5 Film Yang Bisa Bikin Kepala Kamu Puyeng


Malam ini entah kenapa ane mendadak demen nangkring di depan laptop dan nge-stalking sosmed mantan, eh bukaaan, maksudnya nge-stalking thread yang ada di forum gitu. Thread yang ane stalking adalah thread tentang film twist gitu deh. You know lah ya, ane demen nonton film begituan dan bahkan udah ada banyak banget review film yang ane posting di blog ini pasti ada unsur twistnya. Nah, selama baca-baca postingan yang ada di thread tersebut, orang-orang banyak nyebutin beberapa list film yang udah pernah ane tonton dan efeknya ane jadi keingetan tentang film tersebut.

Film dengan unsur twist, entah itu ending atau plotnya yang nge-twist, atau mungkin film dengan hard-and-puzzling plot, bisa nyiptain sensasinya tersendiri yang tentunya ngasih efek yang macam-macam ke penontonnya. Salah satu efek yang dihasilkan adalah bikin kepala puyeng alias sakit kepala gara-gara kamu bingung atau bahkan ga ngerti tentang jalan cerita si film. Nah, buat kamu yang pengen nikmatin efek sakit kepala saat nonton film, kali ini ane bakal bagiin 5 film yang 'mungkin' bisa bikin kepala kamu puyeng.


INCEPTION


Kalo ditanya soal "Film twist yang bagus apa ya?" semua orang pasti bakal jawab film yang satu ini. Film karya om Nolan yang satu ini emang menarik hati banyak orang. Ga cuma orang-orang yang doyan film 'berat' doang yang tertarik untuk nonton, tapi orang-orang 'biasa' pun juga ikutan doyan. Yah, maklum lah, filmnya dibintangi pemain film yang udah terkenal banget.


Sinopsis: Intinya sih ini film tentang seorang extractor, dimana tugasnya adalah ngambil ide orang lain dengan cara masuk ke dalam mimpi mereka.

Kenapa bikin puyeng? Ketika kita disuguhkan aksi para extractor saat mereka masuk ke dalam mimpi orang lain, kita jadi rada kebingungan. Semacam ada mimpi di dalam mimpi terus ada mimpi lagi di dalam mimpinya mimpi yang itu, jadinya kadang kita bingung ini mimpi yang mana sih. Selain puyeng masalah plot yang berlapis, penonton juga dihadapkan pada sebuah dilema pada ending film. Dilemanya adalah si karakter utama sebenarnya masih berada di dalam mimpi atau udah balik ke dunia nyata(?) Dan saat film berakhir, kepala kamu jadi puyeng mikirin plot dan endingnya yang ngegantung.

Supaya ga puyeng: Film ini bisa dikategorikan sebagai film open-ending. Jadi, si pembuat film ngasih kamu 2 opsi atau mungkin lebih, dalam menentukan ending si film. Nah, kamu cuma perlu milih deh kamu maunya ending yang mana buat si film. Simple, kan? Ga puyeng lagi, kan?

Film yang sejenis (open-ending): Mr. Nobody, K-Pax.


PREDESTINATION


Film yang ini terbukti banget memakan banyak korban. Korban sakit kepala maksudnya. Film ini salah satu film dengan tema time travel yang menurut ane sih cukup menarik walaupun tetep lah ya, bikin puyeng. Tema time travel emang selalu sukses bikin penontonnya puyeng.


Sinopsis: Seorang agen khusus yang ditugaskan untuk menghentikan seorang teroris yang dikenal dengan nama Fizzle Bomber. Si agen menghentikan si teroris dengan cara kembali ke masa lalu dengan menggunakan mesin waktu.

Kenapa bikin puyeng? Plot yang loncat-loncat dari satu masa ke masa yang lain pasti bikin kita kebingungan dan sakit kepala. Adegan ini pas kapan sih? Adegan itu pas kapan sih? Ini masa lalu bukan? Ini masa depan bukan? Yah, begitulah kira-kira hal yang bikin kamu bingung.

Supaya ga puyeng: Perhatikan setiap ceritanya. Apalagi saat-saat dimana sang agen kembali ke tahun 70an dan menyamar sebagai pelayan bar dan mengobrol dengan seorang pria. Perhatikan dan simak baik-baik obrolan dan kisah yang si pria itu ceritakan. Sambil kamu perhatikan, kamu rangkai deh tuh tiap adegan dan ceritanya. Niscaya di ending film kamu akan terkejut dengan fakta yang terjadi di film. Konsentrasi lah dengan baik!
Film yang sejenis (time travel): Donnie Darko, Interstellar, The Butterfly Effect.


COHERENCE


Fisika kuantum, metafisika, ah tentunya itu bikin kepala kamu pusing bukan main. Perkalian pun kamu kadang suka kebingungan sendiri, apalagi kalo harus mencerna film yang memasukkan unsur-unsur teori fisika kuantum yang ane sendiri pun bingung dan ga ngerti itu maksudnya apaan.


Sinopsis: Suatu kejadian yang aneh menimpa sekelompok teman yang sedang berkumpul dan menikmati makan malam bersama.

Kenapa bikin puyeng? Tidakkah kata "fisika kuantum" membuatmu pusing, nak? Penjelasan demi penjelasan tentang teori-teori ilmiah yang ada di film ini akan membuat kamu ikut berpikir dan tentunya kalo otak kamu ga nyampe, kepala kamu akhirnya serasa berasap. Konslet!

Supaya ga puyeng: Ga usah nonton!


TRIANGLE


Film ini dibumbui dengan sedikit bubuk horror yang bikin kita tegang dan kebingungan tentunya. Lupakan si pycho yang ada di film ini, karena film ini justru bakalan sangat horror buat kamu yang ga ngerti sama plot berlapis-lapis yang ada di film ini.


Sinopsis: Berkisah tentang seorang wanita bernama Jess yang berlayar menggunakan kapal pesiar bersama beberapa orang teman. Di kapal tersebut Jess merasa ada sesuatu yang ga beres dan bener aja, ada seseorang yang mengintai dan berusaha membunuh mereka.

Kenapa bikin puyeng? Film ini mengandung unsur time loop. Apa itu time loop? Jadi time loop itu berarti suatu kejadian dalam satu waktu yang terjadi berulang-ulang, yang akhirnya menciptakan suatu siklus pengulangan. Makanya kamu bakal ngeliat adegan demi adegan di film ini berulang terus menerus. Tentunya hal itu bikin kamu puyeng karena kamu ga tau kenapa hal itu bisa terjadi dan kamu juga pasti bakal puyeng ketika ngeliat satu adegan kembali terjadi dan gitu-gitu terus sampe akhirnya kamu mendadak gila sendiri gara-gara nonton film ini.

Supaya ga puyeng: Kamu tau sendiri kan kalo adegan di film ini akan terus terjadi berulang-ulang? So, sampe credit title di film muncul pun, sebenarnya ini film ya bakal gitu-gitu aja. Ngulangin kejadian yang itu-itu aja. Jadi ga perlu lah kamu puyeng ga jelas gitu. Minum obat sakit kepala dulu sana!

Film yang sejenis (time loop): Timecrimes, Run Lola Run.


MEMENTO


Lagi-lagi film karya om Nolan. Kayaknya om yang satu ini emang doyan banget bikin film yang memusingkan. Demen banget bikin penonton sakit kepala. Film yang satu ini tercipta jauh sebelum Inception. Kalau dibandingkan dengan Inception, ane justru lebih pusing pas nonton film ini.


Sinopsis: Menceritakan seorang pria yang ingin mencari tau siapa pembunuh istrinya namun sayangnya dia punya masalah dengan short-term memory-nya. Dia suka lupa sama apa yang baru terjadi. Sepanjang film kita bakal disuguhkan plot yang bolak-balik dan membingungkan tentunya.

Kenapa bikin puyeng? Alur cerita bolak-balik bikin kita bingung untuk menentukan kejadian A terjadi sebelum kejadian B atau C atau mungkin Z. Kita jadi kebingungan untuk merangkai tiap adegan supaya jadi kejadian yang runtut. Karena kebingungan, alhasil kamu jadi puyeng deh.

Supaya ga puyeng: Nikmatin aja, ga usah kamu ambil pusing masalah alurnya. Yang penting di ending kamu bisa paham soal apa yang sesungguhnya terjadi pada si tokoh utama.

Film yang sejenis (plot bolak-balik): Eternal Sunshine of the Spotless Mind, Irreversible, Gone Girl.


Itu dia 5 film yang bisa bikin kepala kamu puyeng. Sebenarnya ada banyaaaak banget film yang bisa bikin kamu puyeng. Tapi kasian ane kalo harus nulis segitu banyak. Mungkin ntar kalo ada waktu ane bakal bahas satu per satu filmnya lebih mendalam. So, this is the end of this post. Please, don't blame me if you watch those movies and suddenly have a headache :D


10 comments:

  1. Inti cerita predestination: protagonisnya narsis akut, sampe2 dia procreate sama............*no spoiler* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fiuuhh, untung aja. Kirain td mau ngasih spoiler hahaha.

      Delete
  2. Gw biasanya klo nonton genre gini mlh ending bikin gw kliyeng2 mikir alur ceritanye n jd emosiong...hehehehe...so that's why i'm so avoid it... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal asik loh, sensasi kliyeng2nya itu yang dicari kalo nonton film begituan, hehehe

      Delete
  3. coudln't be more agree with this painful list. Christopher Nolan is the man

    ReplyDelete
  4. Kak, adalagi ngak recommended film yang ada unsur fisika ?
    But so far, interstellar is the best

    ReplyDelete
  5. Memento gw nonton sambil mikir2 ngatin puzzle dan plot2nya yg maju mundur, menjelang ending masih ngerti oh gtu, oh gtu, duaar pas ending lah koq gtu, lah koq gini seolah2 puzzle2 dan plot yg gw susun dari awal sampe deket ending mendadak berantakan otak gw konslet dan mendadak sakit kepala wkwkwk

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.