10 Female-Fronted Band Hasil Saran dari Youtube


Youtube adalah salah satu website terbesar yang menyediakan sarana bagi para pengguna internet untuk berbagi video. Disini kamu bisa lihat banyaaaaak banget video dari seluruh penjuru dunia. Dari yang informatif banget sampe yang nyeleneh bahkan absurd sekalipun ngumpul jadi satu di situs ini. Berhubung ane kurang kerjaan, akhirnya ane iseng streaming video di youtube. Tiba-tiba ane dapat wangsit! Ane jadi kepikiran untuk bikin postingan tentang video yang "disarankan oleh Youtube". Seperti yang kamu tau, ane doyan banget sama band yang vokalisnya cewek. Nah, kali ini ane mencoba bereksperimen. Eksperimennya adalah ane bakal mencoba untuk mengikuti "saran dari Youtube" tentang video apa yang mesti ane tonton dan semua itu bakal ane bagikan lewat postingan ini.

Tahapnya adalah ane bakal masuk halaman Youtube dan mengetikkan salah satu nama band yang vokalisnya cewek dan ane memilih Arch Enemy sebagai band starter. Disini ane memilih video mereka yang paling banyak ditonton, yaitu My Apocalypse.



Selanjutnya ane bakal milih video lain yang disarankan oleh Youtube dan ane memilih band yang ga terlalu terkenal, dalam artian cuma sebagian orang doang yang tau. So, ini dia 10 band bervokalis cewek hasil saran dari Youtube.



UNSUN




Setelah nonton videonya Arch Enemy, mata ane mulai memindai band-band apa aja yang disarankan oleh Youtube. Banyak sih. Tapi akhirnya ane memilih video dari UNSUN yang judulnya Whispers. Sebenarnya ane udah lama kenal sama band yang satu ini. Tapi kalo dibandingin band lain yang disarankan, UNSUN ini bisa dibilang ga terlalu terkenal sih. Terkenal, tapi ga terkenal banget.

Sekilas info:
UnSun adalah sebuah band gothic metal asal Polandia yang terbentuk pada tahun 2006. Sampai saat ini mereka udah punya 2 album, yaitu The End of Life (2008) dan Clinic for Dolls (2010). Band ini awalnya dibentuk oleh sepasang suami-istri, yaitu Maurycy "Mauser" Stefanowicz (mantan gitaris Vader) dan Anna "Aya" Stefanowicz.



WE ARE THE FALLEN


Setelah dari UNSUN, ane kembali melihat ke deretan video yang disarankan oleh Youtube dan ane mencoba untuk menonton video dari sebuah band bernama WE ARE THE FALLEN.



Ini adalah pertama kalinya ane kenal sama band ini. Kesan pertama saat mendengar lagunya adalah ini band 11-12 sama Evanescence. Warna vokal dari vokalisnya pun mirip sama suaranya Amy Lee. Kalo ga sambil liat videonya sih kayaknya ane bakal ngira kalo ini adalah lagunya Evanescence.

Sekilas Info:
Menurut Wikipedia sih band ini adalah band gothic metal. Hmm, entahlah. Ane ngerasanya sih kayak alternative rock gitu. Band ini memulai debutnya pada tahun 2009. Pantas aja sih band ini disama-samain dengan Evanescence, karena eh karena 3 orang mantan personil Evanescence hijrah ke WE ARE THE FALLEN, yaitu Ben Moody, John LeCompt, dan Rocky Gray. Selain itu, band ini makin dikait-kaitkan sama Evanescence karena nama band mereka yaitu We Are The Fallen sama dengan judul albumnya Evanescence. Banyak orang yang mengkritik band ini "sama" dengan Evanescence dan dalam sebuah interview Ben Moody bilang kalo kesamaan tersebut wajar adanya karena emang mereka bertiga itu yang nyiptain genre tersebut.



FIREFLIGHT


Band berikutnya adalah sebuah band christian rock yang bernama FIREFLIGHT. Ini adalah pertama kalinya ane kenal sama band ini dan lagunya sih lumayan enak didengar lah dan lucunya ketika mampir ke video mereka yang berjudul Unbreakable, di bagian komentar banyak banget yang sibuk ngoceh dan ngeributin soal agama. Hmm, ada-ada aja.



Sekilas info:
Band ini terbentuk sekitar tahun 1999. Hmm, lama juga ya. Sampe sekarang sih mereka udah punya 5 album. Nama band mereka, yaitu Fireflight, diusulkan oleh si vokalis, Dawn Michele segera sebelum mereka tampil di sebuah gereja dan katanya kata tersebut sih ga ada maknanya gitu.



ICON FOR HIRE




Dari Fireflight, ane memilih sebuah band bernama Icon For Hire dan video mereka berjudul Make A Move. Sekilas ane ngerasa style musik mereka ini mirip-mirip sama Paramore. Tapi yang bikin beda adalah mereka menambahkan unsur musik elektronik di lagu mereka. Semacam pop punk + nu metal gitu lah jadinya. Buat yang doyan dengerin Paramore sih kayaknya Icon For Hire cocok buat kamu.

Sekilas info:
Band ini terbentuk pada tahun 2007. Sampai sekarang mereka udah ngerilis 5 album, 2 album studio dan 3 album EP.


THE DIRTY YOUTH


Setelah dari Icon For Hire, ane lanjutkan untuk menonton video dari sebuah band bernama The Dirth Youth dengan lagu mereka yang berjudul Fight. Setelah nonton video mereka, kesan pertama yang ane rasain sih suara vokalisnya bagus tapi ane ga doyan sama dandanannya aja sih. Sama kayak Icon For Hire, the lead vocalist wears so much make-up. Hahaha, komentar yang ga penting. But overall, lagu mereka enak didengar kok.



Sekilas info:
The Dirty Youth adalah sebuah band British Rock yang terbentuk pada tahun 2007. Mereka udah merilis sebanyak 3 album, yaitu 2 album studio dan 1 album EP. Mereka bilang kalo style musik mereka itu kayak musik rock yang dicampur sama unsur punk dan elektronika.



BATTLE BEAST




Kalo sebelumnya kita udah ketemu sama beberapa band rock, selanjutnya ada sebuah band bernama BATTLE BEAST dengan lagu mereka yang berjudul Enter the Metal World, yang tak ane sangka ternyata beraliran power metal. Suara si vokalis benar-benar legit, bos! Jarang-jarang ane dengar suara vokalis cewek dengan suara nada tinggi yang melengking. Yah, walaupun genre metal yang satu ini bukan jadi favorit ane sih tapi lagu mereka layak untuk didengar.

Sekilas info:
Band asal Finlandia ini terbentuk pada tahun 2008. Pada awalnya vokalis mereka bernama Nitte Valo dan kemudian pada tahun 2012 dia keluar dari Battle Beast karena ada masalah keluarga gitu. Posisi vokalis kemudian digantikan, tetap diganti oleh wanita tentunya, yang bernama Noora Louhimo. Nah, di lagu Enter the Metal World, itu udah vokalis mereka yang baru. Dan ternyata setelah ane coba cek lagu mereka yang dulu, waktu vokalisnya masih Nitte, dibandingin suara Noora, ane lebih prefer suaranya Nitte. Yah, semua balik ke selera masing-masing lah ya. Pada Februari 2015, band ini ditinggalkan gitarisnya, Anton Kabanen, yang keluar karena masalah perbedaan prinsip bermusik dan permasalahan internal dalam band yang ga bisa diselesaikan.



SIRENIA


Dari Battle Beast, ane lanjut memilah band-band yang berjejer di sidebar suggestion dan ane pun memilih band bernama Sirenia dengan video klip lagu mereka yang berjudul Seven Widows Weep.



Sekilas info:
Sirenia adalah sebuah band symphonic metal yang berasal dari Norwegia yang terbentuk pada tahun 2001. Sampe sekarang mereka udah mengeluarkan sebanyak 7 album studio. Wew!



ELUVEITIE


Setelah dari Sirenia, berikutnya yang terpilih adalah band bernama Eluveitie, dengan lagu mereka yang berjudul The Call of The Mountains. Hayooo, cara baca nama band ini gimana coba???



Sekilas info:
Eluveitie yang artinya the Helvetian (dalam bahasa Celtic) alias sebutan penduduk lokal Swiss. Band ini terbentuk pada tahun 2002 dan mengambil genre Folk Metal. Mereka menyebut diri mereka sebagai "The new wave of folk metal". Berhubung mereka ini ngambil genrenya Folk Metal, jadi ga salah kalo kamu dengar ada bunyi alat musik tradisional di tiap lagu mereka. Sekilas (cuma sekilas loh ya), mereka mirip sama Nightwish, kalo pas denger bagian iringan bunyi bagpipes-nya. Berhubung ada banyak banget alat musik yang dimainin, band ini jadi salah satu band dengan jumlah personil yang boros banget, ada sekitar 8 personil. Hmm, kalo diajak tawuran kayaknya asik tuh.



XANDRIA


Video klip selanjutnya yang ane pilih adalah band bernama Xandria dengan lagu mereka yang berjudul Nightfall.


Sekilas info:
Xandria adalah band symphonic metal asal Jerman yang terbentuk pada tahun 1994. Setelah mengeluarkan demo pertamanya, band ini sempat vakum dan akhirnya band ini mulai aktif lagi pada tahun 1999 dengan formasi yang baru. Sampai saat ini mereka udah mengeluarkan sebanyak 6 album studio dan 2 album EP.



UNLEASH THE ARCHERS


The last but not least, who is the lucky band that I choose? Band ini bernama Unleash The Archers dengan video klip dari lagu mereka yang berjudul Tonight We Ride. Yang asik dari video klip mereka yang satu ini, mereka pake konsep mirip kayak film Mad Max: Fury Road. Udah pernah nonton filmnya kan ya?




Sekilas info:
Band bernama Unleash The Archers adalah sebuah band Kanada beraliran Heavy Metal. Band ini terbentuk pada tahun 2007. Sampe sekarang mereka udah merilis sebanyak 2 album yang dirilis secara indie, 1 album studio dan 2 album EP. 


Itu dia 10 band bervokalis cewek yang udah disarankan oleh Youtube. Yah, begitulah Youtube. Berawal dari band melodic death metal, nyantol ke symphonic metal, nyangkut di band pop-rock, berakhir di band heavy metal. Secara keseluruhan sih band di atas lagunya asik-asik lah, walaupun ada beberapa yang agak kurang sreg di telinga ane. So, setelah mampir di postingan ini, adakah band diatas yang nyantol di hati dan pikiran kamu? Yuk ah, share pendapat kamu di kolom komentar.


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.