Twist Ending VS Mindfuck Movies

Howdy!!! Sudah lama tidak bersua. Apa kabar semuanya ? Hahahaha, basa-basi dulu nih biar lebih akrab aja kesannya. Oke, tanpa perlu banyak basa-basi, langsung aja kita beralih ke topik utama. Kali ini ane bakal ngebahas tentang film nih. Beberapa hari ini ane lagi tergila-gila sama yang namanya film dengan alur cerita yang twist ending dan mindfuck. Supaya ga terlalu bingung sama apa sih itu twist ending dan mindfuck, ada baiknya ane bakal ngasih tau sedikit info tentang itu.


Sebenarnya ane juga ga begitu tau tentang dua hal itu tadi, hehehe (kelihatan begonya). Tapi setelah berhasil browsing sana-sini, akhirnya ane tau. Ane bakal bahas satu per satu ya biar kita sama-sama ngerti.


TWIST ENDING


Apa itu twist ending ? Nah, kalo kita liat dari artinya per kata nih, twist = putar dan ending = akhir . Jadi kesimpulannya adalah film twist ending itu adalah film dengan akhir cerita yang "berputar". Maksudnya "berputar" adalah endingnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan atau pikirkan dan juga mengejutkan.

Biasanya sih di film twist ending ini kita digiring ke suatu cerita dan disitu secara ga langsung kita diajak untuk menebak-nebak bakal kayak gimana sih ending dari film itu, tapi ternyata tebakan kita itu biasanya 99,99% SALAH. Film dengan twist ending biasanya juga mengajak kita untuk percaya terhadap apa yang si "cerita" itu ceritakan. Maksudnya gimana sih? Mungkin begitu pertanyaan kamu. hmm, ane kasih contoh ya. Ane ambil dari salah satu film aja ya. Semoga film yang bakal jadi contoh ini bukan film yang belum kamu tonton. Amin.

Sebuah film tentang seorang anak kecil yang punya indera keenam. Si anak ngeliat penampakan. Dia pun dibawa ke psikolog. Di film kita bakal ngira bahwa si psikolog itu ada karena emaknya si anak yang nyuruh dia buat ngobatin si anak. Padahal mah kagak! Ternyata sebenarnya si psikolog itu adalah hantu.

Bisa dibilang film twist ending ini memiliki alur cerita dan ending yang sangat pintar dan ga murahan. Terkadang film kayak gini tuh bisa bikin kamu kesal, jengkel, atau bahkan bikin mulut kamu menganga dengan lebar saking ga percayanya dengan ending film tersebut. Kalo kamu bisa nebak ending dari film dengan kategori twist ending ini dengan baik dan benar, ane bisa bilang kalo ente jago banget dan bahkan jenius.

Sejauh ini sih ada banyak banget film-film dengan twist ending yang bagus. Yah kalo kamu kurang kerjaan sih bisa aja kamu googling. Aha, sedikit tips nih. Kalo ente browsing tentang film-film twist ending, hati-hati dengan spoiler ya. Loh, kenapa gitu ? Pertanyaan bagus. Kenapa ? Karena, kamu jadi tau endingnya kayak gimana dan itu benar-benar bikin kamu males nonton filmnya. Kok males nonton ? Ya iyalah. Kamu kan nonton film twist ending itu untuk tau gimana sih twist-nya, gimana sih endingnya. Lha kalo kamu udah tau duluan ya sama aja bo'ong dong. Sensasinya udah ga terasa lagi. Jadi, kalo lagi browsing tentang film twist ending, usahakan untuk skip bagian SPOILER.

Ngomongin soal twist, sebenarnya sih twist ini ada dua macam, yaitu plot twist dan twist ending. Nah, tentang twist ending sudah ane jabarkan di atas ya. Perbedaan antara plot twist dan twist ending sebenarnya simple, beda di letak atau posisi unsur twistnya aja. Kalo twist ending itu twist-nya di bagian ending film, sementara plot twist itu berarti ada plot atau alur cerita yang 'diputar' (twist) which is mean that the twist is in the middle of the movies. Entah itu twist-nya ada di bagian ending ataupun di tengah-tengah film, tetap aja bakal bikin kamu 'kaget' pas nonton. Jadi kesimpulannya plot twist itu letaknya di tengah-tengah film, yah paling ga pas hampir mendekati ending film lah kira-kira.

Nah, untuk memudahkan kamu membedakannya, ane bakal ngasih kamu beberapa judul film yang totally recommended. Let's start with the twist ending movies. Here they are:

1. The Sixth Sense (1999)
Tentang seorang anak yang mempunyai indera ke-enam.

2. The Usual Suspects (1995)
Intinya sih cuma menginterogasi beberapa tersangka gitu lah.

3. The Village (2004)
Tentang sebuah desa yang terpencil dan terisolasi.

4. The Mist (2007)
Sekumpulan orang terjebak di swalayan ketika kabut asap menyerang kota mereka dan ada monster misterius di dalam kabut asap tersebut.

5. No Mercy (2010)
Tentang pembunuhan dan polisi nyari siapa pembunuhnya. Simple!

6. Primal Fear (1996)
Seorang pendeta dibunuh dan seorang pelayan gereja dituduh sebagai pembunuhnya.

7. Who Am I (2014)
Fresh and new, film Jerman tentang seorang hacker. Udah, gitu aja. Hahaha.


Sekarang ane bakal lanjutin dengan ngasih list film yang pake plot twist. Ready? Ini dia.

1. The Shawsank Redemption (1994)
Seorang pria tidak bersalah yang terpaksa harus masuk penjara. This movie takes the highest rate in IMDB.

2. Incendies (2010)
Dua saudara kembar yang mendapat surat wasiat dari sang ibunda dan mereka ditugaskan untuk mencari tau kakak dan ayah kandung mereka.

3. The Best Offer (2013)
Seorang juru lelang (barang antik) yang mendapatkan klien seorang pewaris yang misterius.

4. Mindscape aka Anna (2013)
Seorang detektif yang memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam memori atau ingatan seseorag dan dia pun diberikan tugas yang berkaitan dengan seorang gadis muda bernama Anna.

5. Gone Girl (2014)
Tentang seorang penulis terkenal yang menghilang.


MINDFUCK


Lanjut ke kategori berikutnya, mindfuck. Kalo diartikan per kata kayaknya ga enak gitu ya. Jadi langsung aja deh kita bahas secara keseluruhan aja. Apa itu mindfuck ? Dari beberapa sumber yang ane dapat, mindfuck ini adalah film yang alur ceritanya membingungkan, mengecoh, dan mempermainkan pikiran kamu. Film mindfuck itu biasanya ga jauh-jauh sama surreal dan dreamlike. Maksudnya adalah film ini memberikan kesan yang surealis atau seperti mimpi.

Mindfuck ini juga biasanya lebih menitikberatkan pada perspektif si tokoh utama, entah itu dia punya penyakit kejiwaan atau mereka cuma bermimpi dan kamu akan kebingungan sendiri dalam menentukan alur cerita film tersebut apakah semua yang terjadi itu memang terjadi ataukah itu cuma manifestasi dari pikiran si narator. Sama kayak twist ending, kamu agak kesulitan dalam menentukan arah hidup si film. Bedanya kalo di twist ending kamu kesulitan dalam menebak bagaimana ending sebenarnya, sementara di film mindfuck kamu punya tugas yang lebih berat yaitu kamu kesulitan dalam menentukan bagaimana plot atau alur cerita si film. Biasanya sih alur cerita mindfuck ini memakai tipe alur bolak-balik, dari masa depan, ke masa lalu, terus ke masa sekarang, dan begitu seterusnya. Suka-suka orang yang bikin film.

Sejauh ini, untuk film mindfuck ane cuma baru pernah nonton beberapa film yang modelnya beginian, salah satunya yaitu Mulholland Drive (2001). Tanpa bermaksud untuk menunjukkan kebegoan ane, jujur aja ane gagal dalam memahami dan mengerti bagaimana alur cerita film ini. Sebagian orang ada yang perlu nonton film ini berkali-kali supaya paham dan ane cukup satu kali nonton, karena bingung bukannya nonton lagi, ane lebih milih untuk browsing di google untuk menemukan pencerahan, hehehe. Film ini di sutradarai oleh David Lynch dan kabarnya beliau ini jago banget bikin film yang macamnya kayak beginian, bikin kepala puyeng.

Selain Mulholland Drive, ada juga film dengan judul Donnie Darko (2001) yang mengusung tema time travel. Ane juga bingung sih apakah film ini termasuk dalam twist ending atau mindfuck. Ending dari film ini memang amat sangat tak terduga tapi plot film ini juga cukup membingungkan, entah selama ini dia cuma bermimpi, apakah itu cuma khayalan dia, atau apakah itu memang kenyataan. Ah, jadi bingung ini film masuk kategori yang mana.

Menurut hasil browsing, ada beberapa judul film tipe mindfuck yang kayaknya patut dicoba nih.

1. Memento (2000)

2. Requiem for a Dream (2000)

3. Lost Highway (1997)

4. Primer (2004)

5. Vanilla Sky (2001)


Yap, itulah dua kategori film yang menarik, menarik buat ane pribadi tentunya. Oh iya, silahkan kamu mampir ke postingan ini, kali aja kamu butuh daftar film tipe twist ending dan mindfuck lainnya buat nemenin hari-hari kamu yang sepi. Hiks.

Jadi, gimana? Apakah kamu mau nyoba main tebak-tebakan atau mungkin pengen berpusing-pusing ria ? Silahkan pilih.

50 comments:

  1. Shutter Island sudah terlalu mindstream y jd gk masuk daftar fighclub jg mindcoeg tp kga ngarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye bro, shutter island udah terlalu mainstream dan orang-orang udah pada tau, makanya kagak ane masukin dalam daftar.
      Masa sih ga ngerti Fight Club? Padahal di-ending udah ada penjelasannya loh.

      Delete
    2. ya kalo masalah mainstream, shawshank juga udah lumayan mainstream sih

      Delete
    3. bukan cuma lumayan, tapi sangat mainstream. masuk daftar gara2 ratingnya di IMDb yg tinggi 😉

      Delete
  2. keren gan penjelasannya,
    memento film Mindfuck pertama yang ane tonton gan!

    Keep watch the Most fucking mind movies gan (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hell yeah!
      film mindfuck emg menarik buat ditonton.
      btw, thanks for visiting my blog. cheers!

      Delete
  3. Inception ma Black swan gak masuk mindfuck ya?
    The Shawshank Redemption belum ada yang ngalahin ratingnya di IMDb ......salutee
    Oldboy itu film paling nohok senohok nohoknya menurutku... saking nohoknya langsung tak hapus...'ihik
    pernah baca juga Oldboy ada versi baratnya juga tapi hasilnya mengecewakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehem, inception sma black swan masuk dlm kategori maindfuck kok, cuma ya ane sengaja ga masukin dlm list.

      hahaha, oldboy twist endingnya emg kampret bgt.
      agak kurang worth it sih kalo nonton oldboy versi barat karena ya endingnya sma aja jadinya ga ada yg spesial.

      Delete
  4. kalo SECRET WINDOWS gimana?aku jujur suka banget sama film itu walau aku udah nebak dari awal kalo itu 2 kepribadian

    ReplyDelete
    Replies
    1. well, itu kayaknya termasuk dlm kategori twist ending sih. eh, bener ga ya? hihihi, malah balik nanya.

      Delete
  5. mestinya ya.udah nonton PREDESTINATION?? coba nonton deh.lumayan kok.itu mind fuck atau twist ending?soalnya alurnya putar2 hehhehe .cm jangan baca dulu di google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Predestination? tentang time travel gitu kan?
      kalo menurut ane sih 90% mindfuck, 10% twist ending.
      menurut kamu gimana? *malah balik nanya lagi, wkwkwk*

      Delete
  6. 50% 50% kali ya.soalnya sebenernya siapa bomber nya itu jg agak berbau sangat twist ending cuma keduanya ga terlalu mind fuck n twist sih jadi kita ga terlalu menganga waktu tahu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm ya intinya si ini film cukup bikin puyeng lah ya haha, terutama buat yang ga biasa nonton film dengan alur bolak balik gitu.
      btw, nice share bro (y)

      Delete
  7. Klo saya nonton Mulholland Drive lebih "gampang" memahami (setelah nonton 3x) ketimbang nonton film Lost Highway yg udah nonton lebih dr 3x pun tetap bikin tolol. Atau otak gw yg emang dangkal buat film ini ya? . entahlah, David Lynch emang kampret

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah nyoba nonton filmnya David Lynch yang Inland Empire? durasi filmnya 3 jam, dijamin otak jadi mabuk dibuatnya. coba deh :)

      Delete
  8. Yang jadi contoh film twist ending di tulisan di atas yang psikolog ternyata hantu bukan endong film sixth sense kan? Masalahnye kalo itu endingnye ane udh terlanjur baca .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups, sorry deh kalo gitu mas bro :D
      yang tabah ya hahaha

      Delete
  9. Rajanya film mindfuck mungkin David Lynch. Udah pernah nonton Eraserhead?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah dan ga akan pernah. Sempat nonton di menit-menit awal dan akhirnya menyerah. Ga sanggup menanggung betapa surreal-nya film bapak yg satu itu, hehe. Jadi, ada tanggapan ga ttg film itu?

      Delete
  10. Wah film seperti layer cake , the sninning sama the departed ternyata adl mindf**k , bru tau ane hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin seperti bawang lebih tepatnya, udah dikupas eh ada lagi lapisan yang lain.
      Btw, thanks for visiting my blog.

      Delete
  11. Upstream Color & Primer tuh film dr Shane Carruth, baru bikin 2 film dia udah jago bikin otak yg nonton jungkir balik.
    Synechdoche New York nya Charlie Khaufman juga kampret, lebih abstrak dr Eternal Sunshine of the Spotless of Mind.
    Ada lagi nih gan film lawas yg mindfuck, coba agan nonton The Holly Mountaint itu jg salah satu film sakit, gila itu temanya, saran saya klo agan mah nonton film itu jgn sambil ngemil ya (sori sedikit spoiler)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Synecdoche, New York udah ada dalam playlist tapi lagi males buat nonton.
      The Holy Mountain udah pernah liat preview-nya di youtube dan emang penuh adegan yg disturbing sih. Masih usaha buat nyari link donlot utk film yg satu ini, soalnya emang udah lama bgt ngidam pengen nonton.

      Btw, nice share! :)

      Delete
    2. Ada kok di filmbagus21.tv cari aja keywordnya The Holly Mountaint, ngga gede2 amat filenya cuma 300mb-an :D
      Seriously ,itu film bener2 sakit jiwa,gila, ngaco, 11-12 kayak film El Topo lah, tp lbh sakit, tp pesan moral di endingnya bener2 memorable :D

      Delete
    3. wah, jadi makin penasaran nih.
      ntar ane coba cari deh.

      Delete
  12. jangan lupa juga film twist ending kebanggaan Indonesia "The Forbidden Door" akka Pintu Terlarang.. dan juga film twistending + mindfuck dari "Modus Anomali" .....
    sutradara Joko anwar memang gila.... hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget! harusnya sih indonesia rajin-rajin aja bikin film macam begitu, biar ga kalah lah sama film hollywood haha

      Delete
  13. Selain joko anwar ada lagi ga? Gue udah nonton yang pintu terlarang. Gue baru sadar sahabatnya itu siapa pas filmnya udah beres. Kampret.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih emang joko anwar doang deh yg doyan bikin film twist. Entahlah. Ane jarang nonton film dr negara sendiri sih, hihihi.
      Udah nyobain Modus Anomali?

      Delete
  14. Ada yang punya link download subtitle inland empire bahasa indonesia gak?
    maklum bahasa inggris kita mah paspasan

    ReplyDelete
  15. Kalo donnie darko emang film ribet banget itu. Ane sempet baca kalo dunia di donnie darko dibagi dua, jadi ada dunia nyata sama dunia paralel. Untuk lebih jelas silahkan baca sendiri penjelasannya di www.donniedarko.org.uk ( khusus untuk yg udah nonton aja :v )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu ya rupanya. Ane udah nonton 2 kali tetep ga mudeng. Ntar ane coba mampir ke website-nya.
      Btw, thanks for sharing.

      Delete
    2. Sama" mba.
      Ane juga udah baca penjelasannya dari websitenya masih belom ngerti semuanya cuman sebagian doang :v

      Delete
  16. Film nocturnal animals coba mba, itu kayanya masuk ketegori mindfuck dah. Gatau juga sih, pusing soalnya wkwkw, coba tonton aja deh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm film baru ya, boleh lah kapan2 ane cicipin

      Delete
  17. Kalau dari film indo kayanya Melancholy is a Movement deh yg mindfuck soalnya dari tiap scene ke scene lainnya kadang gak ada hubungannya,jadi pemikiran-pemikiran liar keluar semua hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ane blm pernah tuh dgr judul filmnya. boleh keknya buat jd bahan tontonan biar orak mabuk :D

      Delete
  18. Waah nice share. Seneng banget sama film mindfuck sama twist ending. Otaknya jadi keram krena terlalu bekerja keras haha. Kalo mindblowing sama mindfuck itu sama nggak si?
    Btw salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih sama aja, beda istilahnya doang hehe
      yep, salam kenal juga yes :) makasih udah mau repot mampir di mari

      Delete
    2. kalo menurut saya sih mba, mindblowing itu lebih dekat dengan twist ending/twist plot karena hanya memutar balikan persepsi kita atau sekedar mematahkan logika yang sudah dibangun dari awal film, berbeda dengan mindfuck yang bikin kita kaya orang tolol sepanjang film berlangsung sampai selesainya film bahkan sampa besok, dan besoknya, dan besoknya lagi wkwk

      Delete
  19. Gone Girl tuh film pertama ane gan yg jd suka genre ini..
    Tu film ngerubah pikiran ane klo gk action bukan film seru.. dan tryata bom.. smua brubah dan mulai mnikmati nya.. dan parah nya malah nagih.. jd slain action genre ini sbagai pelengkap ato penambah selera ngemovie gan hahaha

    ReplyDelete
  20. gue nonton fil sejak 6 SD, cman mullholand rive yg bikin puyeng, nonton 3 kali nyerah, dan akhirnya search d google apa maksudnya dan ngerti. btw donnie darko puyeng tp ada pencerahan walau dikit sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tonton film-filmnya David Lynch yang lainnya juga deh, dijamin otak jadi muntaber

      Delete
    2. Wow, keren nih artikel nya.emg film2 dgn twist ending/twist plot memberikan byk sekali kejutan,reaksi saya kdg jengkel,tp itulah yg membuat tipikal film sprti ini layak dtnton dan jdi bhn prbincangan,film jacob's ladder, the prestige, enemy mgkn msk tipikal film sejenis..

      Delete
  21. dari semua film di atas sebagian saya udh nonton, "incendies" yg paling bikin bulu kuduk berdiri, kaget bukan main, deuk deukan campur aduk lah pokonya, oldboy mah kalah gak bgt greget.

    ReplyDelete
  22. Dari list di atas film Donnie Darko sih yg menurut ane dengan ending terkampret.

    Btw film Predestination gak masuk di film Mindfuck?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.