5 Rekomendasi Film Twist Tahun 2017





Yeay!!! Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir dan kita bakalan memasuki tahun baru yaitu tahun 2018. Hayooo, udah mau tahun baru nih, apa aja resolusi 2017 kamu yang udah kesampaian? Hah? Ga ada? Tosss!!! Kita sama, hahaha. Kayaknya di penghujung tahun ga asik banget ya kalo kita bahas soal resolusi untuk tahun baru doang. Biar ga mainstream, ane pengen ngasih rekomendasi ke kamu tentang 5 film yang mengandung unsur twist di dalamnya, yang dirilis di sepanjang tahun 2017. Tentunya 5 film ini adalah film-film yang sukses bikin ane tercengang dengan unsur twist di plot dan endingnya. Penasaran?


1. The Limehouse Golem



Release Date: 8 September 2017 (USA)
Genre: Drama - Thriller

Di urutan pertama ada The Limehouse Golem. Berkisah tentang beberapa kasus pembunuhan sadis yang terjadi di sebuah kota bernama Limehouse. Masyarakat percaya bahwa makhluk mistis bernama Golem lah pelakunya. Untuk menuntaskan kasus pembunuhan ini, diutuslah seorang detektif bernama John Kildare. Di sisi lain, ada sebuah kasus pembunuhan yang baru terjadi, seorang pria bernama John Cree dan sang istri, yaitu Lizzie dituduh sebagai tersangka pembunuhan suaminya tersebut karena semua bukti mengarah kepadanya. John Kildare pun merasa terpanggil untuk menemukan sang Golem sekaligus menyelesaikan kasus yang dihadapi oleh Lizzie.

Review: Penuh drama! Satu kata yang menurut ane paling tepat untuk menggambarkan film ini. Drama kehidupan Lizzie sejak dia masih kecil sampai akhirnya bisa menikah dengan John Cree penuh dengan intrik. Alurnya yang maju-mundur sih ga jadi masalah buat ane pribadi. Sayangnya ya terlalu banyak "drama" di dalamnya yang kadang bikin ane rada males buat nonton. Pasalnya disini kisah hidup Lizzie terlalu banyak diceritakan, jadinya ya rada ngebosenin. Yah, mungkin ini juga jadi salah satu trik untuk nyuci otak para penonton karena di balik kisah hidup Lizzie ini, penonton jadi punya asumsi terhadap masing-masing karakter dalam film, seolah setiap karakter itu punya motifnya masing-masing untuk membunuh John Cree. Efeknya? Kita jadi nebak-nebak soal siapa sih pembunuh John Cree dan siapa sang Golem. Jawabannya? Ternyata ga jauh, hahaha.

Twist-o-meter: 


2. The Invisible Guest



Released Date: 6 January 2017 (Spain)
Genre: Crime - Mystery - Thriller

Berikutnya ada sebuah film asal Spanyol berjudul The Invisible Guest alias Contratiempo, yang berkisah tentang Adrián Doria, yang ditemukan oleh polisi disebuah kamar hotel dengan sebuah mayat yang tergeletak di dekatnya. Mayat tersebut adalah mayat kekasih gelapnya, yaitu Laura Vidal. 3 jam sebelum persidangannya, Adrian bertemu dengan seorang pengacara handal bernama Virginia Goodman. Virginia pun meminta keterangan dari Adrian tentang segala hal yang berkaitan dengan hubungannya dan Laura, dan perlahan terkuaklah sebuah tindak kriminal lain yang dilakukan oleh Adrian dan Laura.

Review: Sekilas, film ini mengingatkan ane sama film Spanyol berjudul The Body alias El Cuerpo dan rupanya kedua film ini disutradarai oleh sutradara yang sama, yaitu Oriol Paulo. Hmm, pantesan! Seperti biasa, pake alur maju-mundur, gaya penyutradaraan Oriol Paulo memang meninggalkan kesan yang sama seperti waktu ane nonton The Body. Bagaimana satu misteri kecil terkuak perlahan dan akhirnya memberi kejutan di akhirnya. Semua terasa pas. Gimana misteri itu terkubur dan lambat laun terkuak, digambarkan dengan tempo yang pas. Ga lamban, tapi ga cepat juga. Endingnya? Bravo! Bukan masalah siapa pembunuhnya, tapi tentang siapa dia sebenarnya.

Twist-o-meter:


3. Crooked House



Released date: 21 November 2017
Genre: Crime - Drama - Mystery

Diadaptasi dari sebuah novel karya Agatha Cristie, Crooked House menceritakan tentang Sophia yang menyewa seorang detektif yang juga mantan kekasihnya, Charles Hayward untuk menyelidiki kematian sang kakek, Aristide Leonides. Tiap anggota keluarga diinterogasi satu per satu hingga sang istri muda sang Kakek, Brenda dan kekasih gelapnya ditetapkan sebagai pelaku pembunuhan tersebut. Namun, tidak lama setelah itu, si pengasuh anak ditemukan meninggal dengan cara yang sama seperti sang kakek. Ya, pembunuhnya masih ada di rumah itu.

Review: Mengingat film ini diadaptasi dari sebuah buku karya Agatha Cristie, ane menaruh ekspektasi yang sangat tinggi terhadap film ini, yah walaupun ane ga pernah baca buku beliau, hehe. Tapi ane ingat, temen ane yang hobi baca pernah bilang kalo bukunya beliau ini bagus-bagus. Maka dari itu, ane pasang harapan tinggi ke Crooked House. Ane ngerasa sebenarnya film ini bisa diselesaikan hanya dalam waktu 60 menit. Ada banyak adegan ga penting yang sayangnya ga ngebantu film ini jadi film yang yahud buat ditonton. Satu hal yang bikin ane bertahan hanyalah harapan ane terhadap twist yang ada di film ini. Puas? Yap, ane puas dengan twistnya, tapi tetap ga bikin film ini berhak buat menyandang film wajib tonton.

Twist-o-meter:


4. Shimmer Lake



Released date: 9 June 2017 (USA)
Genre: Crime - Drama - Thriller

Shimmer Lake, film rilisan Netflix ini mengisahkan tentang seorang sheriff lokal yang memecahkan sebuah kasus perampokan bank yang sayangnya berakhir dengan tindakan kriminal lain.

Review: Menggunakan alur mundur, Shimmer Lake jadi satu-satunya film dengan alur demikian dari semua film yang ada dalam daftar. Puzzle demi puzzle diurutkan secara terbalik yang tentunya ga bikin kamu puyeng. Uniknya, dengan make alur mundur ini Shimmer Lake justru bikin kita selalu terkejut dengan tiap adegan di "setiap hari" yang berjalan mundur ini. Penonton jadi punya kesan "oh, gitu ternyata" setiap memasuki hari yang berbeda. Sampai pada akhirnya, ane sendiri terkejut dengan twist di akhir film yang akhirnya bisa menjelaskan segala hal yang terjadi di hari-hari yang berjalan mundur ini.

Twist-o-meter:


5. Get Out



Released date: 24 February 2017 (USA)
Genre: Mystery - Thriller

Mengangkat genre misteri-triller, Get Out bercerita tentang seorang pemuda berkulit hitam bernama Chris Washington yang berpacaran dengan seorang gadis berkulit putih Rose Armitage. Rose mengajak Chris untuk berkenalan dan bertemu dengan keluarganya. Mereka pun pergi ke tempat kediaman keluarga Rose. Selama berdiam di situ, Chris perlahan menemukan ada sesuatu yang janggal dengan keluarga Rose.

Review: Isu rasial emang jadi momok di negara barat sonoh. Nah, film Get Out sedikit memasukkan unsur tersebut. Yah, ga berat sih, cuma sekedar hubungan percintaan antara dua orang dengan ras yang berbeda dan tentunya hal tersebut ga biasanya terjadi. Keanehan demi keanehan yang menjadi misteri di film ini sukses bikin ane selalu penasaran. Seolah keluarga Armitage menyembunyikan sesuatu dari Chris. Sedikit demi sedikit terkuak dan boom! Twist is here! Yah, plot twist emang bukan jadi favorit ane sih, tapi setidaknya plot twist dalam Get Out tetap meninggalkan kesan setelah ane menontonnya. Eh iya, menjelang akhir sebenarnya juga ada sedikit twist, tapi ya sedikit aja, ga bikin kaget-kaget amat lah. 

Twist-o-meter:



Yak, itulah dia 5 judul film twist tahun 2017 rekomendasi dari ane. Oh iya, daftarnya ga ane sesuaikan sama urutan kehebatan unsur twist-nya ya. Jadi cukup kamu perhatikan di twist-o-meter-nya aja. Sebenarnya ada lagi sih beberapa film twist yang bagus-bagus, tapi sayangnya ada beberapa film yang sudah lama ane tonton, tapi ane lupa judulnya, hahaha. Oke deh, segini aja dulu postingan terakhir ane di tahun 2017. Semoga kita masih bisa ketemu di postingan tahun mendatang ya. Semoga juga tahun depan, ane ga males buat nulis di blog ini. Diaminin dong ah!



6 comments:

  1. Crooked House, salah satu karya terbaik Agatha Christie. Novel Crooked House ini sendiri merupakan karya favorit si Agatha Christie sendiri. Saya pecinta berat karya2 Agatha Christie, dan Crooked House udah pernah saya baca novelnya dan ketika nonton filmnya kurang puas. Mungkin bagi yg belum pernah baca novelnya film ini ga mendapat rating yg bagus bahkan yg udah baca novelnya sekalipun kurang puas.. So menurut hemat saya, karya2 Agatha Christie memang lebih dapet esensinya jika dinikmati dalam bentuk novel.
    Mungkin boleh dicoba baca novel2nya, selalu twist ending nya bikin WOW.

    Salam
    Big Fan of Agatha Christie and Movie Addict

    P.S. Nice blog, keep writing. like your blog about movie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ane ga doyan baca, ahak ahak.
      Btw, nice share! Makasih loh postingan ane diborong.

      Delete
    2. tersesat di mari gara2 browsing review film The Body

      Delete
  2. Belum pernah satu pun baca bivel agatha, dan sy pencinta twist ending, ada saran judul novel agatha mana dulu yang rekomendasi. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saya juga belum pernah baca novel beliau wkwkwk jadi ga bisa ngasih rekomendasi hehe.

      Delete
    2. Coba baca yg murder of roger ackroyd

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.