selain aneh, kamu juga akan sedikit tertawa sama beberapa adegan yang aneh di film ini karena ya emang lucu aja sih. Misalnya, adegan dimana mereka rebutan pesawat mainan. Kamu mau tau kenapa mereka rebutan pesawat mainan? Tonton aja filmnya. Di film ini juga ada adegan inses antara si anak laki-laki sama kakaknya yang cewek dan ide tersebut diajukan oleh kedua orang tua mereka. Dan kebingungan yang kamu rasakan bakal terus ada bahkan sampe film berakhir karena emang endingnya ga jelas dan gantung banget. Kamu pikir gebetan kamu doang yang bisa ngegantungin kamu? Film juga bisa loh.

Meskipun film ini aneh dan bikin bingung, film ini memenangkan banyak penghargaan dan juga dinominasikan dalam piala Oscar pada tahun 2011. Hebat!


2. Antichrist (2009)


Ngomongin soal film aneh bin ga masuk akal bin bikin bingung, film yang dirilis pada tahun 2009 yang berjudul Antichrist besutan Lars von Trier ini emang wajib banget dimasukkan dalam daftar. Film ini mengisahkan sepasang suami-istri yang kehilangan anak mereka gara-gara mereka keasikan ehem-eheman. Pasca kejadian tersebut si istri depresi berat, sehingga mereka pun melakukan sebuah perjalanan ke sebuah hutan yang bernama Eden. Di hutan inilah kejadian "aneh" terjadi.

Kenapa what-the-fuck banget?
Yang aneh dari film ini sih sebenarnya ada pada adegan saat mereka berada di hutan. Kamu tonton aja lah supaya tau gimana anehnya. Oh iya di film ini ada adegan disturbingnya juga, yaitu saat si istri menggunting klitorisnya sendiri. Ouch! Sebenarnya sih dibalik keanehan yang ada di film ini, katanya sih emang Lars von Trier ini kalo bikin film emang rada nyeni gitu. Ya gitu lah, saking berseninya ane jadi rada ga ngerti ini film maksudnya apaan.


3. The Holy Mountain (1973)


Sebuah film absurd bin ga masuk akal bin membingungkan sampe-sampe ane bingung gimana mau nyeritain sinopsis film ini. Yah, ane coba ceritain secara singkat deh ya. Intinya sih film ini nyeritain seseorang yang digambarkan mirip kayak Yesus gitu. Dunia disekitarnya ini digambarkan penuh kekejaman dimana-mana, kayak ga ada moralnya gitu lah. Suatu ketika, bertemulah dia dengan seseorang yang ane juga ga tau dia itu apaan. Orang ini ngenalin si orang-mirip-Yesus itu kepada tujuh orang yang berpengaruh di planet mereka masing-masing. Bersama ketujuh orang yang lainnya, mereka bersembilan melakukan perjalanan ke gunung suci untuk mencari keabadian.


Kenapa what-the-fuck banget?
Adegan demi adegan yang digambarkan pada film inilah yang membuat kamu berkata "What the fuck!" saat nonton. Tokoh-tokoh yang ada di film ini pun jadi salah satu alasan kenapa kamu bakal ngomong, "Apa-apaan nih!". Tapi, meskipun absurd sebenarnya film ini mengandung makna filosofis yang kalo dipikir-pikir ada benernya juga. Buat kamu yang suka kejutan, kamu pasti bakal terkejut ketika kamu udah sampai di akhir film. Film ini emang gokil lah pokoknya. Absurd, tapi di sisi lain ngasih pelajaran hidup juga.

Salah satu film dari sutradara yang sama (Alejandro Jodorowsky) yang ga kalah absurd adalah yang berjudul El Topo, yang dirilis 3 tahun lebih dulu. 


4. 2001: A Space Odyssey (1968)


Sebuah film science-fiction karya Stanley Kubrick ini intinya sih menceritakan tentang sebuah evolusi gitu. Ada 3 cerita yang ada di film ini dan saking what-the-fuck-nya, ane jadi bingung sendiri gimana mau nyeritain tentang sinopsis film ini. Pokoknya kamu tonton aja lah ya.


Kenapa what-the-fuck banget?
Banyak yang bilang kalo film Kubrick yang satu ini filosofis banget. Banyak orang diluar sana yang ngasih interpretasi mereka masing-masing tentang film ini. Ga ada yang bener dan ga ada yang salah soal interpretasi orang-orang tersebut karena pada dasarnya emang ga jelas juga sih maunya ini film tuh apa. Kamu bakal ngerasa otak kamu terkukus saat kamu nonton ending film ini karena ya emang ending film ini tuh what-the-fuck banget sih. Ga jelas gitu maksudnya apaan.


5. Film-filmnya David Lynch


Absurd, surreal, ga jelas, bikin bingung? Film-film karya David Lynch lah jawabannya. Ane sih nyebut David Lynch sebagai "bapaknya film surreal", karena emang dia ini kalo bikin film suka aneh-aneh gitu. Yang awalnya plotnya ngalir dengan nyaman, eh tau-tau ada aja adegan yang bikin bingung dan ga masuk akal. Yah, emang sih ada juga film om Lynch ini yang rada waras, tapi ya tetep aja kebanyakan filmnya ga masuk akal.

Dari banyaknya film om Lynch yang udah dia bikin, film-film berikut ini lah yang emang surreal banget: Eraserhead (1977), Lost Highway (1997), Mulholland Drive (2001), Inland Empire (2006). Dan berikut ini filmnya om Lynch yang rada waras: The Elephant Man (1980), Blue Velvet (1986), Wild at Heart (1990).

Sebenarnya selain yang udah ane sebutin di atas, ada banyak lagi filmnya David Lynch yang lain, tapi berhubung ane ga pernah nonton yang lainnya itu, jadi ane ga tau harus mengkategorikannya ke yang surreal atau yang rada waras.


Yap! Kayaknya itu aja sih film yang what-the-fuck menurut ane dan sebenarnya ada banyaaaaak banget film aneh diluar sana yang harusnya masuk dalam daftar, terutama film-film surreal bin mindfuck yang emang level dosis absurdnya udah kelebihan. Tapi mungkin ntar ane bakal bahas di postingan yang lain. Biar kesannya ada banyak gitu postingan yang ada di blog ane, hahaha. Oke deh, segini dulu aja postingan untuk kali ini dan ada baiknya kamu ga nyobain buat nonton film-film di atas. Ya jangan lah pokoknya. Tapi kalo kamu emang maksa buat pengen nonton ya udah sih, silahkan aja.



7 comments:

  1. mesti nyobain "as the gods will" sama "tag (riaru onigokko), beda, aneh, nyeleneh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo as the gods will sih udah pernah, kalo yg tag sih yg blm.
      ntar cb ditonton deh.

      Delete
    2. As the god will wkwkwk emang wtf banget. TaG apalagi. Nonton 3x tetep ga ngeh ni film mau nya apa wkkwkw

      Delete
  2. Trainspotting juga wtf banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane blm pernah nonton tuh, blh lah utk msk wishlist dulu

      Delete
  3. all the best regards for the one and only opa lynch, david lynch itu udah kaya david bowie dalam dunia perfilman walaupun bowie juga membuat film-film yang ga kalah surrealnya sih hehe, ohh iyah btw keren mba blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, hampir semua film karya beliau bikin otak dan hati nurani terkukus, haha.
      Thanks ya sdh mampir.

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.