Split (2017): 23 Kepribadian Dalam Satu Raga???

Ditulis dan distrudarai oleh seorang M. Night Shyamalan, satu lagi film bergenre horror-psychological thriller hadir menambah jajaran film yang layak buat ditonton buat para pecinta film karya beliau. Wait! Layak? Yakin layak buat ditonton? Mari kita bahas sama-sama dari sudut pandang seorang reviewer amatiran macam ane.




Title: Split
Released Date: 20 January 2017 (USA)
Genre: Horror - Thriller
Running Time: 1h 57min
Writer: M. Night Shyamalan
Director: M. Night Shyamalan
Stars: James McAvoy, Anya Taylor-Joy, Haley Lu Richardson


Split berkisah tentang tiga orang cewek remaja yang diculik oleh seorang pria yang rupanya menderita penyakit multiple personalities disorder. Eh bener ga ya tuh istilahnya? Ga tanggung-tanggung, kalo biasanya paling umum tuh cuma kepribadian ganda, di film ini si penculik punya 23 kepribadian. Mampus! Nah, jadi apa sih tujuan dia nyulik cewek-cewek tadi? Ada hubungannya ga sih penculikan itu sama 23 kepribadian yang bersarang di tubuhnya?




Sosok pria bernama Kevin, yang punya penyakit kepribadian ganda, nyatanya sukses bikin ane penasaran sama Split ini. 23 kepribadian yang bersarang di dalam tubuh Kevin menjadi daya tarik tersendiri dan bikin ane bertanya-tanya, apa aja sih 23 kepribadian tersebut dan kenapa sih kok bisa ada 23 kepribadian gitu? Wuih, kalo ditotalin ada 4 pertanyaan yak yang ane ajukan sejauh ini. Well, apakah semua pertanyaan tersebut terjawab dan terselesaikan di film ini? Duh, malah nanya lagi. Oke, jawabannya adalah ada yang terjawab dan ada yang ga.




Tentang 23 kepribadian tersebut, sayangnya sih di dalam film ini ga tergambarkan semuanya tentang gimana dan siapa aja mereka. Sepanjang film berlangsung, cuma ada sekitar 5 kepribadian doang yang secara intens muncul, sebut aja Kevin (si pemilik tubuh yang asli), Patricia, Hedwig, Barry, dan Dennis. Yah, kalo dipikir-pikir sih rasanya ga mungkin banget kalo 23 kepribadian itu ditampilkan satu per satu. Dikira Shyamalan mau bikin drama Korea kali ah. Tapi dengan ga ditampilkannya ke-23 kepribadian itu tadi, tentunya bakal menimbulkan efek 'ga percaya' pada benak penonton dan untungnya sih ada adegan dimana ditemukan 23 video footage rekaman 23 kepribadian, lengkap dengan disertai namanya juga. Yah, lumayan lah ya kita jadi tau kalo 'ceritanya' emang si Kevin punya 23 kepribadian lain.

Tentang tujuan dari aksi penculikan, jujur aja ane ga nemuin jawaban yang pasti. Entahlah. Apakah ane yang kurang konsentrasi waktu nonton atau emang ga dijelasin secara gamblang di dalam film? Tapi kalo ane harus berspekulasi sih, alasan penculikan tadi adalah karena para cewek-cewek ini bakal dijadikan mangsa buat si The Beast, kepribadian ke-24 yang diklaim bakal jadi kepribadian terkuat yang bakal ngambil alih tubuh Kevin. Hmm, apakah benar gitu? Gimana menurut kamu? *malah balik nanya*




Lanjut ke jawaban untuk pertanyaan keempat, kenapa si Kevin bisa punya banyak kepribadian? Jawabannya bisa kamu dapatkan dengan cara ketik REG (spasi) .... laaahhhh, malah disuruh kirim SMS. Oke, lanjutin yang tadi, jawabannya bisa kamu dapatkan di film. Mau tau? Kamu harus tonton filmnya.

Secara keseluruhan sih ane suka sama ide ceritanya walaupun ada beberapa adegan yang bikin ane ngerasa janggal. Tapi terlepas dari itu semua, ane harus mengacungkan dua jempol untuk James McAvoy, yang harus memerankan banyak peran dan actingnya amat sangat juara lah pokoknya. Tiap kepribadian bisa dia mainin dan keliatan banget perbedaan tiap-tiap kepribadian. Salut! Untuk sekelas film garapan M. Night Shyamalan sih, ane ga bisa bilang ini jadi film yang masuk ranking teratas dari film-film yang dia garap. Yah, bukan yang terbaik yang bisa dia kasih di film ini, menurut ane yak, hehe.

Untuk menutup postingan tentang Split, ane menyarankan kamu untuk menonton film berjudul Unbreakable. Film ini garapannya om Shyamalan juga kok. Kalo kamu udah pernah nonton, ane juga menyarankan buat nonton ulang. Alasannya? Yaaaahhhh, pokoknya turutin aja deh saran ane. Idiiiihhhhh, maksa!


Rating versi ane:
Worth to watch? Ya dong ah, yah walaupun
ada sedikit kejanggalan sih haha.




7 comments:

  1. Dulu gw demen ama sutradara ini...suka bikin twist ending yg bagus...tp entah knapa...setelah gw kenal film spanyol macam the body atau invisible guest...kok m night shyamalan jadi kesannya "ga ada apa2nya"...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener juga sih, kebanting banget mamang shyamalan

      Delete
    2. Yg bikin enak film kayak the body tuh bisa menjaga tempo pengisahan.mata kudu mencerna tiap kata.mau ke toilet aja kudu di pause dulu...hahaha.
      Eh...request review film fracture dong...hehe

      Delete
    3. Iya tuh, lengah dikit aja langsung buyar deh.

      Boleh boleh, masuk wishlist dulu yak.

      Delete
    4. Baru beres nonton film perancis..tell no one...not bad.walo ga segreget the body.pernah nonton?
      Request lagu i'm alive punya helloween ntar kalo manggung...upss jangan beda genre...hahahaha...bisa disuruh turun...

      Delete
    5. Blm pernah nonton sih. Hmm banyak pr nih.

      Hahaha bandnya lg hiatus masbro.

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.