Fear, Inc. (2016): Ketakutan yang Jadi Nyata

Beberapa hari belakangan ini ane stuck banget, men! Pengen nulis tapi ga ada ide. Pengen ngereview film tapi nganu, hmm males ngetik gitu. Hahaha, emang dasarnya ane lagi males aja sih. Emang ya, rasa malas itu ga ada obatnya. Kamu jangan sampe jadi pemalas kayak ane yak. Eh, ini intro macam apaan dah. Wes, langsung capcus aja lah. Masuk ke topik pembahasan. Kali ini ane maksain banget nih buat nulis karena beberapa minggu ini traffic blog ane nurun drastis. Jadi ane putuskan bahwa ane harus nulis hari ini walaupun rada maksa, hahaha. Film yang jadi korban keterpaksaan ane adalah film yang berjudul Fear, Inc.


Title: Fear, Inc.
Released Date: 21 October 2016 (USA)
Genre: Comedy - Horror - Thriller
Running Time: 90 minutes
Director: Vincent Masciale
Writer: Luke Barnett
Stars: Lucas Neff, Caitlin Stasey, Chris Marquette


Mengisahkan seorang pria bernama Joe, yang merupakan seorang pecinta film horor. Saking demennya sama hal-hal yang berbau horor, dia sampe ngajakin pacarnya, Lindsey, ngedate di sebuah cafe yang konsepnya kayak rumah hantu gitu dan menurut dia rumah hantu tuh ga serem. Dia pengen banget ngerasain "horor" yang sesungguhnya ada dalam kehidupan dia. Tiba-tiba ada seorang pria asing yang mendekat dan ngasih kartu nama. Fear, Inc. adalah nama perusahaan yang ditawarkan oleh sang pria dan perusahaan ini akan membuat "ketakutan" jadi kenyataan. Beberapa hari kemudian, Joe dan Lindsey kedatangan teman mereka yaitu Ben dan Ashleigh dan berencana menginap di rumah mereka. Saat sedang berkumpul, Joe menceritakan tentang Fear, Inc. dan rupanya Ben tau tentang perusahaan tersebut dan cerita ke Joe bahwa bosnya dulu pernah menghubungi Fear, Inc. dan semenjak saat itu sang bos tidak pernah muncul lagi. Joe yang penasaran akhirnya mencoba menghubungi Fear, Inc. dan sejak saat itu kejadian aneh bermunculan dan meneror Joe dan teman-temannya.




Saat pertama kali iseng baca sinopsisnya, ane cukup penasaran nih sama Fear, Inc. Film macam apa sih ini. Ketakutan macam apa yang disajikan oleh perusahaan bernama Fear, Inc. tersebut. Rasanya ide ceritanya cukup unik ya, dimana ada sebuah perusahaan yang bakal bikin "ketakutan" jadi nyata. Dengan ide cerita yang menarik ini sayangnya ane rasa ga diimbangi dengan eksekusi yang baik. Banyak banget adegan-adegan yang terasa janggal. Ibarat kayak puzzle tuh, ada banyak potongan puzzle yang hilang, ngebikin banyak banget adegan terasa kosong. Misalnya, adegan saat keempat tokoh ini berusaha bersembunyi dari kejaran psychopath. Saat mereka bersembunyi menuju kamar, tiba-tiba Ashleigh menghilang gitu aja. Padahal mereka kaburnya bareng-bareng. Eh tau-tau, di adegan berikutnya Ashleigh udah ketancep aja di pohon di halaman belakang. Hmm, janggal banget.




Untuk sebuah film yang berlatar belakang rasa takut (secara nama perusahaannya aja Fear, Inc.), sayangnya ane ga ngerasain rasa takut sama sekali dari film ini. Lagi, film ini rasanya kosong. Ga ada feeling-nya banget lah. Mungkin ga didukung sama kualitas acting pemain filmnya, atau mungkin penulisan naskah skenarionya yang emang kurang greget aja gitu. Entahlah. Yang jelas film ini terasa hampa buat ane. Yah, mungkin karena film ini dibalut dengan bumbu komedi kali ya, jadinya unsur horor-nya ga terlalu dibikin dominan. Tapi ya meskipun berbalut komedi, sedikit, tapi ane tetap ngerasa hampa gitu. Apakah karena ane nontonnya sendirian kali ya, tanpa pasangan makanya jadi kosong, hahaha. Meskipun kosong dan hampa kayak hati ane, adegan slasher dalam film ini sayangnya ga bisa menyelamatkan film ini. Adegan slasher-nya tergolong biasa. Kalo aja dibikin sedikit lebih ekstrim, mungkin bisa nambah nilai plus buat film ini.


Satu-satunya penyelamat untuk Fear, Inc. adalah adanya unsur twist, yang yah walaupun sedikit dan ga terlalu memberikan makna mendalam, tapi hal inilah yang bikin ane tetap betah dan tetap 'berusaha' penasaran dengan film ini. Penasaran tentang apakah semua kejadian tersebut memang real ataukah cuma settingan belaka, kayak acara reality show di tipi-tipi. Apakah unsur twist-nya bikin ane puas? Hmm sayangnya ane harus bilang ga.


Yah, segitu aja lah postingan kali ini. Seperti biasanya, mohon maaf kalo review-nya ga jelas dan rada bikin bingung. Maklum, ane emang anaknya ga jelas, hahaha. Ya udah deh, kalo kamu pengen nonton film ini, monggo. Kualitas editing maupun special effect-nya ga jelek-jelek amat kok dan masih bisa lah dinikmati untuk sekedar jadi film iseng doang. Yak, silahkan tinggalkan komentar kamu kalo kamu udah pernah nonton film ini. Entah setuju atau ga sama review ane ini, monggo share pendapat kamu ya. Sampai jumpa di postingan mendatang. Sayonara!


Rating versi ane:
Worth to watch? Cocok buat jadi tontonan iseng.



3 comments:

  1. Model the game nya michael douglas kayaknya...cuma orang nya mati beneranya?
    Udh nonton film malay nya?sambil makan indomie makin terasa karinya deh...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, mirip The Game konsepnya.

      belum kesampean nih, maklum fakir kuota wkwkwk.

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.