Remake vs Original: Oldboy (2013 vs 2003)

Doyan korea-korean? Dulu sih ane anti banget sama yang namanya korea-korean. Tapi perlahan-lahan ane jadi demen. Eits, bukan karena boyband atau girlbandnya tapi justru karena produksi filmnya. Yap! Kalo soal film drama atau rom-com, Korea bisa dibilang ga boleh dipandang sebelah mata. Tapi asal kamu tahu aja nih ya, produksi film bergenre thriller pun ga kalah kerennya kalo dibandingin sama produksi dari Hollywood. Salah satu film Korea bergenre thriller yang ane demen adalah yang berjudul Oldboy.

Film ini memiliki alur cerita yang ga biasa dengan ending cerita yang super duper kampret banget. Saking kampretnya, film yang dirilis pada tahun 2003 ini menggugah Hollywood untuk membuat film versi remakenya. Is it better or even worst? Let's find out!

Pertama-tama mari kita memanjatkan puji dan syukur ke hadi.... Lha, ini kok jadi ngelantur gini yak. Oke, berhubung ini adalah film original dan remake, otomatis kedua film ini punya persamaan dan perbedaan. Hmm, enaknya bahas persamaan atau perbedaan dulu yak? Jeng-jeng-jeng~~ Traktatatakdungdes~~ Kita bahas semuanya satu per satu.




Dari segi persamaannya, Oldboy versi 2003 dan versi 2013 masih memiliki alur kisah yang sama yaitu si tokoh utama yang entah kenapa dan bagaimana, tiba-tiba diculik dan dikurung di dalam penjara yang entah kenapa dan bagaimana aneh dan tak seperti penjara biasanya. Setelah beberapa tahun kemudian dia dibebaskan begitu saja tanpa alasan yang jelas dan dengan cara yang entah kenapa dan bagaimana begitu aneh. Setelah dibebaskan, si tokoh utama ini pun punya satu tujuan, yaitu mencari tau alasan kenapa dia dibebaskan dan mencari tau siapa orang yang bertanggung jawab atas kejadian yang menimpa dirinya.




Untuk masalah perbedaan, pastinya kedua film ini punya banyak perbedaan. Yah, namanya juga remake. Pasti ada beberapa part yang diubah untuk memberikan perbedaan dengan versi aslinya namun masih mempertahankan bagian-bagian yang sangat penting dari versi aslinya. Misalkan, dari alur cerita keduanya memiliki inti cerita yang ga jauh berbeda dan tentunya satu hal terpenting yang masih tetap dipertahankan oleh film Oldboy ini adalah sebuah ending yang sangat mengejutkan. Yap, si ending yang terdapat pada versi original tetap dipertahankan si remake meskipun agak sedikit dipoles supaya "beda" dengan versi original.




Tapi sayangnya, bagi kamu yang sudah pernah nonton versi original alias versi Korea-nya, film besutan Hollywood ini ga cukup layak untuk masuk dalam daftar film yang harus kamu tonton. Yap, karena kamu sudah tau bagaimana mengejutkannya si ending tersebut dan rasanya agak janggal kalo kamu harus "berpura-pura" supaya kamu bisa terkejut ketika kamu nonton versi Hollywood. Begitu juga halnya ketika kamu sudah nonton versi Hollywood duluan. Waktu nonton versi Korea, kamu tetap sulit untuk terkejut walaupun sebenarnya ada nilai lebih dari versi aslinya tersebut yang ga kamu dapatkan dari versi remake.

So, buat kamu yang sama sekali belum pernah untuk nonton film ini lebih baik kamu nonton versi aslinya dulu deh ya. Supaya apa? Supaya greget!


4 comments:

  1. udah pernah nonton montage korea..
    n bollywood juga ngeremake dgn judul Te3n, di tunggu ulasannya heheh :D

    ReplyDelete
  2. Harus diakui bagus yg Oldboy 2003

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, saking bagusnya makanya sampe dibikin remakenya walaupun ga sebagus aslinya sih yak

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.