V Talks About: Metal Elitist



Metal. Apa itu metal? Dalam kehidupan sehari-hari sih metal itu bisa diartikan sebagai sebuah baja atau besi. Tapi, dalam dunia musik sih metal ini adalah sebuah genre musik begitulah. Digambarkan dengan permainan musik berdistorsi dan karakter vokal yang ga biasa. Orang awam yang ga paham atau memandang sebelah mata musik metal biasanya menganggap musik ini sebagai musik setan. Ga sedikit yang nganggap musik metal ini sebagai musik buat nyembah setan gitu lah. Judgement semacam ini wajar adanya karena ya itu tadi, musik yang dibawakan terbilang "ga biasa" ditambah lagi ga jarang lirik yang dipake cenderung frontal.

Tapi sesungguhnya kali ini ane ga pengen ngebahas soal sejarah genre musik ini, tapi kali ini ane pengen ngebahas soal sebuah istilah yang cukup dikenal di kalangan para metalhead, istilah tersebut adalah Metal Elitist.

Jadi, apakah itu metal elitist? Metal elitist adalah sebuah istilah yang mengacu pada seseorang yang hanya mendengarkan musik metal dan berbagai sub-genre metal lainnya. Kaum metal elitist ini menganggap musik metal diluar sub-genre metal itu sendiri bukanlah "metal yang sesungguhnya". Maksudnya adalah mereka ini biasanya menganggap musik "metal campuran" bukan genre metal yang sebenarnya. Ngerti ga? Biasanya juga nih ya, mereka ini adalah seorang metalhead yang emang benar-benar ngerti musik metal dan bahkan ngikutin musik metal ini dari zaman fir'aun masih di dalam kandungan ibunya. Hehe, becanda deng. Ampun bang, ane cuma becanda.

Contoh sederhananya adalah genre semacam nu-metal atau yang lagi ngetrend kayak metalcore atau deathcore atau djent, para metal elitist ini akan menentang dan menolak menyebut genre tersebut dikategorikan sebagai musik metal

Yah, begitulah para metal elitist. Mereka ga akan menganggap genre tersebut tergolong ke dalam genre metal. Walaupun sebenarnya kalo ngomongin soal root atau akarnya sih, genre yang ane sebutkan diatas tergolong peranakan dari genre metal, walaupun bukan "pure metal". Ane ambil contoh aja contohnya kayak Metalcore. Genre ini secara sederhana adalah gabungan dari perpaduan antara musik heavy metal yang dicampur dengan musik hardcore. Atau kayak nu-metal, genre peranakkan dari heavy metal yang dicampur sama musik hip-hop.

Kebanyakan orang sih menganggap kaum metal elitist ini agak nyebelin gitu lah. Mentang-mentang dia udah dengerin musik metal sejak dia masih berbentuk embrio, dia merasa genre-genre yang terbilang baru adalah metal bo'ongan dan nyebut orang yang suka musik itu sebagai poser.

Kalo harus ngomongin soal genre, ane pribadi sih dengan telinga terbuka akan dengan senang hati untuk mendengarkan genre musik metal hasil kawin lari sama genre lain apalagi ane sendiri punya band yang kami anggap bergenre metalcore walaupun sebenarnya ga ada metalcore-metalcore-nya dari lagu yang kami bawakan, hahaha. Yah, masih mencari jati diri gitu lah. Eh kok malah curhat.

Buat kamu yang kayaknya seorang metal elitist, oh c'mon, man! Life must go on. Kreatifitas itu tanpa batasan, men. Masa iya kamu harus "strict" sama genre yang itu-itu aja. Ga ada salahnya dong buat orang lain untuk menciptakan genre metal yang baru.

Ya udah deh, kayaknya postingan kali ini cukup sampe disini aja. Takutnya ocehan ane yang ga nyambung jadi makin ga nyambung. Buat para om-om, abang-abang, tante-tante, dan mbak-mbak metalhead diluar sana yang diam-diam berpotensi sebagai metal elitist, salam kenal aja deh. Ane takut dikasih kuliah masalah metal masalahnya. This is the end of this post. Semoga postingan ini bisa membuka mata batin kamu dan plissss jangan bully ane yak. Ane cuma seonggok poser doang kok, hihihi.


12 comments:

  1. biasa nya org yg gituan keras kepala dan menyebalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, tipikal orang yang close-minded begitulah

      Delete
  2. .memang beda sh tpi gag mustahil jga klo musik metal jdi bersnak cucu cicit curut dkk,
    .hihih,
    .krna ane seorg yg bukan fanatik k metal tpi bsa tba2 berubah jdi famatik jdi y bgtu lh,
    .hahah,
    .bte lgi galau nh,
    .hibur ane dng,
    .hihih,

    ReplyDelete
  3. .wah trnyta ad sedikit ksalah phaman,
    .haha,

    ReplyDelete
  4. I think you might be confusing "metal elitist" with "asshole who listens to metal".

    Metal Elitists are usually pretty cool.

    ReplyDelete
  5. Kata gw elitist lebih berhak. Emang gatekeeping nya berlebihan sih tapi.... Kalau gak ada elitist gak bakal ada nama nya metal. Extreme scence kosong. Mereka yang beli record Ama explore mati-matian. Sedangkan temen gw aja denger A7X udah di anggap Metalhead🤭.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.