5 Film Thriller Klasik Yang Seharusnya Sih Udah Pernah Kamu Tonton


Lagi-lagi ane hadir dengan sebuah postingan bertemakan FILM. Yah, ane emang bukan seorang movie maniac sih, tapi bisa dibilang nonton film itu adalah hobi utama ane. Ngomongin soal genre favorit, film-film thriller adalah salah satunya. Mungkin karena ane doyan sesuatu yang misterius kali ya, jadinya bikin penasaran gitu. Kadang jadi sedih gitu kalo soal nonton film bergenre thriller. Kenapa? Karena temen-temen ane ga doyan. Jadinya ane ga punya temen buat diskusi atau buat diajak nonton bareng. Yah doyan sih, asalkan film tersebut adalah film blockbuster. Mungkin karena mereka anaknya selalu ngikutin trend kali yak. Duh, semoga ane ga salah ngomong deh. Bahaya nih kalo mereka baca terus tersinggung. Lha, kok jadinya malah curhat.


Jadi, postingan kali ini bakal ngebahas soal apa sih? Naaah, sebenarnya postingan ini ane dedikasikan untuk kamu-kamu semua yang doyan film Thriller. Seperti yang bisa kamu lihat di judulnya, kali ini ane bakal membagikan deretan film-film thriller yang seharusnya sih udah pernah kamu tonton, itu sih kalo kamu ngaku sebagai pecinta film thriller. Kalo ga ngaku atau bahkan ga doyan sih ya kamu pasti belum pernah nonton film ini. Terlepas dari genrenya, ane memberikan batasan film dimana film-film yang ane sebutkan kali ini merupakan film-film thriller klasik atau kamu kenal istilah ini dengan sebutan jadul. Yah, film-film yang diproduksi kisaran tahun 50an sampe awal tahun 90an gitu lah. Penasaran?


1. Psycho (1960)



Sinopsis: Menceritakan tentang seorang wanita yang nyuri duit kantornya. Kabur deh dia. Dalam perjalanannya untuk kabur, dia singgah di sebuah motel dimana di motel tersebut hanya ada seorang pria muda dan sang ibu. Di motel inilah kejadian tak terduga harus terjadi dan menimpa si wanita.

Review: Film ini masih berbalut nuansa hitam-putih yang semakin memberikan aksen "klasik" yang kental. Di tangan seorang sutradara bernama Alfred Hitchcock film Psycho ini sukses jadi satu film yang ane anggap sebagai film suspense-thriller terbaik. Ngomongin soal film Psycho, tentunya ga lupa sama adegan pembunuhan di kamar mandi dengan iringan latar belakang musik yang memorable banget. Oh iya, jangan lupa sama endingnya yang super twist itu. Mungkin ane bakal ngasih sejuta kekaguman sama film ini seandainya ane nonton film ini saat film ini pertama kali rilis. Karena emang endingnya tuh bener-bener ga bisa diduga. Hmm, selvi lebay!!! Eh, kamu belum pernah nonton film ini? Kasian!


2. Vertigo (1958)



Sinopsis: Tentang seorang detektif yang menderita acrophobia alias ketakutan terhadap ketinggian. Suatu hari, seorang temannya meminta bantuan ke dia untuk menyelidiki istrinya yang katanya sih agak mencurigakan gitu. Selama proses menyelidiki dan memata-matai ini, si detektif perlahan jadi jatuh cinta sama istri temannya tersebut. Hmm, istri teman kok diembat juga. Ckckckck.

Review: Lagi-lagi sebuah film hasil buah tangan Alfred Hitchcock. Keunikan film thriller berjudul Vertigo ini ada saat dimana si detektif memata-matai si istri temannya. Daaaan, lagi-lagi di ending film kita dapat sebuah kejutan yang tak terduga. Film ini dirilis 2 tahun sebelum Psycho, tapi uniknya film ini malah justru udah berwarna. Lha terus, kok Psycho masih hitam-putih? Mau tau jawabannya? Silahkan kamu tanya pada opa Alfred karena dia yang bikin film ini, bukan ane.


3. Les Diaboliques (1955)



Sinopsis: Seorang istri yang mempunyai suami yang cukup kejam. Dia pun ga tahan, akhirnya bersama temannya, mereka membuat rencana untuk membunuh si suami. Rencana tersebut terlaksana. Si suami mati. Tapi, yang ga sesuai sama rencana mereka adalah secara misterius mayat si suami menghilang dan mereka juga mengalami kejadian aneh semenjak saat itu.

Review: Dibalut nuansa hitam-putih, lagi. Film buatan Perancis ini sukses bikin ane dihantui rasa takut, tegang sekaligus penasaran. Awalnya ane pikir film ini bakal mengarah ke horror. Apalagi di awal film, dibuka dengan backsound yang bikin merinding. Tapi, endingnya patut diacungi jempol. Amat sangat tak terduga. Kamu penasaran ga sama film ini? Harus! Pokoknya harus penasaran. Idiiiih, malah maksa.


4. Rosemary's Baby (1968)



Sinopsis: Pasangan suami-istri yang baru saja pindah ke sebuah apartment. Di apartment ini mereka dikelilingi oleh para tetangga yang yaaah kelihatannya sih baik. Sampai suatu saat, secara misterius si istri hamil. Namun, kehamilannya ini justru penuh dengan keanehan.

Review: Bikin tegang? Iya. Bikin penasaran? Iya. Salah satu film horror-thriller dengan ide yang menurut ane oke punya. Keanehan yang disuguhkan di film ini sukses bikin ane betah duduk berlama-lama ditemani jantung yang terus menerus berdegup dengan kencang. Ah, selvi mulai lebay lagi! Pokoknya ini film sukses bikin ane tegang dan bikin parno juga sama tetangga yang kelewat baik. Hiiii~~


5. Misery (1990)


(ane kagak nemu trailer-nya di Youtube, jadi ga usah pake trailer ya!)


Sinopsis: Berkisah tentang seorang penulis terkenal yang memutuskan untuk pergi ke sebuah kota kecil. Dia punya kebiasaan pergi ke kota kecil kalo dia mau nulis buku barunya. Suatu hari dia berangkat ke kota tersebut dan mengalami kecelakaan di tengah badai salju dan untungnya ada seorang wanita yang menyelamatkannya bahkan merawatnya. Wanita tersebut juga ternyata adalah salah satu fans beratnya, fans fanatik terhadap buku yang ditulisnya. Sayangnya, pertemuannya dengan si fans bukanlah hal yang idah dan justru berbuah mimpi buruk.

Review: Film yang diadaptasi dari novelnya Stephen King. Ane ingat banget waktu ane pertama kali nonton film ini di HBO, awalnya ane bahkan ga minat buat nonton film ini. Tapi, perlahan-lahan ane justru terhanyut dalam kisah yang "mengerikan" di film ini. Bahkan, ane nonton film ini lebih dari 3 kali. Saking demennya. Tegang? Film ini sukses bikin ane tegang. Yah, tipikal film suspense-horror begitulah. Bikin geregetan gitu lah. Film ini juga bikin ane parno kalo ada orang yang nge-fans sama ane. Kamu ga nge-fans kan sama ane? Jangan, ya. Plisss, jangan!


Yap! Itu dia 5 film thriller klasik yang seharusnya sih udah pernah kamu tonton. Tapi kalo ternyata kamu belum pernah nonton film-film ini sih ya ga papa. Justru bagus dong, berkat postingan yang ane tulis, kamu jadi tau film-film thriller yahud yang dirilis bahkan sebelum kamu lahir. Oh iya, sekedar tambahan. Kalo kamu pengen nonton film-film thriller, horror, suspense, mystery, atau apalah itu, coba deh kamu ubek-ubek filmnya Alfred Hitchcock sama film yang diadaptasi dari novelnya Stephen King. Film-film mereka itu dijamin yahud deh. Gimana menurut kamu? Ada lagi ga film-film thriller klasik yang udah kamu tonton? Share di kolom komentar ya.



4 comments:

  1. .tpi entah knpa blm ada yg prnh aku tonton sma skali,
    o.O

    ReplyDelete
  2. Film2 jadul ini emang plotnya memukau dan bikin penasaran untuk ditonton.
    btw, ada satu lagi yg mungkin perlu direview, Dial M for Murder (1954), salah satu karya Alfred Hitchcock. Kisah suami yg berencana membunuh istrinya tp rencananya berantakan. Recommended movie too.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu udah pernah nonton sih, cuma males bikin reviewnya haha.

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.