Review Film: Poltergeist (2015)

American horror movie? Hmm, ane sih terus terang aja agak skeptis kalo ngomongin soal film horor amerika punya. Temanya standard banget. Belum lagi unsur horrornya itu cuma mentok ngandalin efek suaranya doang. Yah, ga semuanya sih kayak gitu. Ada juga film horror Amerika yang sukses besar kayak Paranormal Activity, The Conjuring, Insidious, atau The Amithyville Horror.



Pasca kesuksesan yang diraih oleh film The Conjuring tahun 2014 silam, muncullah sebuah film yang cukup erat tali persaudaraannya dengan The Conjuring, apalagi kalo bukan Annabelle, film tentang boneka serem yang dirasuki setan. Ane yakin banget pasti kemaren pas film Annabelle lagi booming kamu rela ngantri tiket nonton di bioskop.Ya kan? Ga bisa dipungkiri sih kalo film horror yang ngandelin "based on a true story" itu biasanya berhasil banget buat mancing penonton. Padahal nyatanya hal itu belum bisa dijadikan sebagai tolak ukur apakah film itu bagus atau ga. Yah, bisa dibilang tagline "based on a true story" cuma dipake sebagai gimmick doang.


Beberapa bulan yang lalu ada juga nih film horror Amerika terbaru yang terpaksa ane tonton gara-gara ada salah seorang pembaca blog ane yang ngasih komentar dan minta dibikinkan review film ini. Film apakah itu? Ah, kamu pura-pura ga tau deh. Kan udah ada tuh nongol di judul postingan ini. Yap. It’s Poltergeist! Buat mbak Cindy, ini udah ane tepatin loh janji buat bikin review film Poltergeist. Yah walaupun ane ragu sih dia bakal baca postingan ini atau ga, hahaha. Ane juga sih yang salah, telat banget bikin reviewnya. So, langsung aja kalo gitu bahas tentang film ini.


Poltergeist adalah sebutan untuk arwah ataupun setan yang mengganggu dengan cara menggerakkan benda-benda di sekitar. Sesuai dengan artinya, dalam film ini para arwah mengganggu sebuah keluarga yang baru saja pindah rumah dengan cara menggerakkan benda-benda di dalam rumah tersebut. Dari luar memang ga ada yang aneh dengan rumah itu. Maksudnya ga keliatan angker gitu lah. Sampai suatu ketika terror di rumah tersebut mulai menghantui. Si anak bungsu keluarga tersebut mulai sering ngomong sendiri sama temannya yang tak terlihat. Kadang juga dia suka ngomong sama TV. Ini entah dia emang punya indera keenam atau emang ga waras aja sih, ngomong sama TV segala. Ups, becandaan garing. Oke, lanjut~~~


ngomong sama TV

Singkat cerita, ketika si orang tua pergi makan malam ke rumah teman mereka (numpang makan segala, kere kayaknya :D) dan meninggalkan ketiga anak mereka di rumah, mereka mendapat cerita unik dari teman mereka yang bilang kalo perumahan mereka itu dulunya adalah sebuah pemakaman dan makam-makam tersebut sudah dipindahkan. Namun nyatanya, yang dipindahkan itu hanyalah batu nisannya doang. Jenazahnya dikemanain dong? Yah kamu piker aja lah sendiri. Nah, pada malam itu juga ketiga anak mereka diganggu sama si Poltergeist ini. Bahkan si anak bungsu sampe menghilang karena dia dibawa masuk ke ‘dunia lain’ melalui sebuah portal yang ane juga bingung bentuk portalnya keren begitu. Untuk memgembalikan si bungsu ke dunia nyata, mereka pun memanggil para pemburu hantu.


Cahaya cinta perlahan menyilaukan.
Itulah mimpi kehidupan kedua.
Mimpi itu. Dari mana datangnya.
(Jangan dibaca sambil nyanyi!)

Sinopsisnya sih sebenarnya cuma begitu doang. Standard banget lah. Rumah angker – si keluarga di ganggu – ada salah satu anggota keluarga yang hilang – manggil pemburu hantu – si korban selamat – tamat. Suatu pola yang menurut ane sih biasaaa banget dan bahkan udah terlalu sering dipake. That’s why, ane skeptis banget sama yang namanya film horror Amerika. Efeknya, ketika ada temen ane yang nanya, “film Poltergeist rame ga?”, ane cuma bisa bilang, “Biasa!” Hahaha, sok banget yak! Dari segi horrornya sendiri sih ane ga bisa bilang kalo film ini seram dan menakutkan. Ane berani jamin kamu ga bakal menjerit ketakutan kalo nonton film ini tengah malam.


pintu kemana saja

Ngagetin? Ga.
Setannya seram? Ga.
Setannya muncul? Muncul sih, tapi dalam efek 3D gitu macamnya, jadi ga seram.
Ada penampakkannya gitu ga? Ga ada, kan arwahnya gangguin lewat pergerakkan benda gitu doang.
Bikin tegang ga? Iya, kalo kamu nontonnya barengan sama nontonin JAV. Arrgghh! Otak mesum.

Tuh, ane udah bongkar semua tentang film ini. Yah, seperti biasanya lah ya review film karya ane itu cuma seadanya dan agak ga jelas gitu, tapi ane sih berharap postingan ini bisa menuntun kamu jikalau kamu bingung ini film layak tonton atau ga. Oh iya, sebenarnya film Poltergeist ini adalah sebuah film remake dari film dengan judul yang sama, yang dirilis tahun 80an gitu dan ‘katanya’ sih versi jadulnya lebih asik gitu. Entahlah benar atau ga. Mungkin kamu udah pernah nonton versi jadulnya? Sok atuh kasih komentar kamu tentang film ini. Biar kita bisa diskusi gitu, bukan debat loh ya.

Oke, segitu aja dulu review yang bisa ane kasih tentang film ini. Semoga bermanfaat ya buat kamu dan buat mbak Cindy yang udah request, makasih ya udah mau nyuruh ane bikin review film ini. Ane jadi punya bahan buat nulis. Hiks, ane terharu. Buat kamu yang mau ngasih saran, pendapat atau bahkan kritik, monggo share di kolom komentar. Atau kalo mau lebih intim sih bisa invite pin ATM ane, karena pin BBM sudah terlalu mainstream. Ahaaayyy~~~


Rating versi ane:
Worth to watch? Ga deh!



1 comment:

  1. Wahh ane kira seru 😅 bner nih yg rquest malah ga nongol hehehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.