Pelajaran Yang Bisa Kita Dapatkan Dari Film-Film "Mengerikan" Ini!

Jadi ceritanya, kemaren malam dalam rangka guna menemani malam hari yang dingin, ane memutuskan untuk ngerayu abang ane untuk nonton film di laptopnya. Maklum aja, sampe sekarang ane belum dikaruniai sebuah laptop. Kamu mau ngasih ane laptop? Boleh, boleh, sini lempar aja. Ehem, balik ke topik. Setelah berhasil ngerayu dia, kami pun mendadak bingung. Mau nonton apa? Film action? Duh, lagi males. Nonton film animasi? Ah, lagi ga pengen nonton film gituan. Nonton bokep? Maaf, ane udah tobat. Akhirnya setelah capek bongkar-bongkar folder, terpilihlah film Curse of Chucky. Abang ane terpaksa banget nonton film ini, sementara ane ya demen-demen aja. Udah lama juga ga nonton film yang sadis-sadisan begitu. Setelah selesai nonton ini film, tiba-tiba otak ane mencoba untuk mengingat kembali seluruh film-film bertema gore dan slasher yang pernah ane tonton. Dari situ, ane jadi dapet ilham untuk bikin postingan ini.


Film gore dan slasher itu menurut ane ga melulu cuma nonjolin kesadisan dan kekejaman semata. Kok gitu? Iya, karena dibalik itu semua sebenarnya kita diajak untuk belajar. Belajar matematika? Bukan, bukan. Kita belajar tentang pelajaran hidup. Tsaahhh, saik mamen! Selama 20 tahun ane hidup di dunia ini, ane baru nonton film macam beginian bisa dihitung pake jari lah banyaknya judul film yang udah ane tonton. Jadi, postingan di bawah ini cuma ane ambil dari beberapa film yang udah ane tonton. Nah, berikut ini ane jabarkan beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari film-film yang mengerikan ini.



SAW

Ini adalah film favorit ane. Selain menampilkan adegan-adegan yang bikin mual, film ini juga ngasih cerita yang ga sembarangan. Bahkan film ini juga mengandung unsur twist di dalamnya. Yang ane demen juga, ini film efeknya maknyus pisan euy. Film ini terdiri dari 7 sekuel dan setiap sekuelnya punya keterkaitan satu sama lain. Jadi, kalo ga nonton film ini dari awal sampe akhir kayaknya rugi banget sih.


Sinopsis singkat

Film ini menceritakan tentang seseorang yang dijuluki dengan nama Jigsaw dan dia menjerat para korbannya ke dalam sebuah permainan yang sangat mematikan.

Pelajaran yang bisa kita ambil:

Jangan membuang sampah sembarangan. Hahhaha, ga deng. Pelajarannya adalah:
Hargailah hidupmu!

Bingung ya? Jadi si Jigsaw ini menjerat para korban itu bukan tanpa alasan loh, jadi ga asal comot aja gitu. Biasanya orang-orang yang dia ajak buat "main" ini adalah orang yang bermasalah gitu, misalnya para pecandu narkoba, pemerkosa, pencuri, dan macam-macam deh. Jadi, kalo kamu ngerasa kalo kamu itu ga berguna dan ga layak hidup dan pengen bunuh diri, ehem ehem, yakin nih? Ntar om Jigsaw ngajak kamu main loh.



Human Centipede, Grotesque, Hostel

Berikutnya ada 3 judul film yang ane jadikan satu nih, yaitu Human Centipede, Grotesque, dan Hostel. Kenapa mereka dijadikan satu? Karena ketiga film ini  punya tema cerita yang ga jauh beda.


Sinopsis singkat

Human Centipede
menceritakan tentang seorang dokter bedah gila yang biasa menangani kasus bayi kembar siam alias kembar dempet. Saking gilanya, dia pun punya ide gila untuk menciptakan inovasi terbaru yaitu manusia kelabangg. Mungkin karena udah bosen misahin orang, jadinya dia pengen nyatuin orang. Prok, prok, prok, tepuk tangan yang meriah.

Grotesque
menceritakan tentang seorang bapak-bapak yang terobsesi pengen jadi dokter bedah dan dia pun mencari korban untuk diajakin main bedah-bedahan. Sereeeeem~

Hostel
menceritakan tentang sekelompok orang yang bisa dibilang para turis lah ya, yang ditangkap, diculik, dan dijadikan sebagai objek pelampiasan orang-orang kaya gitu deh. Kalo kamu orang kaya, psycho, bahagia kalo liat orang lain tersiksa, gih daftar aja sana.


Pelajaran yang bisa kita ambil:

Jangan terobsesi pada suatu hal!

Dari sinopsis singkat diatas, harusnya sih kamu udah bisa ngeh lah ya. Mereka-mereka itu semuanya punya obsesi yang berlebihan terhadap suatu hal. dari obsesi yang berlebihan inilah hadir yang namanya ketidakwarasan. Karena kamu terlanjur udah ga waras lagi, akhirnya ya kamu berusaha deh untuk mendapatkan apa yang sangat kamu inginkan itu. Kamu jangan kayak gitu ya. Ga baik lho. Kan kasian orang yang jadi korban kamu.



Wrong Turn, Texas Chainsaw Massacre

Sama kayak poin sebelumnya, disini ane masukkin langsung dua judul film karena keduanya punya cerita yang mirip-mirip, serupa tapi tak sama gitu deh. Tapi yang jelas, kemiripan yang paling nyata adalah kedua film ini ada unsur kanibalisme gitu deh. Hiiiii~


Sinopsis singkat

Wrong Turn
film ini dibikin sebanyak 5 sekuel, menceritakan tentang sebuah keluarga kanibal yang hidup di dalam hutan antah berantah. Di setiap film, sesuai dengan judulnya, orang-orang yang jadi korban para kanibal ini adalah orang-orang yang salah belok. Harusnya mereka melakukan perjalanan ke arah kanan, eh mereka malah belok ke kiri. Ya semacam itulah. Tapi ada di beberapa sekuelnya yang jalan ceritanya ga salah belok sih.

Texas Chainsaw Massacre
film ini juga dibikin ke dalam beberapa sekuel, entah 3 atau 4 lah, ane kurang tau sih. Ceritanya ya tentang keluarga kanibal juga yang berburu manusia sebagai mangsa. Bedanya sama Wrong Turn, para kanibal di film ini tuh bentuknya ga kayak monster, ada yang kayak manusia biasa gitu, tapi emang ada sih satu orang yang bentuk mukanya rada cacat gitu lah. Dia ini pake topeng gitu untuk menutupi waah buruknya dan topengnya itu adalah kulit wajah korbannya yang berhasil dia kuliti. Hmm, amazing! Makanya dia disebut Leatherface. Oh iya, sama satu lagi. Senata khas dari tokoh serial killer di film ini adalah chainsaw alias gergaji mesin. Tau gergaji mesin kan ya?


Pelajaran yang bisa diambil:

Hati-hati di jalan!

Eh, ini serius loh. Kadang kita suka mengabaikan kata-kata itu kan padahal itu penting. Contohnya aja bisa dilihat dari 2 film ini. Kamu ga hati-hati di jalan dan terjebak di jalanan yang ga tau rimbanya tiba-tiba ada seseorang yang "katanya" mau nolong kamu tapi eh ternyata kamu mau dibawa pulang untuk dijadikan santapan makan malam. Kan ngeri tuh. Atau mungkin kamu ga hati-hati di jalan jadinya kamu salah belok karena kamu terlalu sotoy dan ga mau lihat papan nama jalan. Makanya, hati-hati ya.


Nah, kayaknya cukup segitu dulu deh ya. Lumayan lah, setelah baca postingan ini kamu jadi dapat 3 hal berharga yang berguna buat hidup kamu. Sebenarnya masih banyak sih film-film gore lainnya yang pasti punya pesan terselubung gitu. Kamu ngerasa kalo ada yang salah dari postingan blog ini dari segi sinopsis atau pelajaran yang bisa diambil? Yuk ah, jangan protes ga jelas gitu dong. Share opini dan saran kamu di comment box ya. Stay gory and slashy!


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.