Pee Mak Phra Khanong: All in One

Pee Mak Phra Khanong, ribet banget nulisnya, adalah film horor komedi dari Thailand. Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang film ini, apakah kalian ingat dengan gambar di bawah ini?




Ingat ga? Ga kenal? Masa? Ya udah, gambar yang ini deh.




Sudah ingat? Ingatan kamu agak burem? Oke deh, ane kasih tau deh biar cepet. Kedua gambar tadi adalah si empat sekawan yang hadir dalam film 4bia dan Phobia 2. Empat sekawan ini emang bener-bener jago banget bikin atmosfir film horor jadi agak konyol pake banget. Kamu ga ketawa terpingkal-pingkal waktu nonton aksi mereka? Kalo kamu ga ketawa, berarti you have already lost your sense of humor atau kalo kata Squidward mah kotak tertawamu sudah rusak. Tapi bagi kamu yang ketawa liat aksi kocak mereka sampe guling-guling, mungkin inilah saatnya buat kamu untuk liat aksi konyol mereka sekali lagi.





Dalam film Pee Mak Phra Khanong, Shin, Puak, Ter, dan Aey bakal memuaskan hasrat tertawa kamu. Kalo di film yang sebelumnya mereka cuma hadir selama kurang lebih 30 menit doang, kali ini kamu bisa ditemani sama mereka selama satu film penuh. Hebat ga tuh? Hebat banget dong ah.

Film ini menceritakan seorang pria bernama Pee Mak, yang diperankan oleh si tampan Mario Maurer, yang ikut berperang dan terpaksa harus meninggalkan sang istri yang sedang mengandung. Pee Mak beserta empat temannya, yaitu Shin, Puak, Ter, dan Aey, berperang dan bertekad untuk bisa memenangkan perang tersebut dan bisa pulang dengan selamat. Akhirnya mereka pun bisa selamat dan pulang. Tapi ada hal yang ga diketahui oleh Pee Mak, bahwa ternyata Nak, istri Pee Mak, meninggal dunia karena mengalami pendarahan. Arwah Nak gentayangan dan menghantui warga desa. Ya wajar aja lah, dia kan mati penasaran gitu. Penasaran nungguin lakinya, bakal pulang dengan selamat atau kagak. Sesampainya mereka di desa setelah berhasil selamat dari perang, Pee Mak ngajak temen-temennya untuk tinggal dulu di desa si Pee Mak. Pas nyampe di rumahnya, Pee Mak dan kawan-kawan disambut oleh Nak. Hah? Kok bisa? Bingung kan? Makanya nonton kalo mau tau.





Film ini pake alur cerita yang bisa dibilang pake banyak banget unsur twist di dalamnya. Yah, kamu tau lah, kalo film yang dibintangi si empat sekawan dari film 4bia ini selalu ada aja unsur twistnya dan hal itulah yang bikin film-film yang mereka bintangi selalu menjadi daya tarik tersendiri. Dalam film ini kamu bisa dapat banyak hal. Horor? Komedi? Romantis? Semuanya ada!

Komedi


Adegan komedi di film ini? BANYAAAAAK! Tapi yang paling ngena itu waktu si empat sekawan mau pulang dari rumah Pee Mak dan mereka udah naik ke atas perahu, tapi Nak malah nyamperin mereka. Waktu mereka mendayung perahu, mereka malah muter-muter gitu. Ah, kocak abis. "Ga lucu ah!", mungkin gitu kata kamu. Makanya nonton. Jangan cuma baca aja.




Romantis


Kok malah ada adegan romantis sih? Yah gimana sih kamu. Ketahuan nih ga nyimak. Ini kan ceritanya tentang pasangan suami-isteri gitu, masa iya suami-isteri ga romantis sih. Oh iya, kembali ke topik utama. Adegan romantis yang paling ngena di hati dan pengen bilang, "ah so sweet" itu pas adegan Pee Mak dan Nak naik komedi putar. Percakapan mereka di situ bener-bener romantis abis.




Horror


Adegan horor yang menurut ane paling ngena itu pas Nak nungguin Pee Mak di pinggir sungai sambil menggendong anaknya. Sambil nungguin Pee Mak, Nak manggil-manggil nama suaminya itu dengan suara yang agak lirih menyayat hati gitu lah. "Pee Mak... Pee Maaaak..." Warga desa takut banget kalo udah senja gitu, soalnya ya itu tadi, arwah Nak gentayangan.



Film ini sebenarnya adalah sebuah film plesetan dari film yang berjudul Nang Nak. For your information aja nih ya, buat yang belum tau khususnya, Nang Nak atau Mae Nak Phra Khanong ini adalah sebuah urban legend yang ada di Thailand. Coba aja deh kamu nonton film versi serius dari Pee Mak Phra Khanong ini, ada banyak kok film yang mengadaptasi kisah legenda tentang Nak ini. Biar lebih dapet gitu loh sensasi horornya.

Overall, menurut ane sih film ini lebih mengarah ke unsur komedi dan unsur horornya justru cuma jadi pemanis. Kalo menurut kamu gimana?


Rating versi ane:
Worth to watch? It's a must!


 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.