Review Film: Ratu Ilmu Hitam (2019)

Setelah dua tahun yang lalu ada Pengabdi Setan yang jadi sebuah film horror reboot yang sukses di tangan seorang Joko Anwar, tahun ini kita disuguhkan lagi sebuah film horror reboot yang dulunya dirilis pada tahun 1981, yang berjudul Ratu Ilmu Hitam. Ditulis oleh Joko Anwar dan disutradarai oleh Kimo Stamboel, apakah Ratu Ilmu Hitam bakalan jadi sebuah film horror reboot yang sukses menyusul kesuksesan dari Pengabdi Setan?





Title: Ratu Ilmu Hitam
Released date: 7 November 2019 (Indonesia)
Genre: Horror - Mystery - Thriller
Running time: 99 min
Director: Kimo Stamboel
Writer: Joko Anwar
Stars: Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Zara JKT48


Berkisah tentang Hanif yang mengajak istri dan tiga orang anaknya untuk pergi menuju sebuah panti asuhan dimana dulunya Hanif pernah tinggal dan dibesarkan di panti asuhan tersebut, yang letaknya cukup terpencil. Ga cuma Hanif dan keluarganya yang datang di hari itu, Anton dan Jefri, yang juga dulunya anak panti asuhan tersebut, datang juga beserta istri mereka. Mereka datang ke panti asuhan tersebut karena Pak Bandi, si pemilik panti asuhan, sedang sakit keras. Sayangnya, kedatangan mereka semua ke panti asuhan tersebut justru menjadi mimpi buruk bagi mereka karena eh karena mereka semua justru diteror oleh sang ratu ilmu hitam.


Kalo ngomongin film reboot atau remake, maka kita mungkin akan membandingkan dengan film originalnya, itu juga kalo kamu nonton film originalnya sih. Seperti yang kamu tau, biasanya film reboot itu lebih menitikberatkan pada inti ceritanya aja dan ga secara gamblang mengambil secara penuh plot cerita yang ada. Jadi untuk catatan nih ya, cerita dari versi original akan sangat berbeda dengan versi reboot ini dan cuma bakal ada beberapa kesamaan terutama sih untuk tokoh utama dalam filmnya. Untuk kasus Ratu Ilmu Hitam ini sih tentunya tetap mengambil karakter bernama Murni yang menjadi sang dukun. Perbedaan yang paling kelihatan dari segi ceritanya sih kalo di versi 1981, kita lebih banyak dipertontonkan kisah hidup Murni yang dulu diperankan oleh Suzzanna, sedangkan di versi reboot kali ini kita akan lebih banyak disuguhkan adegan penyiksaan para korban ilmu hitam si Murni. So, yeah, yang doyan nonton film gore/slasher, film ini tentunya bakalan memenuhi hasrat kamu. Anjay, hasrat. Nanti kita bahas lebih mendalam ya tentang adegan gore/slasher di film ini secara mendalam, karena berikutnya ane pengen ngebahas tentang cerita di film ini di paragraf berikutnya. Cusss~


Untuk alur cerita di film ini sih menurut ane cukup rapi dan menurut ane juga terasa pas. Pengenalan setiap karakter di paruh awal film pun ga terasa membosankan, pasalnya memang ada banyaaak banget karakter di film ini. Nih ya kita hitung aja dari Hanif sekeluarga ada 5 orang, ada Maman dan Siti yang menjadi masih tinggal di panti asuhan tersebut, ada Anton sama istrinya, Jefri sama istrinya, terus ada anak panti asuhan yaitu Hasbi dan Rani, ada Pak Bandi, ada Bu Mirah juga yang dulunya ngurusin anak-anak panti, dan tentunya Murni. See? Banyak kan? Mari kita jumlahkan 5+2+2+2+2+1+1+1=16. Noh ada 16 karakter yang kemunculannya cukup intens selama 99 menit film berlangsung. Itu juga belum dihitung sama anak-anak panti asuhannya ya. Eh, kok kayak kurang kerjaan banget yak kita ngitung-ngitung gini. Hmm, oke neeexxxtttt!!! Seiring berjalannya film, ketegangan mulai terasa saat kita mulai dikenalkan dengan sosok Bu Mirah dan Murni dengan segala macam kisah masa lalu yang terjadi. Tentunya, adegan flashback akan banyak muncul dan disini kita akan punya banyak PR dalam rangka mencari tau siapa yang benar dan yang salah dan kejadian mana yang sebenarnya betul-betul terjadi. Tenang aja, semua misteri akan terungkap menjelang akhir film.


Buat kamu yang doyan nonton film horror karena suka dikagetin, selamat ya, karena kamu akan dikagetkan dengan beberapa penampakan yang yaaahhh ga intens tapi bikin jantung ser-seran dan hal ini yang menurut ane nge-bikin Ratu Ilmu Hitam jadi sebuah film horror yang seru. Karena ketakutan dan rasa deg-degan yang pengen dihasilkan dari film ini ga melulu dikarenakan oleh kemunculan hantu Bu Mirah. Scoring musiknya juga ane rasa ga berlebihan sih, jadinya ya antara musik dan adegan jumpscare-nya pun pas aja. Bahkan sound effect saat adegan Bu Mirah berjalan terseok-seok pun bakal bikin kamu merinding. Satu adegan jumpscare yang menurut ane patut diacungi jempol sih pas adegan Haqi sedang menonton sebuah rekaman video dan di layar TV dia melihat ada sosok Bu Mirah yang sedang berjalan terseok-seok menuju tempat Haqi berada. Daaannn, jeng jeeeng! Silahkan kamu tonton sendiri ya.


Satu hal yang menjadikan Ratu Ilmu Hitam sebuah film yang rela ane tonton di bioskop adalah karena ada banyak banget adegan gore/slasher didalamya dan beberapa adegan tersebut juga diperlihatkan di trailer filmnya. Jadi, kalo kamu belum tau tentang film ini, coba dulu liat trailer filmnya dan silahkan tentukan kira-kira kamu sanggup atau ga nonton film penuh adegan sadis ini, karena pasalnya akan ada lebih banyak lagi adegan sadis di sepanjang film. Adegan gore yang menurut ane cukup berkesan sih adegan saat  Lina yang 'kerasukan' dan bercermin sambil megang pisau. Lina ini ceritanya agak insecure gitu dan ngerasa kalo badannya gemuk. Saat bercermin, Lina melihat dirinya tuh gemuuuk banget. Adegan ini mirip kayak salah satu adegan di film The ABC's of Death bagian X for XXL. So, kalo kamu udah nonton film itu sih kamu pasti tau apa yang akan terjadi pada Lina saat bercermin. Terlepas dari ada banyak adegan gore yang dihidangkan, ane agak kurang ngerasa greget sama Ratu Ilmu Hitam karena sosok kelabang, ulat bulu dan berbagai binatang aneh yang muncul di film ini pake efek CGI yang sayangnya di layar bioskop segede gaban, binatang-binatang ini terlalu kelihatan sih palsunya. Karena ane mungkin terlalu berharap kali ya kalo binatangnya yang dipake tuh beneran, yah seengaknya satu atau dua ekor lah walaupun ya ngeri dan agak berbahaya juga ya kalo beneran. Tapi ya ga papa deh ya, ane maklumin aja. Selain itu ada juga yang bikin ane ngerasa ga masuk akal sih untuk adegan gore-nya ini. Misalnya aja kayak Lina yang sukses motongin beberapa bagian kulitnya, masa iya sampe akhir film dia tuh ga mati-mati gara-gara kehabisan darah misalnya. Pasalnya, bagian kulit yang dipotong tuh kalo dipikir-pikir cukup dalam juga, tapi ya masih bisa hidup aja itu orang. Hmm, entahlah. Ane ga begitu paham juga sih masalah anatomi tubuh manusia, jadinya ya ane rasa ini tuh kurang masuk akal aja. Kalo menurut kamu gimana? Oh ya, menurut ane ada juga satu lagi adegan sadis yang memorable banget sih sewaktu Nadya ngambil arit dan menggal kepalanya Murni. Uhh, itu tuh adegan final yang epic banget menurut ane dan special effectnya pun jempolan deh pokoknya.


Satu lagi adegan yang menurut ane kurang masuk akal, yaitu adegan saat Haqi menghilang. Disini tuh agak aneh sih. Semua orang mencari Haqi di setiap sudut ruangan, bahkan nyari ke ruangan dimana terakhir kali Haqi berada, tapi ga ketemu-ketemu juga. Keajaiban pun muncul saat Hasbi ngebopong Haqi yang secara "sengaja" dia tembak. Sebelum adegan Haqi ditembak, ada adegan Hasbi yang tangannya "dikendalikan" dan nge-ceklekin mulutnya pake stapler. Semoga kamu paham ya maksud nge-ceklekin ini, ahak ahak. Nah, kemudian Hasbi secara ajaib bisa ngomong/berteriak saat ngebopong Haqi untuk minta tolong. Dan ga ada satu orang pun yang menyadari keadaan mulut Hasbi yang logikanya sih harusnya berdarah-darah kalo emang staplernya berhasil dia buka dan kamera pun ga nge-shoot ke arah Hasbi jadi ya ane ga bisa ngeliat keadaan mulut Hasbi ini. Padahal sih seandainya durasi memungkinkan, asik kayaknya kalo ada adegan saat Hasbi ngebukain stapler dimulutnya. Perih perih gimanaaaa gitu pastinya.


Ya udah, segini aja dulu yang pengen ane bahas tentang film ini meskipun sebenarnya masih ada lagi sih hal-hal lain yang menurut ane ga masuk akal, tapi ya ane capek juga ngetiknya, ntar malah makin panjang ini isi postingannya. Intinya sih, Ratu Ilmu Hitam menambahkan dirinya masuk ke dalam jajaran film horror Indonesia yang bagus dan layak di tonton di layar bioskop. Mumpung filmnya masih anget di bioskop, mending kamu buruan deh datang ke bioskop dan nonton film ini ya. Kalo kamu ternyata ga kuat liat adegan sadis, ga papa, kamu tetap harus nonton film ini sih supayaaaa hmmm yah biar ga kudet aja kalo orang pada rame ngomongin film ini. Oh iya, di awal film kita juga dikasih liat sedikit cuplikan film Sebelum Iblis Menjemput ayat 2. Hmm, tahun depan siap-siap ketemu sama Chelsea Islan lagi nih di film horror.


Rating versi ane:
Worth to watch? Ada yang ga masuk akal,
tapi tetap oke lah.




8 comments:

  1. Pas adegan " melangsingkan badan" bikin stress juga.temen gw yg nonton di sebelah yg kebetulan gempal badannya uring2an...hahaha
    Btw mana foto kamu di ig yg bareng bunga matahari...best picture deh...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin beliau terlalu menghayati filmnya.
      Hmm, fotonya ga lulus sensor itu.

      Delete
  2. Yah film yg buat diri sendiri jadi males buat nonton film berbalut slasher lagi karna bikin mual bro wkwkw tapi ini film overall asik lah boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dan wajib dicicipin bro meskipun bikin mual haha

      Delete
  3. Mbak tinggal nya sekarang masih di palangkaraya?
    Saya dipalangkaraya juga tepat jya di komplek bangas permai. Salam hangat blogger✌️😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah satu kota ya rupanya.
      salam kenal buat masnya yak.

      Delete
  4. Aku pernah baca beberapa review orang mengenai hal-hal kayak loh kan tadi udah disiksa kok jadi balik lagi? Katanya sih bisa jadi si murni itu bikin pikiran mereka ngerasa mereka tuh lagi dapat siksaan, tp aslinya nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, masuk akal sih yahhh walaupun ga dikasih tau secara gamblang ya di filmnya

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.