Surat Cinta Homeless Crew (Oleh Addy Gembel)

Addy Gembel
Surat Cinta Homeless Crew
Oleh Addy Gembel, Ujungberung Update,
Maret 1999

Ujungberung, Maret 1999
Teruntuk sayangku
Di tempat


Hallo sayang! How are you? Lagi ngapain? Moga lagi santai atau lagi belajar. Sorry saja kalau saya udah ngeganggu kamu. Pasti kamu kaget dengan adanya surat ini soalnya kan saya terkenal paling males bikin surat kayak ginian. Habis gimana lagi sih, soalnya saya kagak berani ngomong (pengecut). Jadi kepaksa aja pakai surat.

Sayang, sebelumnya saya mau minta maaf sama kamu soalnya selama kita barengan dan menjalin hubungan, saya banyak banget ngecewain kamu. Banyak banget hal konyol dan tolol yang udah saya bikin. SORRY, SORRY, SORRY banget. Swear, sumpah saya nggak ada niatan buat bikin kamu nangis, bikin kamu sedih dan kecewa. Sekali lagi nggak. Saya cuma ngejelasin apa dan bagaimana saya ini (ceritanya curhat!). Moga aja kamu mau dan menyadari apa yang kita lalui bersama.

Sayang, seharusnya dari dulu kamu tuh udah sadar kalo ternyata saya ini orangnya egois banget. Bahkan super egois. Dengan hidup yang saya jalani, kamu sering nyeletuk tanpa sadar bahwa “kamu itu aneh! Kamu koq beda, nggak kaya orang lain sih! Aneh. Beda.” Sumpah sayang, saya suka bingung kalau kamu nanya kaya gitu.


Kalau dipikir-pikir saya itu biasa aja koq. Mata saya tetap dua. Jalan masih pakai kaki. Napas pakai lubang hidung dan paru-paru. Kencing masih pakai si “adik”, tidur juga masih merem. “SO WHAT’S FUCKIN WRONG WITH ME DARLING?????” atau barangkali stelan penampilan yang saya pakai beda dengan orang-orang kebanyakan? Emang sih, keliatannya saya jadi lebuh gaya dan eksotik banget (ke-geer-an). Atau jangan-jangan kamu sirik gara-gara saya tampil gaya? Masalahnya kamu sering banget tentang diri saya. Mulai dari rambut, baju, celana, sepatu, masih untung celana dalam saya tidak kamu protes, soalnya saya tuh enggak pernah pake celana dalam (hehehe…).

Mungkin kamu nggak ngerti (atau nggak pernah mau ngerti?) dengan kata dan kalimat punk, hardcore, death metal, black metal dan seabrek “istilah music pemberontakan” lainnya. Kamu juga melihat bahwa music yang saya nikmati dan saya bawakan sangat tak beradab dan tidak mengandung nilai estetika sama sekali. “WHO FUCKING CARES DARLING?”. Saya masih suka main Play Station, saya suka nonton film kartun, saya suka banget baca komik, saya hobi banget main sepeda, idola saya Walt Disney, saya hobi banget makan jajanan anak SD, saya koleksi pakaian Super Hero, saya demen kencing di pinggir jalan, saya hobi banget ngejailin orang, terus kamu bilang kalau saya tuh nggak dewasa. Dewasa? “WHAT THE FUCK IS THAT?” Apakah sejenis makanan enak? Atau barangkali nama group band? Tau ah gelap!

Mungkin kamu lebih peduli dengan omongan babeh kamu agar belajar yang rajin agar kelak brguna bagi nusa dan bangsa (diri sendiri?), kamu pasti lebih perhatian sama Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester kamu atau kamu pasti lebih ngebelain nilai IP kamu. Kamu pasti naksir banget sama rumus kimia, kamu pasti lebih tertarik sama hukum-hukum ekonomi. Terserah. Itu hidup kamu, yang mana jauh banget dengan hidup saya, yang lebih banyak dikecewakan oleh kenyataan yang ada, bahkan kamu bilang saya ini orang frustasi dan skeptis dalam memandang masa depan, bahkan cenderung pesimis (kamu tuh sok tau banget sih!). Perasaan saya tuh nggak gitu-gitu amat kok. Biasa aja lagi. Cuman emang sih saya ini sedang kecewa. Saya ini marah dengan apa yang selama ini saya dapatkan dari lingkungan saya. Saya nggak puas dengan semua nilai dan norma yang saya dapatkan di bangku sekolah dan keluarga yang cenderung bersifat represif. Saya kemudian lari ke jalanan dan melihat serta merasakan hidup yang sesungguhnya. Saya berontak dengan setelan yang saya kenakan. Saya protes dan teriak dengan musik yang saya suka. Saya jadi benci sekolah tapi tidak mau dibodohi, lalu saya temukan arti dari persahabatan yang sesungguhnya. Suatu ikatan tulus, murni yang memang didasari perasaan senasib dan sehati. Bareng mereka saya temukan ha-hal baru. Saya jadi banyak belajar dari mereka tentang hidup dan kehidupan. Bareng mereka juga saya merasa dihargai dan belajar menghargai nilai-nilai hidup.

Di situ pula saya merasa berarti dan memberi arti. Walaupun kamu mengecap teman-teman saya itu tidak lebih dari sekumpulan pemuda pengangguran yang tak tentu arah hidupnya. Terserah. It’s all up to you, babes…

Sayang, terus terang saya juga kadang suka mikir. Kadang saya suka nanya sama diri saya sendiri, apakah yang sya pilih ini adalah yang tebaik bagi saya? Apakah ini jalan hidup saya? Ataukah semua ini hanya tahapan dari suatu awal? Awal yang baik atau awal kehancuran? Jika semua itu sudah muncul, saya cuman bisa merasakan ketakutan yang amat sangat yang kemudian saya tangisi. Ya, memang kadang saya suka nangis sendiri kalo mengingat semua itu. Terserah kamu mau bilang saya cengeng, namun kadan itu adalah pelarian saya yang terakhir. Lagian pasti kamu bilang “hidup kaya gimana lagi sih?” Saya jadi balik nanya, mungkin hidup yang kamu nilai adalah hidup yang hanya sekedar untuk sekolah, brkarir, menikah, berkeluarga, menjadi tua, lalu mati dengan tenang di atas tempat tidur. Begitu kaku dan beku. Itulah yang saya nilai. Tidak, saya belum mau hidup kaya gitu. Saya ingin hidup yang lebih dari sekedarnya. Saya masih ingin bereksperimen dengan hidup saya. Saya ingin mengalami hidup yang luar biasa. Mengenai positif atau negatif biarlah saya yang menilai.

Eh, sorry udah bikin kamu pusing, tapi moga aja kamu ngerti dengan keegoisan saya. Suatu hal yang wajar dan manusiawi jika kamu menginginkan pendamping yang bisa bikin kamu bahagia dan mempunyai persepsi masa depan yang jelas dan itu tidak dapat kamu temukan pada diri saya. Itukah yang kamu nilai? (Tampaknya kamu salah menilai sayang!) Suatu saat nanti, saya pun (atau kita?) akan mengalami hal tersebut dan mau tidak mau saya harus siap menerima kenyataan itu. Saya tidak akan menghindari hal itu, apalagi lari, bersembunyi seperti pengecut. Tidak. Dan tidak seperti itu. Cuma, untuk saat ini saya begitu menikmati dengan apa yang saya rasakan. Hidup ini terlalu indah untuk dibuat monoton, setidaknya saya sedang belajar jujur tentang kenyataan yang ada di depan saya. Pokoknya biarlah diri saya sendiri yang merubah siapa saya sekarang, oke!

Emang sih, saya juga sadar selama kita barengan saya belum pernah ngajakin kamu candle light dinner di restoran terromantis di kota kita, nonton bareng sinetron percintaan, menyimak perkembangan selebritis atau artis sinetron saat ini, ngasih kamu bunga mawar pas kamu ulang tahun, malah saya suka lupa sama hari ultah kamu. Ngasih kamu kado Valentine, bikinin kamu seabrek puisi cinta, ngajakin kamu minum “Intisari” atau ngisap “daun kocak”, request lagu romantis lewat radio ditambah pesan-pesan kangen. Malah sering banget saya ngejailin kamu lewat radio. Pernahkah saya ngajakin kamu nonton konser lagu-lagu romantic? Belum pernah kan. Saya juga belum pernah beliin kamu kaset Julio Iglesias ataupun CD-nya ALL 4 ONE. Atau pernahkah saya datang ke rumah kamu memakai kemeja terkenal, rambut tersisir rapih tanpa anting dan gelang, tato yang sudah dihapus, celana katun potongan standar, sepatu tok-tok orang kantoran, tubuh bersih dan wangi parfum Christian Dior, lalu saya mulai bicara tentang pakaian, tentang harga rumah yang akn kita beli, tentang semua rencana kita ke depan, tentang beberapa anak yang akan kita buat, tentang bulan madu kita, tentang warna cat rumah kita? Ups, kok jadi merinding sendiri sih. Koq jadi ngeri sendiri sih. Bagaimanapun kalau itu mesti terjadi dan udah jadi kehendak Tuhan, saya nggak bisa nolak. Itu mungkin yang kamu harapkan untuk saat ini. Moga aja bisa kamu raih…

Sayang, bukan maksud saya untuk ngeguruin kamu tentang masalah kehidupan. Saya juga nggak bermaksud buat ngedoktrin kamu apalagi menghasut kamu biar ngerti siapa saya. Kamu bebas menentukan arti hidup kamu dan saya. Kita adalah individu yang merdeka oke! Hidup ini milik kamu, milik saya dan milik semua makhluk yang bernyawa. Ah, seandainya saya bisa ngasih tahu kamu tentang arti kehidupan ini. Tapi boro-boro kamu, saya juga nggak ngerti!

Tapi yang pasti saya cuma mau ngasih tahu kamu bahwa ternyata hidup ini indah, liar, brutal dan menyenangkan. Mengenai pandangan kamu tentang hidup ini, semua terserah kamu. Sepenuhnya saya balikin lagi ke kamu.

Kalau saya memandang hidup yang berarti yaitu hidup yang berbagi dan memberi artu bagi hidup orang lain. Masih banyak sisi lain dari hidup ini yang lebih menarik, yang lebih berwarna-warni untuk dijalani. Pokoknya cihuy dan asyik. Sebelum surat ini udahan, saya cuma mau bilang makasih banget buat kamu. Makasih untuk semua saran, masukan dan nasihat kamu. Saya ngerti, kamu pengen hal yang terbaik untuk saya, bagaimanapun juga saya hargai itu dan saya simpan sebagai bahan perbandingan. Sayang, percaya atau tidak kamu udah jadi bagian dari warna lukisan yang saya buat dan warna itu ternyata indah banget.

Kayaknya segini dulu surat dari saya. Sekali lagi saya minta maaf soalnya bagaimanapun saya cinta pada hidup saya. Saya benar-benar enjoy dengan siapa dan bagaimana saya hari ini. Saya bahagia dengan jalan yang saya tempuh sekarang. Udah dong kamu nggak usah nangis kaya gitu. Biasa aja deh. JUST ENJOY YOUR LIFE DARLING, I’LL BE FINE. Saya juga nggak butuh doa kamu, nasihat kamu dan saran kamu. JUST TAKE CARE YOURSELF OK! Persetan dengan hidup kamu. Persetan juga dengan hidup saya. FUCK YOU DARLING! FUCK ME DARLING! (please) hehehe. Udah ah cape. Sekian aja.

Love, peace and rebel
HOMELESS CREW

NOTE:
Tulisan diatas diambil dari buku Ujungberung Rebels, Panceg Dina Galur pada halaman 223-226 yang ditulis oleh Kimung.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.