5 Movies I Recently Watched (Part 4)

Selamat tahun baru 2020! Ga kerasa ya udah tahun baru aja. Apa nih resolusi kamu untuk tahun 2020 ini? Oh iya, mari kita hening sejenak ya mengingat website streaming film Indoxxi yang resmi ditutup dan ga bisa diakses lagi. Bisa diakses sih, tapi filmnya ga bisa dibuka lagi. Berhubung ini udah hari ketiga di awal tahun, ane jadi pengen ngebahas soal film-film yang baru-baru ini ane tonton. Maklum aja selama malam pergantian tahun yang lalu ane cuma ngabisin waktu buat nonton film doang. Eh, ga cuma selama malam pergantian tahun sih, selama ane mulai menganggur kayaknya ane cuma ngabisin waktu untuk nonton film aja, hahahaha. Da real nolep! Ya sudah, kalo gitu langsung aja kita bahas 5 movies I recently watched bagian yang keempat.





1. Fractured (2019)

Berkisah tentang sepasang suami-istri, Ray dan Joanne, bersama anaknya, Peri, yang sedang melakukan perjalanan jauh. Di tengah perjalanan, Peri kebelet pipis dan mereka pun berhenti di sebuah pom bensin. Disitulah terjadi insiden yang membuat Peri terjatuh dan membuat tangannya patah. Peri pun dibawa ke rumah sakit oleh kedua orang tuanya. Peri bersama ibunya di bawa ke sebuah ruangan untuk menerima perawatan sementara Ray menunggu di ruang tunggu dan tertidur. Setelah beberapa jam, Ray terbangun dan mencari anak dan istrinya. Tapi, saat Ray menanyakan ke pihak rumah sakit tentang anaknya, pihak rumah sakit justru ga menemukan catatan apapun atas nama anaknya. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?


Review: Fractured diketahui sebagai salah satu film yang punya unsur plot twist di dalamnya dan secara refleks ane jadi sangat berwaspada selama nonton. Ga tau deh ya, ane tuh sepanjang film jadi hobi nebak alurnya gitu. Apakah ane berhasil? Awalnya ane yakin, tapi sayangnya film ini jago banget ngecoh pikiran ane. Sekilas sih ane keinget sama film berjudul Flightplan, mengingat premisnya yang sama, yaitu anaknya ngilang tapi orang-orang di sekitar mereka bilang kalo anak mereka memang ga ada.  Nah, untuk Fractured ini plotnya dibuat lebih kompleks. Beberapa petunjuk yang ane dapatkan mengarahkan kepada dua kemungkinan. Pertama, luka akibat terjatuh yang dialami oleh Ray pada saat dia datang bersama anak dan istrinya berubah saat masuk adegan Ray terbangun dari tidurnya. Dari sini ada kemungkinan Ray emang mengalami trauma yang bikin dia jadi berhalusinasi. Petunjuk kedua adalah saat Ray ditanyai tentang data dirinya dan di situ sempat disinggung mengenai donasi untuk transplantasi, ditambah lagi dokter bilang kalo Peri punya mata yang indah. Nah, kali ini kemungkinan yang muncul adalah pihak rumah sakit secara diam-diam mengambil organ Peri dan mungkin istrinya juga untuk ditranplantasi secara ilegal. Endingnya nih kira-kira yang mana yang bener? Silahkan kamu tebak sendiri ya ;)

Rating versi ane:


2. I See You (2019)

I See You menceritakan tentang sebuah keluarga yang kurang harmonis. Sang istri berselingkuh yang bikin si anak jadi ga respect lagi sama ibunya. Di sisi lain, ada sebuah penculikan yang terjadi di kota tempat mereka tinggal. Penculikan ini rupanya sudah pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Kebetulan sang suami dari keluarga ga harmonis tadi adalah seorang petugas kepolisian dan dia pun ditugaskan untuk menangani kasus tersebut. Selain masalah tersebut, ada hal lain yang terjadi di dalam rumah mereka. Mereka seolah diteror oleh orang tak dikenal. Apakah orang tersebut ada hubungannya dengan penculikan yang terjadi?


Review: Hal menarik dari film ini adalah kita diperlihatkan semua kejadian dari dua sudut pandang. Jadi nih di paruh awal kita akan disuguhkan cerita dari sisi si keluarga ini dan juga diperlihatkan teror apa saja yang diterima oleh mereka. Kemudian, dari pertengahan hingga akhir film baru deh diperlihatkan dari sisi pelaku teror. Yang menarik adalah dari sini kita pelan-pelan dikejutkan dengan beberapa adegan yang bikin kita jadi sadar siapa pelaku kejahatan sebenarnya. Kelemahan I See You menurut ane sih ada pada motif penculikannya sih yang sayangnya ga dijabarkan. Selebihnya sih oke oke aja. 

Rating versi ane:


3. You’re Next (2011)

Seperti tipikal film horror slasher, You’re Next berkisah tentang satu keluarga besar yang memutuskan untuk mengadakan makan malam keluarga yang kemudian berakhir dengan teror dari orang-orang bertopeng yang tak dikenal.


Review: You’re Next sebenarnya sih sama aja kayak film-film horror slasher kebanyakan ya. Satu kelurga diteror dan dibunuh satu per satu oleh orang-orang tak dikenal. Tapi yang menarik dari film ini adalah adanya sosok Erin yang menjadi tokoh protagonis yang punya daya juang yang tinggi. Punya latar belakang dimana dia dulu sewaktu masih kecil diajarin ayahnya mengenai cara bertahan hidup. Alhasil, disini ada perlawanan dari si korban. Hal-hal bodoh sih pastinya ada ya. Misalnya, ada yang berusaha kabur sendirian dengan tujuan nyari bantuan yang ujung-ujungnya malah jadi sasaran empuk. Atau juga memisahkan diri dari rombongan yang pastinya jadi sasaran empuk juga. You’re Next ga cuma ngasih adegan gore/slasher yang memanjakan mata, tapi kita juga dikasih plot twist ringan yang menurut ane bikin film ini jadi punya cerita dan motif yang jelas.

Rating versi ane:


4. Evaru (2019)

Kita pindah ke India dulu ya. Kali ini ada film Bollywood berjudul Evaru yang artinya siapa. Nah ceritanya nih ada seorang wanita bernama Sameera yang diduga melakukan pembunuhan terhadap Ashok, sebagai bentuk pembelaan diri karena menurut pengakuan Sameera sih Ashok pengen memperkosa dia. Tapi kasus ini rupanya terasa terlalu sederhana mengingat lokasi kejadian dan sosok Ashok yang rupanya punya hubungan khusus dengan Sameera dan Sameera pun sebenarnya sudah menikah dengan pria yang cukup terkenal. Alhasil, datanglah seorang petugas bernama Vikram untuk menginterogasi Sameera. Perlahan kebenaran pun mulai terungkap.


Review: kalo boleh merangkum keseluruhan kisah di dalam Evaru ini ane bakal bilang cerita dan misteri yang pengen dikupas dalam film ini mirip banget sama The Invisible Guest. Bedanya, Evaru memberikan latar belakang kisah yang lebih rumit dan juga ada banyak kebohongan demi kebohongan yang akhirnya terungkap. Kalo kita ingat-ingat lagi tentang film The Invisible Guest, sosok Adrian yang dituduh sebagai pelaku menceritakan semua kejadian yang sebenarnya terjadi, sedangkan dalam film Evaru, sosok Sameera ga semudah itu menceritakan semua kejadian yang akhirnya menggiring kepada beberapa kebohongan. Proses interogasi yang berbelit-belit bikin kamu betah untuk menonton film ini meskipun jalan ceritanya panjang banget. Seperti judulnya, Evaru yang artinya siapa, disini kita hanya perlu mempertanyakan “siapa” kepada hmm.... kamu cari tau sendiri ya. Intinya sih, ini film punya twist ending yang ga kalah epic dibanding The Invisible Guest.

Rating versi ane:


5. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Kita pindah dulu ke negara sendiri. Ada satu film horror Indonesia yang ga tau kenapa tiba-tiba ane kepengen aja gitu nontonnya. Berkisah tentang satu keluarga kecil yang di suatu malah, sang ayah mendadak meninggal dunia dan penyebabnya ga jelas. Sejak saat itu, sang ibu jadi sering murung dan juga sering mendapat gangguan aneh. Di sisi lain, sang putra memperkenalkan pacarnya dan sejak saat itu membantu mereka untuk menjaga ibunya yang kian memburuk kesehatannya.


Review: Kalo melihat kembali ke tahun 2018, tren film horror Indonesia emang penuh dengan film-film yang mengangkat tema setan atau iblis gitu semenjak hadirnya Pengabdi Setan. Yang mengejutkan buat ane adalah rupanya Kafir juga menyajikan kisah yang sederhana tapi bisa dieksekusi dengan baik. Teror mistis yang dialami oleh si ibu pun juga tetap bisa bikin takut dan untuk jumpscare berupa penampakan pun ga banyak, jadinya ya ga mengganggu sama sekali. Eh tapi suara petirnya lumayan annoying sih, karena terlalu sering dan ngagetin. Mungkin yang bisa disayangkan sih menurut ane Kafir agak meniru beberapa hal dari Pengabdi Setan. Misalnya aja kayak setting waktunya yang dibikin jadi tahun 90an dan juga adanya lagu atau musik yang sengaja dipilih untuk menjadi salah satu faktor seram di film ini. Mungkin pemakaian nama “ibu” sendiri juga ane pikir terasa sengaja dimiripin. Entah kebetulan atau emang sengaja, ane juga ga tau ya. Kafir juga ngasih plot twist yang menurut ane tipis banget sih. Ane udah bisa menebak gimana twistnya karena ada beberapa petunjuk yang menurut ane nampak jelas. Berhubung ini ada kaitannya sama setan-setanan, ada beberapa adegan di akhir film yang menurut ane agak aneh sih dan terkesan ga masuk akal juga. Tapi ga membuat Kafir jadi film jelek sih. Adegan santet-menyantetnya juga lumayan seru sih, walaupun ada beberapa hal yang bikin ane ngerasa “hah?”.

Rating versi ane:


Yak, itu dia 5 film yang baru-baru ini ane tonton. Sebenarnya sih ga baru-baru amat. Ada yang udah ane tonton beberapa bulan yang lalu tapi ane males nulis panjang-panjang dan akhirnya masuk dikompilasi segmen ini. Dari kelima film ini secara ga langsung mengandung plot twist rupanya, hahaha. Ane ga nyadar. So, ada ga film yang udah kamu tonton? Udah semuanya? Gimana pendapat kamu tentang film-film di atas? Atau mungkin kamu punya rekomendasi film yang cocok untuk pengangguran no life macam ane ini? Share di kolom komentar ya.



No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.