eXistenZ (1999): Are We Still in The Game?

Hulla! Akhirnya kali ini ane bisa balik lagi buat nulis di blog ini. Selamat tahun baru 2017. Udah lamaaaa banget ane ga nulis di blog ini. Ada yang kangen? Duh, ga ada yak. Hiks *nangis di pojokan* Maaf banget udah lama ga update ini blog. Maklum aja ane lagi sibuk banget buat nyari nafkah untuk menghidupi anak dan istri, jadinya ga ada waktu buat sekedar nulis postingan ga jelas di blog ini.

Oke deh, udah cukup yak basa-basinya. Sekarang kita langsung masuk aja ke topik utama. Kali ini ane pengen ngebahas tentang film. Yap, lagi-lagi ane harus nulis review film dan tentunya review yang ane tulis ini ga jelas banget isinya. So, kalo kamu baru pertama kali mampir dan baca postingan di blog ane, siap-siap aja untuk dicekokin bacaan yang isinya ga jelas sampe-sampe kamu bingung sama apa yang kamu baca barusan. Nah lo, malah lanjut lagi basa-basinya. Yo wes, ini dia review ga jelas dari ane tentang film yang berjudul eXistenZ yang dirilis pada tahun 1999 silam.




Title: eXistenZ
Released Date: 23 April 1999 (USA)
Running Time: 97 mins
Genre: Action - Sci-Fi
Director: David Cronenberg
Writer: David Cronenberg
Stars: jennifer Jason Leigh, Jude Law, Ian Holm



Berkisah tentang seorang wanita bernama Allegra Geller, seorang pembuat game dan game tersebut bernama eXistenZ. Game yang dibuat oleh Allegra sangat fenomenal dan diidam-idamkan juga sama para gamer. Saking fenomenalnya, Allegra sampe harus jadi target untuk dibunuh gara-gara game yang dia ciptakan. Pada hari dimana Allegra meluncurkan game-nya tersebut, kekacauan terjadi karena ada seseorang yang berusaha membunuhnya. Untungnya dia berhasil selamat karena dibantu salah satu anak magang di perusahaan game-nya Allegra, yang bernama Ted Pikul. Pasca tragedi usaha pembunuhan itu tadi, Allegra khawatir game buatannya itu rusak atau bermasalah. Supaya tau nasib si game, Allegra bareng sama Ted Pikul memainkan game tersebut. Bagaimana dan apa aja sih yang mereka alami selama film berlangsung? Penasaran? Harus!

Satu hal yang jadi daya tarik dari film eXistenZ buat ane pribadi adalah seperti biasa, apalagi kalau bukan karena unsur mindfuck dalam film ini. Kamu ingat film Inception? Karya fenomenal dari Christoper Nolan tersebut, dimana ada mimpi di dalam mimpi? Nah, formula yang sama ternyata udah disematkan duluan oleh eXistenZ. Ada game di dalam game. Si pemain akan bermain game tersebut dan di dalam game tersebut, mereka juga akan bermain game dengan alur cerita game yang berbeda. Nah, nanti disitu mereka juga bakalan main game lagi. Setelah bermain di dalam gamenya game tadi, mereka bakal main lagi di dalam game yang tadi. Hmm, pusing yak? Yap, itulah yang kamu dapatkan dari eXistenZ. Ga salah kalo kamu bakal kebingungan tentang apakah mereka masih ada di dalam dunia game atau udah balik ke dunia nyata. So, ga heran kalo di akhir film ada salah satu pemainnya yang ngomong, “Are we still in the game?” Ups, SPOILER!!! Hahaha *evil laugh*


Konsol game yang aneh!


Selain karena hal itu tadi, hal mindfuck lainnya adalah terlihat dari game ciptaan si neng Allegra. Bentuk konsol gamenya ini aneh banget. Bisa gerak-gerak gitu pula. Katanya sih dibuat dari organ hewan gitu lah. Cara memainkan game ini pun aneh dan bikin kamu pengen bilang “dafuq!!!”. Aneh, tapi yah namanya juga film. Imajinasi tergila pun bisa dimaklumi.


Port gamenya pun... Ah sudahlah... 

Mari kita masuk ke kesimpulan akhir. Intinya sih, film ini ane anjurkan hanya untuk para pecinta film mindfuck yang justru demen ketika harus terbingung-bingung di akhir film. Dengan ending yang ngambang dan plot yang muter-muter, tentunya para penikmat film-film mainstream ga cocok banget buat nonton eXistenZ.

Oke deh, itu aja review film ga jelas dari ane. Semoga buat kamu yang ingin mencari titik terang dari film eXistenZ, bisa tercerahkan. Tetap dukung ane terus buat nulis di blog ini dengan cara ketik REG (spasi) SELVI kirim ke 1234. Halaaaahhhhh, ngomong apa sih.



Rating Versi Ane:
Worth to watch? Baca kesimpulan di atas yak!


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.