V Talks About: Metalhead

Bisa dibilang ane adalah salah satu dari jutaan umat manusia yang menyukai, mengagumi, menikmati, dan mencintai musik keras. Metalhead? Ane sih ga bisa mengkategorikan diri ane sebagai metalhead, karena kalo dibandingin sama temen-temen yang memang metalhead, kayaknya ane ga ada apa-apanya. Bukannya minder, tapi ane emang ngerasa kalo ane masih anak bawang. Dari segi pengetahuan pun ane masih sangat kurang dan belum tau banyak. Kadang ane suka malu sendiri waktu ditanya, "kamu tau ga band *isi dengan nama band* ?" dan ane cuma bisa bilang, "ga tau." Sebenarnya ga ada alasan untuk malu ataupun minder sih ya. Karena yang namanya seni, apalagi musik, pasti akan selalu berkembang dan makin hari, makin banyak aja anak-anak muda yang mencoba mengembangkan kreatifitas dan kemampuan bermusik mereka dengan membentuk sebuah band. Alhasil, makin banyak pula band-band baru yang bermunculan.

Kepala logam?

Pada dasarnya, bagi ane pribadi, ane menilai bahwa metalhead itu hanyalah sebuah nama atau sebutan bagi orang-orang yang menyukai dan menikmati musik keras, khususnya metal. Apakah layak seseorang itu disebut sebagai metalhead atau ga, bukan tergantung dari seberapa besar pengetahuanmu tentang genre, band, atau lagu metal, bukan tergantung dari seberapa banyak kaos band metal yang kamu punya, bukan tergantung dari seberapa banyak lagu metal hasil download ilegal yang kamu simpan di hape kamu, dan juga bukan tergantung dari seberapa banyak logam yang kamu tanam di kepala kamu. Oke, pernyataan yang terakhir itu memang agak sedikit ngeyel. Kalo kelayakan seseorang disebut sebagai metalhead itu harus diuji terlebih dahulu, hahahahaha lucu aja ya jadinya. Coba bayangkan. Di setiap daerah setiap tahunnya ada yang namanya Uji Kelayakan Metalhead dan di hari-hari tertentu akan diadakan ujian tertulis. Misalnya aja pertanyaannya,

"Pada tahun berapakah Suffocation dibentuk?"

"Sebutkan seluruh judul album Children Of Bodom beserta seluruh daftar judul lagu ditiap albumnya!"

Ga kebayang ya kalo memang ada yang kayak begituan. Tapi, kalo kamu punya ide untuk merealisasikan ide gila ane ini, ya silahkan aja. Walaupun agak aneh aja sih kalo sampe ada beneran yang kayak beginian.

Pada hari Sabtu yang lalu, di daerah ane ada gigs yang diberi nama Palangka Ekspres: Spirit of Freedom. Waktu itu ane berdiri ga jauh dari panggung. Berdiri sendirian karena tak ada yang mau menemani. Ga berapa lama, ada seorang cewek di dekat ane dan mulai menyapa ane. Kita pun kenalan dan dia melempar sebuah pertanyaan yang bikin ane agak sedikit bingung menjawabnya.

"anak metal atau hardcore?"

Ane cuma bisa jawab gini:

"metal atau hardcore sama aja, yang jelas sama-sama keras."

Entah jawaban ane itu masuk akal atau ga dan entah apa yang ada dipikiran cewek itu waktu dengar jawaban ane. Ane ngasih jawaban kayak gitu karena ane suka  musik metal dan hardcore, kedua jenis musik itupun sama-sama tergolong musik keras, walaupun ya lebih dominan kiblat ane ke metal sih. So, what do you think about my answer?

Musik keras itu bagi ane adalah sebuah kehidupan yang menyuguhkan cara hidup yang berbeda dan ga biasa. Ketika di kehidupan nyata kamu terkurung dengan pemikiran-pemikiran dangkal, terkekang oleh aturan-aturan, tersesat oleh tipu daya para pemimpin-pemimpin yang penuh dengan omong kosong, di dalam musik keras inilah kamu bisa menyuarakan apa yang menjadi kekhawatiran kamu, uneg-uneg kamu, aspirasi, pendapat, maupun opini kamu. Kamu bebas mengekspresikan dan meneriakkannya dengan lantang. Ga ada aturan yang mengikat. Selama kamu bisa saling menghargai dan menghormati sesama pecinta musik keras, semua bakal aman-aman aja. Dan biasanya sih, pecinta musik keras ini solidaritasnya tinggi banget, menurut ane loh ya.

Jadi, apa sih metalhead itu? Intinya sih itu hanyalah sebuah sebutan. Ga ada hal-hal krusial yang menentukan layak atau tidaknya seseorang disebut sebagai metalhead. Selama kamu menikmati musik keras dan menghargainya, ane rasa kamu sudah bisa disebut sebagai seorang metalhead. Dulu ane emang minder dan malu gara-gara merasa pengetahuan ane tentang metal itu agak kurang. Jangan dicontoh ya! Itu hanyalah sebuah pemikiran ane yang dangkal. Tapi alangkah baiknya kalo kamu menyukai musik keras bukan karena cuma ikut-ikutan doang gara-gara pengen dibilang keren. Poser itu sih!

Setelah nulis panjang lebar dan omongannya ngelantur kesana kemari, ane cuma mau bilang kalo metalhead itu ya metalhead. Bingung kan? Sama, bray!

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.