Review Film: The Wailing (2016)

Masih percaya ga sih kamu sama dunia perdukunan? Ga bisa dipungkiri ilmu hitam atau ilmu gaib atau dukun-dukunan gitu masih kental banget sama kehidupan kita, terutama di Indonesia. Ngakunya sih ‘beragama’ tapi apa daya, mau ga mau kita mesti percaya hal-hal begituan karena faktanya sih hal-hal tersebut emang masih eksis sampe sekarang. Kenapa dibuka dengan perihal dukun-dukunan? Mungkin begitu tanya kamu dalam hati. Karena eh karena, kali ini ane pengen ngebahas sebuah film asal Korea Selatan yang baru aja rilis beberapa bulan yang lalu. Film ini berjudul The Wailing.



Title: The Wailing aka Goksung
Released Date: 3 June 2016 (USA)
Genre: Horror - Mystery
Running Time: 2h 36min
Director: Hong-Jin Na
Writer: Hong-Jin Na
Stars: Jun Kunimura, Jung-Min Hwang, Woo-Hee Chun


Alkisah, di sebuah desa kecil terjadi sebuah pembunuhan satu keluarga yang cukup mengenaskan. Salah satu orang anggota keluarga tersebut juga punya semcam penyakit aneh yang ga jelas gitu lah. Kejadian aneh dan mengenaskan tersebut ga cuma terjadi sekali doang. Bahkan terjadi berkali-kali. Hal ini bikin si polisi lokal penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi. Banyak rumor yang bilang kalo kejadian tersebut terjadi semenjak desa mereka kedatangan seorang pendatang baru asal Jepang. Si polisi yang penasaran akhirnya mulai berusaha mencari tau lebih jauh tentang si orang Jepang ini. Pertanyaannya adalah apakah si orang Jepang ini emang biang keroknya atau ada orang lain yang justru jadiin dia sebagai kambing hitam?




Mengangkat tema ilmu hitam emang bisa dibilang jadi daya tarik tersendiri untuk The Wailing. Jarang banget ada film horror-mystery yang ngangkat tema serupa. Ada, tapi ga banyak. Dari segi tema yang terbilang yaaah orisinil lah ya, ane harus mengacungkan dua jempol untuk The Wailing. Karena jujur aja sih udah terlalu banyak film horror-mystery yang cuma ngandalin pembunuhan dan penampakan setan doang. Yang namanya film horror tentunya harus bisa bikin penontonnya merinding atau mungkin merasa ngeri dan sayangnya hal tersebut harus kamu rasakan ketika menonton The Wailing. Penampakan? No. Pernah ngeliat orang kesurupan? Ngeri kan? Nah, hal-hal mistis kayak begituan tuh yang disajikan oleh The Wailing dan itu dia yang bikin merinding. Adegan ritual-ritual yang ada di film ini juga ga kalah seremnya.




Ga mungkin ada akibat kalo ga ada sebab. Nah, balik ke soal siapa biang keroknya. The Wailing ngasih sesuatu yang menurut ane cukup kampret di film ini. Siapa yang harus disalahkan? Si sutradara yang juga penulis skenario tentunya. Beliau dengan cukup apik merangkai setiap adegan demi adegan yang pada akhirnya ga cuma bikin si tokoh film ini doang yang kebingungan, tapi penonton pun ikut dibuat kebingungan olehnya. Siapa yang benar dan siapa yang salah? Siapa yang baik dan siapa yang jahat? Well, kamu harus hati-hati untuk menarik kesimpulannya dan jangan biarkan kamu terkecoh ketika menonton film ini. Twist? Hell yeah, man!

The Wailing dengan sejuta kengerian dan misterinya, nyatanya ga bikin ane bosan ketika harus duduk selama 2,5 jam di depan laptop. So, buat kamu yang ga ada rencana kemana-kemana dan ga tau mau ngabisin waktu kamu buat apa, The Wailing bisa jadi film yang harus kamu santap. Kamu udah nonton film ini? Share yuk pendapat kamu di kolom komentar.


Rating versi ane:
Worth to watch? It's a MUST!



2 comments:

  1. Jadi si shaman putih ini yg ngejaga desa ya dari shaman jepang sama komplotannya si shaman yg di sewa polisi tsb? Bener ga sih? Rada bingung juga soalnya :v

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.