Review Film: K-Pax (2001)

Percaya ga sih kalo alien itu bener-bener ada? Atau percayakah kamu kalo ada kehidupan lain di luar sana selain di bumi? Jawabannya sih pasti ada yang percaya dan ada yang ga, ya kan? Iya dong. Kenapa diawal ngomongin alien sih , Vi? Hmm, pertanyaan yang sangat bagus. Kali ini ane bakal ngereview tentang sebuah film yang berjudul K-Pax. Ada yang udah pernah nonton? Udah? Ngapain kamu baca postingan blog ane kalo udah nonton. Sana, cuci baju kamu, numpuk tuh. Bagi yang belum nonton juga ngapain kamu baca postingan blog ane? Sana, cuci piring, habis makan kok piringnya ga dicuci. Eh, sebentar. Kalo yang udah nonton dan belum nonton ga boleh baca ini ane punya postingan, kagak ada yang baca dong. Ya udah, eh sini-sini kamu semuanya, nyucinya nanti aja. Lanjutin aja ya bacanya. Maaf tadi ane lagi khilaf.





K-Pax adalah sebuah film sci-fi yang diproduksi pada tahun 2001 ini menceritakan tentang seorang pria bernama Prot yang diperankan oleh Kevin Spacey, yang mengaku berasal dari planet bernama K-Pax. Atas pengakuannya itu, dia pun dikirimkan ke Psychiatric Institute of Manhattan alias rumah sakit jiwa. Dia pun ditangani oleh seorang psikiater yang bernama Dr. Mark Powell, yang diperankan oleh Jeff Bridges. Si psikiater ini berusaha untuk menyembuhkan Prot dari delusi yang dia alami. Sepanjang film kita disuguhkan cerita mengenai hubungan sang psikiater dengan pasiennya. Banyak banget hal-hal yang ga masuk akal yang mungkin ga akan dipercayai oleh orang awam tentang kebenaran yang diceritakan oleh Prot tentang planet bernama K-Pax, tempat dimana (katanya) dia tinggal. Antara percaya dan ga percaya, sampe-sampe si psikiater ini ngajakin Prot untuk ketemu sama para ilmuwan gitu untuk ngasih gambaran tentang planet K-Pax. Sampai suatu ketika, si psikiater ngajakin Prot untuk main ke rumahnya. Anak perempuan si psikiater ngajak Prot buat main ayunan dan datanglah anak-anak yang lain pengen main air gitu. Dinyalakanlah air pancuran, itu loh yang dipake buat nyiram rumput di pekarangan rumah itu, tau kan ya? Nah, pas itu dinyalain, si Prot langsung histeris, menjerit ketakutan. Lalu dari kejadian itu si psikiater pun mikir keras dan percaya bahwa ada sesuatu yang pernah terjadi di kehidupan Prot yang lalu yang berkaitan dengan air yang membuatnya punya kelainan jiwa.

Itu dia cerita singkat yang ada di film K-Pax. Tapi. sebenarnya yang menarik dari film ini adalah tentang ending atau akhir ceritanya. Dari awal sampai akhir cerita, sebenarnya kita itu udah dibingungkan dengan pertanyaan bahwa apakah Prot ini benar-benar makhluk luar angkasa? Apakah planet bernama K-Pax itu benar-benar ada? Apakah Prot ini gila?

Untuk menjawab pertanyaan itu, disini ane hadir buat kamu semua untuk menjabarkan beberapa asumsi yang bisa kita kaitkan satu sama lain untuk mendapatkan kesatuan jawaban yang utuh. Asik bener dah kata-katanya. Oke deh, langsung aja kalo gitu kita bahas sama-sama.


Poin 1


Bahwa K-Pax itu benar-benar ada pun sulit untuk dibuktikan karena pada kenyataannya planet bernama K-Pax belum pernah terbukti ada, namun segala hal penjelasan dari Prot itu masuk akal. Segala macam istilah yang berhubungan tentang planet dan antek-anteknya itu pun terbukti memang benar. Maksud ane adalah tentang berbagai istilah meta dan geofisikanya yang diungkapkan Prot itu lo emang bener, ga dibuat-buat. Makanya pas Dr. Powell ngajakin dia ketemu sama ilmuwan itu, ilmuwannya rada speachless setelah dengar penjelasan Prot. Efeknya mereka juga jadi percaya ga percaya gitu deh. Tapi, salah satu ilmuwan bilang gini, "bisa aja pasien kamu itu (Prot) dulunya adalah seseorang yang ber-IQ tinggi alias pintar". Ya kurang lebih gitu lah kata si bapak. Hmm, mulai keliatan ya jawabannya.


Poin 2


Seperti yang ane tuliskan di sinopsis, pada saat Prot diundang ke rumah Dr. Powell, Prot menjerit histeris ketika air pancuran dinyalakan dan kemudian bertingkah tenang, seolah-olah ga terjadi apa-apa pada saat airnya dimatikan. Dari situ Dr. Powell mulai mencari berita-berita yang berkaitan tentang hal tersebut dan dia juga punya ide untuk melakukan hipnosis. Dari hipnosis inilah perlahan-lahan terungkap fakta-fakta mengejutkan.


Poin 3


Berikutnya, selama di rumah sakit jiwa ini Prot semakin banyak melakukan 'keajaiban' kepada orang-orang di rumah sakit jiwa itu dan dari situ perlahan Prot jjadi makin populer gitu deh. Dia juga suka ditanya-tanyain sama pasien yang lain tentang planet K-Pax . Nah, sampai suatu ketika dia bilang ke salah satu pasien bahwa dia bisa ngajakin mereka ke K-Pax tapiiiiii cuma untuk satu orang yang beruntung. Mendekati akhir film, dikisahkan satu orang pasien bernama Bess yang menjadi orang yang beruntung itu.

Ending film ini bisa dikategorikan sebagai open ending. 

Apa itu open ending?

Sebenarnya kalo kamu mau tau sih bisa aja obrak abrik di gugel ya. Tapi biar gampang bakal ane kasih tau sedikit pengertian tentang open ending. Kalo kita artikan per kata, open = buka dan ending = akhir. Kesimpulannya, open ending itu adalah akhir cerita yang terbuka, terbuka itu maksudnya penonton bisa menafsirkan sendiri bagaimana endingnya, karena si pembuat filmnya ga ngasih ending cerita yang jelas. Ya bisa dibilang kita sebagai penonton itu di 'gantung' gitu lah. Kamu pikir cuma gebetan doang yang jago ngegantung hubungan? Sutradara film uga bisa loh. So, udah ngerti kan ya?

Nah, maka dari itu dari tiga poin yang ane bahas itu tadi ya kamu simpulkan aja deh gimana endingnya. Setiap orang yang nonton film ini pasti punya pertanyaan yang sama, Prot itu alien atau dia cuma gila? Hmm, bingung ya? Sama! Oke, dari tiga poin tadi sebenarnya semua bisa mengarah kepada dua hal, lagi-lagi tentang apakah si Prot itu gila atau emang dia alien. Untuk menjawab itu, disini ane bagi lagi jawabannya menjadi dua jawaban yang kita kaitkan dengan tiga poin di atas tadi. Capcus~


Jawaban 1: Prot itu gila


Kalo kamu yakin bahwa ending film ini menegaskan bahwa sebenarnya Prot itu gila maka poin 1 dan poin 2 adalah penjelasan yang masuk akal yang untuk menguatkan pilihan kamu. Tapi sekarang pertanyaanya, kalo emang Prot itu gila dan dia itu depresi pasca kematian anak dan istrinya, kenapa Bess bisa menghilang dan ga bisa ditemukan? Hayooo~


Jawaban 2: Prot emang alien kok


Kalo kamu mengira bahwa Prot itu alien, fakta tentang menghilangnya Bess (poin 3) --yang kita asumsikan dia hilang karena dia pergi ke K-Pax-- bisa menjadi detail pendukung atas pernyataan bahwa dia adalah alien. Tapi sekarang pertanyaannya adalah kenapa tubuh Prot masih ada? Hayoooo~


Itulah clue-clue tentang ending dari film ini. Membingungkan ya? Banget. Tapi walaupun gitu, ini adalah salah satu film yang waib masuk dalam playlist kamu. Jadi kesimpulannya, ini film endingnya bikin bingung dan suka-suka kamu lah mau berasumsi kayak gimana. Kalo gitu ane pamit undur diri dulu ye. Adios!


Rating versi ane:
 Worth to watch? Yes! Yes! Yes!


 

4 comments:

  1. Review film ini bener2 bikin aku jadi pnasaran pengen nonton. Keren kak reviewnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo ditonton :)
      dijamin ga bakal nyesel kok

      Delete
  2. Prot bilang, saat dia ke bumi dia jd manusia saat ke KPax dia jadi kpaxian artinya prot itu merasuk pada inang

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.