Explanation: Lost Highway (1997)

Satu film yang udah lamaaaaa banget bersemayam di laptop ane dan pada akhirnya secercah cahaya muncul dan menerangi isi otak ane. Ya, ane menonton film tersebut dan boom! Jadilah postingan yang satu ini. Sebuah film mindfuck yang penuh dengan hal-hal surreal yang disutradarai oleh seorang pak tua yang ane juluki sebagai bapaknya film-film mindfuck, beliau adalah David Lynch. Film karya beliau yang akhirnya harus membuat kepala ane puyeng ini diberi judul Lost Highway yang dirilis pada tahun 1997 silam.

WARNING! THIS POST CONTAINS SPOILERS!



Title: Lost Highway
Released Date: 15 January 1997 (France)
Genre: Mystery - Thriller
Running Time: 134 minutes
Director: David Lynch
Writers: David Lynch, Barry Gifford
Stars: Bill Pullman, Patricia Arquette, John Roselius


Berkisah tentang sepasang suami-istri yaitu Fred Madison dan Renee Madison yang berkali-kali menerima paket kiriman yang isinya adalah sebuah kaset rekaman yang isinya aneh. Sampai suatu ketika, sang istri ditemukan meninggal dunia dan Fred menjadi pelaku atas pembunuhan tersebut. Fred pun akhirnya dijebloskan ke penjara. Suatu ketika, kejadian aneh terjadi dan yang ada di dalam penjara tersebut bukanlah Fred Madison, melainkan seorang pria muda bernama Pete Dayton. Dari drama kehidupan Fred Madison, kita akan disuguhkan kisah dari seorang Pete Dayton.


UPDATE!!!
Kalo kamu mau tau penjelasan lebih jelas sejelas-jelasnya,
silahkan lihat kolom komentar ya!
Penjelasan dari ane isinya ngawur! Hahaha
^.^





Yak, paragraf diatas adalah sedikit gambaran sinopsis dari film ini dan kali ini ane pengen ngebongkar soal film Lost Highway yang sayangnya bikin ane lost juga. Karena kita bakal bongkar film ini (sampe ke akarnya kalo bisa), jadinya sinopsis yang ane tulis ga begitu panjang, karena bakal kita bahas lebih rinci guna membongkar ke-mindfuck-an film karya sang master. Film ini seolah kayak labirin, men! Yang udah pernah nonton film mindfuck dan tau esensi dari film kayak beginian, mungkin ga bakal heran lagi sih. Sebenarnya ane agak bingung sih mau bongkar film ini mulai darimananya. Hmm, kita bahas dari hal-hal surreal dari film ini aja kali ya. Oh iya, sebenarnya nih ya kalo ngebahas soal film surreal tuh buat ane pribadi sih satu hal yang bisa dilakukan adalah mengabaikannya. Ya, tinggal diabaikan aja gitu hal-hal surreal tersebut karena emang hal-hal itu tuh yaaaa surreal alias ga nyata, so kita tau lah ya bahwa hal tersebut ga terjadi beneran. Cuma masalahnya adalah terkadang kita dibuat bingung dengan hal-hal yang mana aja yang sebenarnya ga nyata. Nah loh, kalo udah gitu sih kitanya jadi ga bisa sembarangan menentukan yang mana adegan surreal dan yang mana adegan yang real.




Hal pertama yang membuat ane bingung sama film ini adalah kejadian saat Fred Madison berada dalam penjara. Kemudian, sebuah cahaya dari langit muncul dan menyinari dirinya. Ga lama setelah kejadian itu, sosok Fred menghilang dan berganti menjadi karakter baru yaitu Pete Dayton. Pada scene ini, ada salah satu sipir penjara yang bingung, kok Fred ngilang dan malah ada orang lain disitu. Petugas pun datang dan mencoba mencari tau siapakah dia dan berdasarkan data yang mereka punya, dia adalah Pete Dayton. Nah lo? Kok bisa begitu. Kemana perginya si Fred? Menghilangnya sosok Fred Madison yang berganti dengan Pete Dayton emang jadi satu hal yang absurd banget. Hal absurd ini tentunya cuma bakalan bikin otak kamu meledak kalo kamu pikirin karena hal ini emang ga bisa dijelaskan pake akal sehat atau logika. Maka dari itu, mari kita kembali ke hukum utama kalo nonton film absurd, yaitu mengabaikannya, hahaha. Karena pada dasarnya, sampe filmnya habis pun kita ga akan mendapatkan jawabannya.


Ketika kita dipersembahkan sebuah kisah kehidupan dari Pete Dayton, perlahan-lahan kita dihadapkan pada beberapa hal yang tampak “sama” dan seolah “ada hubungannya” antara kehidupan Pete Dayton dengan Fred Madison. Bisa kita lihat dari sosok wanita yang dalam kehidupan Fred kita kenal dengan nama Renee Madison, yang tidak lain dan tidak salah lagi adalah istrinya Fred, sedangkan dalam kehidupan Pete Dayton, wanita tersebut dikenal dengan nama Alice Wakefield yang merupakan selingkuhannya Mr. Eddy dan juga menjalin asmara dengan Pete. Awalnya sih ketika ane mendapati kesamaan ini, ane pikir Fred dan Pete adalah dua orang yang sama alias Fred bereinkarnasi menjadi Pete atau sebaliknya. Apakah benar demikian? Jawabannya tidak. Tentang Lost Highway, David Lynch pernah bilang gini, “They’re living the same relationship but they’re living it in two different ways. They’re victims in different ways, in both worlds.” Jadi, bisa kita ambil kesimpulan bahwa Pete dan Fred memang dua orang yang berbeda dengan kehidupan yang berbeda pula. Tapi, “kesamaan” yang mereka punya inilah yang bisa dijadikan sebuah alasan kenapa saat adegan di penjara Fred menghilang dan digantikan oleh sosok Pete. David Lynch seolah pengen ngasih liat ke kita bahwa dua orang yang berbeda yang mempunyai “kesamaan” bisa punya sebuah ikatan yang secara ga langsung bikin dua orang tersebut punya suatu “ikatan”.


Sekarang mari kita bahas tentang sosok wanita yang diperankan oleh Patricia Arquette. Disini dia berperan sebagai Renee Madison, istri dari Fred Madison, dan juga Alice Wakefield, selingkuhannya Mr. Eddy, yang selingkuh sama Pete Dayton. Ribet yak hidupnya, ahak ahak. Nah, pertanyaan tentang sosok wanita ini adalah apakah mereka memang dua orang yang berbeda? Jawabannya tidak. Hanya ada satu sosok wanita disini yaitu Renee Madison. Bisa kita lihat di adegan saat Pete dan Alice pergi ke sebuah kabin di pinggir pantai. Secara misterius Pete berubah kembali menjadi Fred dan Fred masuk ke dalam kabin tersebut untuk mencari Alice dan Fred justru mendapati sosok lelaki misterius, yang nanti bakal kita bahas. Lelaki itu bilang kalo ga ada yang namanya Alice, namanya itu Renee. Dia bohong kalo namanya Alice. Nah, saat masuk adegan saat para detektif melakukan penyelidikan di rumah Andy, kamera menyoroti sebuah frame foto dimana disitu ada sosok Mr. Eddy, Renee dan Andy. Padahal di adegan sebelumnya, dalam frame foto tersebut ada sosok Mr. Eddy, Renee, Alice dan Andy. Penjelasannya adalah Renee adalah Alice. Yah bisa dibilang sih Alice adalah nama samarannya si Renee. Alice kan perannya sebagai pemain bokep dan Mr. Eddy adalah produsernya. Jadi, Renee ini kerjaannya yaaaaa pemain bokep gitu deh dan dia juga selingkuh sama Mr. Eddy atau nama aliasnya adalah Dick Laurent. So, udah clear lah ya tentang sosok wanita yang satu ini.

Before

After

Sekarang kita bahas soal sosok lelaki misterius yang namanya ga diketahui. Ya, lelaki ini saking misteriusnya ga diketahui namanya siapa dan perannya disini pun agak membingungkan sih. Ane sebut aja lelaki ini dengan nama beliau ya. Nah, ada di satu adegan menjelang akhir film saat beliau ini bersama dengan Fred meringkus Mr. Eddy. Yang mulanya beliau memegang dan menodongkan pistol ke Mr. Eddy, secara misterius pistol berpindah tangan ke Fred dan si beliau ini menghilang. Dari scene ini ane beranggapan bahwa beliau adalah sosok yang ga nyata alias cuma hmmmm bohongan aja gitu. Semacam cuma buah pikiran dari Fred doang. Tapi tentunya teori ane ini bisa dibantah. Misalnya di adegan saat Mr. Eddy menelepon Pete dan menyerahkan teleponnya ke “temannya” yang tidak lain adalah si beliau. Atau adegan di awal saat Fred pergi ke pesta dan beliau memulai perbincangan dengan Fred. Fred bahkan menanyakan kepada Andy tentang beliau dan menjawab bahwa beliau adalah teman Dick Laurent alias si Mr. Eddy. Kalo harus menarik kesimpulan, beliau ini sesungguhnya real alias nyata alias manusia beneran. Tapi di beberapa adegan beliau ini cuma sebuah “khayalan” dari Fred doang. Hmm, ya pokoknya beliau ini emang absurd banget sih. Ya pokoknya gitu sih yang bisa ane pahami tentang orang ini.




Dari segala kejadian absurd dari film ini, sebenarnya bisa kita tarik satu jalan yang utuh sih. Jadiiiiii, Fred Madison punya istri, namanya Renee Madison. Renee ini adalah pemain bokep (dulunya) dan dia pake nama Alice Wakefield sebagai nama panggungnya. Mr. Eddy alias Dick Laurent adalah produsernya. Mr. Eddy selingkuh sama Renee. Selama jadi selingkuhannya Mr. Eddy, Renee main belakang juga sama Pete. Hubungan Renee dan Pete terjadi dahulu kala. Nah, pas dia udah nikah sama Fred, sayangnya dia masih selingkuh sama Mr. Eddy. Bisa kita lihat di adegan saat Fred pergi ke Lost Highway Hotel dan disitu Renee lagi ehem-eheman sama Mr. Eddy. Endingnya, Fred membunuh Mr. Eddy. Bisa kita lihat di awal film saat Fred menerima pesan intercom yang bilang Dick Laurent telah mati.


Nah, ada satu hal lagi nih yang masih bikin ane bingung, yaitu timeline alias urutan waktu kejadiannya nih. Kisah kehidupan Pete duluan kah yang terjadi sebelum kisah Fred atau sebaliknya atau mungkin malah gabungan keduanya? Hayooo, gimana tuh? Sayangnya sih ane gagal untuk memahami timeline-nya nih. Otak ane udah hampir berasap ngebahasnya. Mungkin kamu mau bantuin ane?


Mungkin beberapa paragraf di atas sudah lumayan jelas lah ya dalam menjelaskan hal-hal aneh dan ruwet yang ada dalam film ini. Alangkah baiknya ane bahas film ini secara keseluruhan. Bagi para pecinta film “normal”, tentunya salah besar kalo kamu memutuskan buat nonton film ini. Pasalnya, segala keabsurdan dalam film ini emang ga bisa dengan mudah dinikmati. Perlu kesabaran dan otak ekstra supaya bisa paham tentang segala hal yang terjadi dalam film ini. Film ini emang penuh dengan misteri yang tak terjawab sih. Ya, David Lynch memang sengaja membuat ga semua hal dalam film ini jadi bisa untuk dijelaskan. Meskipun ane rasa ane sudah cukup paham tentang keseluruhan kisah dari film ini, tapi tetap aja ada hal-hal absurd yang tetap meninggalkan sebuah tanda tanya besar. Lupakan soal keabsurdannya, film ini menurut ane diciptakan dengan atmosfir yang cukup gelap yang membuat misteri dalam film ini jadi tambah hidup. Di tengah keanehannya, kisah dari kehidupan dari Fred dan Pete nyatanya tetap bisa ane nikmati dengan nyaman. Masing-masing kisahnya masih berjalan di jalurnya sendiri, awalnya, meskipun ujung-ujungnya tetap ada hal absurd yang membuat film ini jadi membingungkan. Tapi berhubung kisah mereka tetap ada alurnya dan masing-masing punya misterinya sendiri, alhasil ane tetap bisa betah duduk manis nonton Lost Highway sambil sesekali mengernyitkan dahi karena heran dan bingung dan merasa tersesat.


Setelah segini banyaknya paragraf yang ane tulis, akhirnya kita sampai di akhir postingan ini. Ya sudah, ane capek. Mudah-mudahan kamu, kamu, dan kamu yang emang butuh penjelasan tentang film ini bisa sedikit tercerahkan ya, walaupun ane yakin penjelasan ane juga ga kalah absurd dibandingin sama film ini, ahak ahak. Buat kamu yang ternyata belum pernah nonton, ya elaaaah ngapain baca sih, nonton aja belum. Hadeeehhhh.


Rating versi ane:
Worth to watch? Ceritanya sih seru, tapi absurd-nya
bikin otak ga tahan.



6 comments:

  1. Jujur ya vi...otak gw baca review film ini udah berasap.gimana kuat liat film nya ya.nyerah duluan deh.atau emang otak gw udh mulai berkurang volumenya...hahaha.yg pasti ini jelas lbh ruwet dari memento nya chris nolan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Memento sih kita cuma dibuat pusing sama timelinenya doang, kalo yg satu ini emang banyak hal-hal absurdnya sih. Dicoba aja dulu, mana tau demen ahak ahak.

      Delete
  2. Kamis udh lewat Vi...ketiduran?ahak...ahak...

    ReplyDelete
  3. Pete itu tokoh gk nyata(foto yg tdk ada alice, alice gk nyata =pete gk nyata)..dipenjara itu jg gk nyata..hayalan fred..liat scene akhir si fred dikejer2 polisi dg mobil dijalanan itu scene yg nyata..fred membunuh eddy, istrinya lalu dia stres hingga berhalusinasi lalu membunuh andy temannya eddy..fred lemah diranjang liat scene waktu abis berjentot istrinya renee bilang tidak apa2.. sehingga setelah bunuh istrinya dia ciptakan cerita pete yg kuat bercinta..fred stres setelah dia mencurigai istrinya yg mantan pemain bokep itu selingkuh...bibit stres keliatan saat dia maen saxsophone spt org gila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alur film ini sebenarnya lurus aja..berurutan krnologinya tp bercerita dari sudut pandang fred yg mulai kurang waras karena curiga isterinya selingkuh..percikan2 gk warasnya setelah dia bunuh eddy laurent, sampai tercipta karakter lelaki creppy misterius yg berasal dari sosok nyata yg pernah ditemuinya..tape2 yg ditonton ada yg nyata ada yg halusinasi..puncaknya saat dia mutilasi isterinya..lahirlah sosok hayalan pete, yg muda ganteng, kuat bercinta pacarnya dua..lalu fred yg jadi pete bunuh andi..hayalan2 itu hilang muncul disepanjang pelarian fred dan pengejaran polisi

      Delete
    2. oooohhhh begitu to rupanya. wah, berarti penjelasan ane salah besar hahahaha.

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.