Suka Duka Jadi Orang Yang Cuek dan Pendiam


Cuek dan pendiam. Ini mungkin dua kata yang bisa menggambarkan sifat yang dominan ada dalam diri ane. Jadi orang yang cuek sekaligus pendiam itu ada suka dan ada dukanya juga. So, lewat postingan ini ane mau berbagi pengalaman hidup ane yang mungkin berguna buat kamu dalam memahami sifat manusia yang cuek dan pendiam yang ada di sekitar kamu. Hmm, sebenarnya postingan ini bakal lebih menjurus ke arah sesuatu yang disebut dengan curhat. Hahaha. Buat kamu yang tersesat ke postingan yang satu ini, silahkan tutup jendela browser kamu, karena postingan ini bakal full berisikan tentang curahan hati ane yang paling dalam. Kalo kamu mau tetap baca sih, ya udah. Monggo wae!

SUKA~~~


Ga peduli orang ngomong apa, ane mah cuek aja!

Ini dia keuntungan jadi orang yang cuek. Ada si A ngomongin ane, ane ya cuma dengerin, terus? Ya dengerin doang gitu. Ga ane tanggapin. Kenapa? Karena ane cuekin omongannya. Enak kan? Ane ga capek buat mikirin omongan si A itu, karena ane ga peduliin. Bagi ane, kalo omongan dia bener ya kita bisa apa, kan yang dia omongin itu bener. Kalo omongan dia ga bener, ane diemin aja sih, karena menurut ane ntar juga bakal kebukti kok yang mana yang bener dan yang mana yang salah. Simple ya pemikiran ane? Ya begitulah.


Ga perlu disuruh diam, udah diam duluan kok!

Pas jaman masih sekolah dulu atau pas kuliah, kadang kan ada guru atau dosen yang suka ngingetin supaya siswanya diam. Bagi orang yang pendiam kayak ane mah, ga usah disuruh diam juga udah diam duluan. Ga doyan ngobrol panjang lebar soalnya, hahahaha.


Orang yang pendiam cenderung jadi seorang pendengar yang baik!

Menurut ane sih, orang pendiam itu adalah pendengar yang baik. Orang pendiam itu kan berarti dia itu ga doyan ngomong atau mungkin pengen ngomong atau ngobrol kayak orang kebanyakan cuma ya dianya males aja gitu atau ga ada bahan obrolan makanya jadi males ngomong. So, karena dia males ngomong otomatis ketika ada lawan bicaranya yang ngomong panjang lebar soal kehidupan dia yang fana, maka orang yang pendiam pasti cuma bakal jadi pendengarnya yang setia. Kenapa cuma ngedengerin? Karena malas ngomong itu tadi hahaha. Enak ya hidupnya, cuma ngedengerin doang hahaha.

Jadi, kalo kamu mau curhat tapi ga butuh saran apa pun, datanglah kepada orang yang pendiam karena mereka bakal setia ngedengerin curhatan kamu tanpa ngasih pendapat atau saran sekalipun. Kayak ane ini contohnya. Terbukti banget dari nilai MK Speaking ane dapat nilai C sementara nilai MK Listening Comprehension dapat nilai A mulu. Hebat kan? Ane emang terlatih untuk mendengarkan. Yuk ah curhat sama ane, Rp 20.000 per jam. Lha kok jadi malah dagang(?)


Cuek = Keren!

Ingat, ini cuma pendapat personal ya. Jadi yang ane rasain selama ane jadi orang yang cuek adalah ane ngerasa keren. Hahaha keren dari Hongkong! Mungkin begitu teriak kamu. Tapi serius deh, ane ngerasa keren. Sebenarnya sih yang ane lebih tekankan disini adalah cuek dalam hal berpenampilan hahaha. Berhubung ane cuek dan ga peduli sama pendapat orang-orang tentang penampilan ane, terkadang ane jadi ngerasa keren karena ane tampil apa adanya tanpa harus peduli sama komentar orang lain. Hmm, sedap ya!


Yah, pake sendal jepit! Merk nippon pula.
Kampungan!

DUKA~~~


Ga peka!

Sering kan denger cewek-cewek ngomel ke cowoknya dan bilang kalo cowoknya itu ga peka? Kalo ane justru beda kasus. Justru ane beberapa kali gagal dalam hubungan pacaran akibat sifat ane yang kelewat cuek. Cuek itu efeknya bikin ane jadi ga peka dan ga pedulian gitu deh. Ngubah sifat ane supaya ga cuek? Itu sama aja kayak ngarepin ada hujan duit turun dari langit. Mustahil!


Jadi orang yang membosankan dan ga asik!

Nah ini nih masalah klasik yang biasanya ane alamin. Orang yang pendiam cenderung ga bisa memulai sebuah percakapan dengan mancing ngasih topik pembicaraan tertentu. Hayo yang pendiam, bener ga apa yang ane bilang? Ga bener ya? Oh ya udah sih. Tapi kalo ane pribadi ngerasa kayak gitu sih. Apalagi kalo seandainya dalam satu ruangan ane cuma berduaan. Udah deh, pasti krik-krik-krik gitu jadinya. Cuma ada suara jangkrik. Kalaupun si orang lain itu memulai pembicaraan, ane biasanya cuma jawab seadanya. Why? Karena males buat ngomong panjang lebar hahaha. Nah, alhasil ane bakal di cap sebagai orang yang membosankan karena ga asik buat diajak ngobrol. Pffft!


Ga asik diajakin nongkrong!

Ga jauh beda klasiknya dibanding dengan poin yang diatas, ini sering banget ane alamin. Terutama saat ane harus nongkrong bareng orang-orang yang kurang ane kenal. Ane bakal diam seribu bahasa dan cuma ikut ketawa kalo saat nongkrong itu ada yang ngelawak. Jadinya ya saat ada yang ngajak nongkrong, ane bakalan berada dalam kondisi MUTE = Mode On, kecuali kalo ada yang nanya ane, baru deh ane buka mulut. Ribet juga ya jadi orang pendiam. Tsk!


Sulit untuk mengungkapkan pendapat atau perasaan!

Satu lagi hal yang ga ngenakin jadi orang yang cuek sekaligus pendiam. Karena terbiasa untuk diam dan menutup mulut serta ga pedulian bin ga sensitif alias ga peka, alhasil ketika disuruh buat ngungkapin perasaan, entah itu ngungkapin perasaan cinta, kecewa, bahagia, ataupun sedih, ini bakal jadi suatu momok yang menyesakkan buat ane. Sulit banget men buat ngungkapin perasaan bahkan pendapat. Karena orang pendiam lebih demen untuk memendam semua hal yang ada dalam pikiran dan hatinya. Uh, dalam banget ya kata-katanya. Tapi ya begitulah yang ane rasakan. Terus gimana caranya supaya orang lain tau apa yang ane rasakan atau pikirkan? Yaaaaah, lihat dari perilakunya dong. Karena ane sih cenderung ngungkapin perasaan atau apa yang ane pikirkan lewat tindakan bukan lewat kata-kata. Sedaaaap!


Kayaknya segitu dulu deh suka dan duka yang bisa ane bagikan dan ceritakan sebagai makhluk hidup yang cuek dan pendiam. Kamu orang yang cuek juga? Pendiam juga? Tapi ga setuju dengan hal-hal diatas? Hmm, maaf kamu siapa ya?


9 comments:

  1. betul banget..... ingin merubah butuh proses gak gampang...

    ReplyDelete
  2. Saya pengesih jadi orang pendiam tapi selau gagal jadi rang pendiam....
    Emang bayak bicara salah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga salah kok. Ga usah memaksakan diri untuk jd orang pendiam.
      Jadi diri sendiri dan apa adanya aja justru lebih baik.
      *sok bijak*

      Delete
  3. Mau curcol juga doong wkwk. Gue juga sama kaya lu mba, pendiem :( kalo gak diajak ngomong, ya ga bakal ngomong. Pernah suatu hari pas lagi eskul voli, senior gue sampe ngomong, "kamu kok diem aja? Bisu ya?"
    Nusuk banget njir. Ya mau gimana lagi udah dari kecilnya kek gini ye kan :((
    Guys Bagi2 cara dong gimana jadi orang yang gampang gaul tapi ga terkesan caper hehe

    ReplyDelete
  4. wkwk.. sama kaaa aku juga orgnya pendiem.. tp klo udah deket bgt sama org, nyaman sama satu kelompok, waah bisa keluar smua sifat gila gua.. wkwk.. cuma yaaa butuh lamaaa bgt prosesnya utk bisa adaptasi smpe kyk gtu..

    tp yg lbh ribetin jd diri sy adalah, sy pendiam tapi care di saat yg sama.. sumpah itu nyusahin bgt.. jd klo di hadepin ada org curhat ke sy, sy tuh pngennya nanggepin dia, ngasih masukan ke dia, tp apa daya di saat yg sama sy males buat buka mulut, kepikiran sy tuh malah takut salah ngomong.. jadinya akhirnya sy malah sibuk debat hrus ngomong apa enggak d dlem hati..

    trus krna care itu, sy jd ngerasa pendapat org ttg sy itu penting bgt, sy g bisa cuek kyk kka ttg diri sndiri.. jadi yaa sy malah suka minder gtu klo ketemu org..
    #whatswrongwithme?

    ReplyDelete
  5. Wah mba nya orang palangkaraya ya? Itu foto nya ditaman kota wkwk satu kota kita berarti

    ReplyDelete
  6. Baru koment di tahun 2019. Ini mbak nya membahas tentang sifat pendiam dan kebetulan sekali saya orang nya juga pendiam, tapi kalau misalkan dengan orang yang sudah kenal nya sangat lama dan akrab juga, saya orang nya suka bicara. Jadi intinya sifat pendiam saya aktif kalau dengan orang yang gak terlalu kenal dan gak terlalu akrab.
    Dan btw saya cowok pendiam dan mbaknnya cewek yg pendiam mungkin kita berjodoh karena sama sama pendiam😊😊
    Haha becanda kok😊😊✌️

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo orang pendiam ketemu sama orang pendiam mah yg ada jadi krik krik krik dong, hahaha

      Delete
    2. Mengheningkan cipta jadinya, hahaha

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.