Review Film: Visitor Q (2001)

Suatu ketika ada salah seorang teman di pesbuk ane yang bikin status tentang perbandingan antara film berjudul Audition dan Imprint. Ane sebelumnya udah pernah nonton Audition, nah penasaran lah ane sama Imprint. Setelah ane browsing, rupanya dua film tersebut merupakan film dari sutradara yang sama, yaitu Takashi Miike, sebuah nama yang ga asing buat ane pribadi. Ane pun jadi keingetan sama satu film karya beliau ini yang udah lama banget pengen ane tonton tapi belum kesampean. Aha, film tersebut berjudul Visitor Q. Lupakan Imprint, karena film itu susah banget dicari, ane pun menunaikan niatan ane buat nonton Visitor Q.





Title: Visitor Q aka Bijita Q
Released Date: 26 November 2002 (USA)
Running Time: 84 min
Genre: Drama - Comedy - Thriller
Director: Takashi Miike
Writer: Itaru Era (as Era)
Stars: Ken'ichi Endô, Shungiku Uchida, Kazushi Watanabe


Berkisah tentang sebuah keluarga disfungsional, yang terdiri dari si ayah, ibu, anak perempuan, dan anak laki-laki. Hmm, keluarga berencana ya kayaknya, ahak ahak. Lawakan receh :D Lanjuuuutttttt~ Si anak perempuan udah ga tinggal serumah lagi sama keluarganya, bahkan dia menjual diri buat nyari duit. Parahnya nih, dia menjual dirinya ke ayahnya sendiri. Si anak laki-laki adalah korban bullying teman-temannya di sekolah, untuk melampiaskannya dia nyiksa emaknya sendiri. Gelaaaaa!!! Nah, kalo si ibu, beliau adalah seorang pengkonsumsi obat terlarang. Sedangkan si ayah, dia sih kayaknya rada depresi gitu lah, semacam ngerasa gagal jadi kepala rumah tangga. Eh bener gitu ga sih cerita ini film?! Lah, malah bingung sendiri.

Anyway, suatu ketika si ayah dipukuli pake batu oleh orang asing yang tak dikenal. Si ayah ngajak orang asing itu buat tinggal di rumahnya. Semenjak orang asing itu datang ke kehidupan keluarga ini, secara ajaib keluarga ini perlahan jadi membaik dan menemukan jalan terang menuju cahaya. Aseeeekkkk~~~


Ada orang di belakang lu, pak!


Weird? Kata ini mungkin bisa menggambarkan segala hal yang tergambar jelas dalam film Visitor Q. Betapa disfungsionalnya keluarga Yamazaki ini sih sebenarnya bikin hati ane miris waktu nontoninnya. Meski miris dan sebenarnya bisa tergambarkan dengan normal dan terlihat begitu depresif, supaya feel disfungsionalnya dapet, sayangnya Miike bikin film ini jadi.... hmmm aneh aja gitu. Ada banyak adegan yang aneh banget tapi terlihat begitu normal dalam film ini. Sebut aja satu adegan yang paling memorable yaitu tatkala si ibu mainin puting susunya dan terjadilah hujan air susu ibu. WTF! Tapi, satu adegan aneh bin ajaib ini justru adalah jawaban yang diperlukan bagi si ibu sebagai pemecah permasalahan yang dia hadapi. Di tambah lagi dengan adegan lanjutannya, yaitu ketika si anak bungsu yang ngeliat lantai dapur dibanjiri air susu dan dia pun tiduran di situ. Dan ya, si anak pun merasa bahagia ketika melakukannya. Air susu kembali jadi pemecah masalah bagi si anak. WTF!


Hmm, senyum penuh makna...


Disturbing? Ya! Satu kata yang juga menggambarkan Visitor Q. Takashi Miike kayaknya emang jago deh ya bikin film-film disturbing. Bahkan di awal film pun kita sudah disuguhkan adegan yang disturbing. Yep! Aksi incest yang dilakukan si bapak dan anak ini emang cukup mengganggu mental ane. Ane emang ga kuat dah kalo ada scene beginian. Another disturbing scene? Hmmm gimana dengan adegan saat si bapak menyetubuhi mayat yang secara ga sengaja udah dia bunuh. F*ck! Ini tuh level disturbingnya udah nyampe ubun-ubun. Banyaaak banget hal-hal aneh yang terjadi di scene ini.

Tapi nih ya, untungnya Miike menyelipkan unsur dark comedy ke dalam Visitor Q yang bikin film ini tuh kocak, yah walaupun ujung-ujungnya sih ane bakal bilang WTF! Di balik keanehan dan adegan-adegan disturbing yang ada di film ini, dark comedy yang tersemat ke dalamnya ini yang untungnya bisa bikin ane betah untuk menikmati tontonan yang sebenarnya bukan selera ane. Adegan yang memorable? Menurut ane sih yang paling kocak itu ya pas adegan si bapak menyetubuhi mayat. Asli deh, ini tuh adegan yang penuh dark comedy. Sebenarnya adegan ini tuh disturbing dan aneh, tapi dibalik kemirisan itu Miike justru bikin ane ketawa sambil mengernyitkan dahi.

Eh, tapi kok ane ga pernah ngomongin si orang asing yang datang ke kehidupan keluarga Yamazaki ini ya?? Yah, kalo ngomongin aneh, sosok orang asing ini juga ga kalah aneh sih. Wong kenal aja ga, malah mukulin kepala orang, eh malah diajakin buat nginap, kan aneh ya. Tapi sosok inilah yang dijadikan sebagai 'sang juru selamat' buat keluarga Yamazaki. Yah, walaupun di film ini dia ga secara langsung berperan untuk memperbaiki hubungan keluarga Yamazaki.

Gaya penggarapan filmnya Takashi Miike di Visitor Q ini bikin ane jadi ragu buat nontonin film beliau. Sebelumnya sih ane udah pernah nonton Audition dan juga Ichi The Killer, tapi kedua film tersebut sebenarnya malah bikin ane pengen nontonin karya beliau. Tapi Visitor Q mengalahkan segalanya deh kayaknya. Film aneh bin disturbing ini bikin ane garuk-garuk kepala. Yah, pada akhirnya sih ane ga bisa bilang kalo film ini jelek, karena emang dibalik keanehannya tadi, unsur dark comedy-nya ini bikin ane betah buat nonton. Tapi kalo mau dibilang bagus yaaaa unsur disturbingnya ini loh yang bikin film ini mendingan ga usah ditonton. Bingung kan? Makanya ane garuk-garuk kepala.

Yep, kayaknya itu aja bahasan soal film Visitor Q. Semoga review ga jelas ini ga bikin kamu tersesat di tengah jalan. Ya udah, lama ga nulis review ane jadi bingung harus nulis apa lagi. Itu aja deh ya. Kalo kamu udah pernah nonton film ini, yuk share pendapat kamu di kolom komentar. Ga mau? Ya udah.


Rating versi ane:
Worth to watch? Weird - disturbing - dark comedy
3 unsur yang bikin kamu harus mikir lagi kalo
pengen nonton.



No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.