Jigsaw (2017): Hit or Miss?

John Kramer. Jigsaw. Trap. Game over.

Yak, di atas adalah kata kunci untuk film yang akan kita bahas. Dengan penuh harap, semenjak sekuelnya yang dirilis tahun 2010 silam, akhirnya setelah 7 tahun berlalu sekuel dari Saw yang ke delapan rilis juga dengan judul Jigsaw. Bagaimana kah kisahnya?


Title: Jigsaw
Released Date: 27 October 2017 (USA)
Genre: Crime - Horror - Mystery
Running Times: 92 minutes
Directors: Michael Spierig, Peter Spierig
Writers: Pete Goldfinger, Josh Stolberg
Stars: Matt Passmore, Tobin Bell, Callum Keith Rennie


Dikisahkan 10 tahun sejak meninggalnya John Kramer alias Jigsaw, teror permainan yang biasanya dibuat oleh sang Jigsaw muncul kembali. Dibuka dengan adegan seorang pria bernama Edgar yang dikejar oleh para polisi dan dia memegang sebuah remote. Edgar meminta agar detektif Holloran segera datang, karena jika tidak, akan ada 5 orang yang meninggal. Korban permainan Jigsaw pun bertebaran dan Halloran sebagai sang detektif pun menyelidiki kasus ini. Semua orang tau kalo John Kramer sudah meninggal 10 tahun yang lalu, nah terus siapa dong yang membuat permainan ini? Apakah ada lagi penerus Jigsaw yang lain?


Excited? Pasti! Harapan ane lebih ke permainan alias trap yang disajikan. Penasaran aja sih sama apa aja trapnya karena ane juga lumayan kangen sama macam-macam trap ala Jigsaw. Yah, bener aja sih, Jigsaw pastinya penuh trap yang bikin uuuhhhhh. Dan kali ini para korban Jigsaw adalah orang-orang yang sudah melakukan kesalahan dan cuma mereka yang tau hal itu dan melalui permainan ini mereka akan mengakui dan menebus kesalahan mereka tersebut.




Saw franchise. Hmm, sejak Saw 3D sih sebenarnya ane sudah menganggap kalo seri yang ke tujuh itu udah jadi seri final dari franchise ini. Pendapat pribadi ane aja nih ya, ane ngerasa kalo Saw 3D tuh udah pas dan tepat banget untuk jadi seri penutup dari Saw franchise, dan ane ga ngarepin apa-apa lagi. Secara di Saw 3D rasanya semua storyline-nya udah nyatu banget dari Saw yang pertama sampe yang ke tujuh. Yah bisa dibilang kalo nonton dari Saw 1-7 tuh semua ceritanya udah jadi kesatuan yang utuh. Njir, bahasanya hahaha. Nah alhasil, ketika Jigsaw akhirnya rilis, ane ga begitu mengharapkan sebuah storyline yang meyakinkan. Karena ya buat ane, Jigsaw seolah cuma bakal jadi film money-maker doang.




Jigsaw bisa dibilang cuma film ‘peniru’ aja, sama kayak tokoh yang jadi Jigsaw di film ini. ‘Peniru’ yang ane maksud adalah dalam artian bahwa Jigsaw bukan sebuah film yang memang diwariskan dan diturunkan oleh seri-seri sebelumnya. Alhasil, nonton Jigsaw tuh kayak nonton hmmm Jigsaw, bukan Saw franchise. Paham ga maksud ane? Hahaha, semoga paham lah ya. Yah sama kayak storyline dalam film ini. Si pelaku yang rupanya adalah korban yang selamat dari salah satu permainan John Kramer 10 tahun yang lalu, cuma menirukan gaya permainan yang dulunya pernah dia mainkan. Jadi si pelaku ini ga secara langsung jadi ‘penerus’ John Kramer, kayak penerus-penerusnya di seri Saw terdahulu. Mungkin ini juga yang jadi alasan kenapa judulnya bukan Saw 8 kali yak, hahaha, unfaedah banget teorinya.




Yah, seperti biasanya, John Kramer sudah meninggal, pertanyaannya pasti siapa nih pelakunya. Jigsaw selamat karena menyediakan twist tentang siapa sang pelaku dan apa alasannya. Hal ini yang bikin ane ga kecewa-kecewa amat lah sama keseluruhan filmnya. Karena ya kayak yang udah ane bahas di atas, ane ga ngarepin apa-apa dari storylinenya. Jelek sih ga, cuma kurang greget aja jadinya. Tapi kalo ditanya soal trap-nya, untungnya sih ane ga kecewa.


Intinya adalah Jigsaw bisa jadi salah satu film yang cukup layak ditonton oleh para pecinta film slasher/gore karena trap yang disajikan cukup memanjakan mata lah ya hahaha. Untuk storyline, memang mengecewakan buat ane pribadi sih, apalagi ane emang demen dan ngikutin banget cerita dari saw franchise. Gimana kalo menurut kamu yang udah nonton? Hit? Or miss? Yuk ah share pendapat kamu di kolom komentar tentang film ini. Kalo mau ya, kalo ga mau juga ga papa sih.


Rating versi ane:
Worth to watch? Hmm, ga jelek tapi ga bagus juga.



No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.