Review Film: Goodnight Mommy aka Ich Seh Ich Seh (2014)

Udah lama banget ane ga buang-buang waktu untuk sekedar nonton film. Akhirnya tadi pagi ane nyoba sempatin buat ngubek-ngubek folder film di laptop ane dan ane putuskan untuk nonton film asal Austria berjudul Goodnight Mommy aka Ich Seh Ich Seh, yang dirilis pada tahun 2014 silam.



Title: Goodnight Mommy aka Ich Seh Ich Seh
Released Date: 11 September 2015 (USA)
 Running Time: 99 minutes
Genre: Drama - Mystery - Thriller
Directors: Severin Fiala, Veronika Franz
Writers: Severin Fiala, Veronika Franz
Stars: Susanne Wuest, Lukas Schwarz, Elias Schwarz


Film bergenre mystery-thriller ini mengisahkan tentang saudara kembar bernama Elias dan Lukas. Bersama dengan ibunya, mereka tinggal di sebuah rumah mewah yang jauh dari keramaian. Sang ibu baru aja keluar dari rumah sakit setelah menjalani operasi wajah karena mereka mengalami kecelakaan. Pasca operasi, si ibu selalu mengenakan perban di wajahnya. Si kembar merasa ada yang ga beres sama ibu mereka dan mereka merasa bahwa wanita yang ada di rumah mereka sekarang bukanlah ibu mereka yang sebenarnya.

Sejak awal trailer film Goodnight Mommy dirilis, trailer film ini disebut-sebut sebagai salah satu trailer film yang paling disturbing. Ketika ane mendengar kata disturbing, ada satu hal yang muncul dalam benak ane yaitu film ini harus ane tonton. Melihat dari trailernya sih ane emang ga bisa menebak bakal sebagus apa sih film ini. Tapi sayangnya, label "paling diturbing" tadi ga layak banget untuk diberi kepada trailer film ini karena bagi ane ya trailernya biasa aja. Hal ini juga yang mengurangi satu poin keunggulan dari film ini dalam menarik minat ane untuk nonton. Hasilnya, ane jadi rada skeptis sama film ini.




Dari segi plot, film ini sebenarnya punya storyline yang maaf aja nih ya, menurut ane biasa banget. Sudah terlalu banyak film-film diluar sana yang punya tema serupa. Lagi-lagi, disini ane mulai dikecewakan. Emang sih, rasanya pasti susah lah ya bikin film dengan ide cerita yang "original". Tapi alangkah baiknya ane maklumi hal ini dan ane anggap masalah storyline ini hanyalah masalah sepele. So, ane maafkan deh storyline-nya Goodnight Mommy yang biasa-biasa aja ini.


Meskipun memang Goodnight Mommy ga punya plot yang istimewa, ane harus akui bahwa film ini tetap bisa mempertahankan "misteri" yang dia punya dengan baik, walaupun tentu aja ga cukup mampu untuk membuat ane terkesan. Jalan cerita dalam film ini juga sangat lamban, alhasil ane ngantuk dibuatnya. Bahkan saking membosankannya film ini, 20 menit awal pun ane harus menyerah karena ane ketiduran.




Di awal perkenalan ane sama film ini, ane dapat bocoran katanya sih film ini punya unsur plot twist didalamnya. So, meskipun film ini memang membosankan, ane mencoba bertahan dan menikmati sambil menunggu dimana dan apakah plot twist yang dipunya. Lagi-lagi, ane dikecewakan oleh Goodnight Mommy. Harapan ane terhadap plot twist ini harus pupus karena dalam film ini terlalu banyak clue alias petunjuk dan bahkan di pertengahan film pun ane udah bisa menebak arah hidup film ini dan apa plot twist yang ada di film ini.

Secara keseluruhan sih ane ga bisa memuji film ini karena emang film ini sesungguhnya terlalu "biasa". Membosankan dan mudah tertebak. Itu dua hal yang menurut ane pantas disandang oleh Goodnight Mommy. Tapi, terlepas dari itu semua, ane cukup menikmati keindahan interior rumah yang dijadikan setting tempat dan tentunya acting para pemain film ini pun cukup baik.

Itu dia sedikit ulasan ga jelas tentang film berbahasa Jerman berjudul Goodnight Mommy. Gimana? Ada tanggapan ga tentang film ini? Tulis komentar kamu di kolom komentar ya. Itu juga kalo kamu mau sih.


Rating versi ane:
Worth to watch? Kalo kamu penasaran sih silahkan tonton.


4 comments:

  1. Twist ya itu di saudara kembarnya, dia udh mati tenggelam di sungai plus ibunya itu asli cuma dibayangan dia aja itu bukn ibunya, endingnya mati semua dah karena kebakan, film yg bagus kalo dikasih penjelasan ini film bikin mikir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, spoiler nih comment mbaknya, hahaha.
      Kasian yang blm nonton film ini jadi tau twist-nya.

      Delete
  2. Selvi sudah nonton "It Follows" ? rekomen bgt, horror beda lah, pesan moralnya oke jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg dia diikutin "setan" gara2 ketularan pas ehem-eheman sama cowoknya itu kan?
      sudah banget kalo yg itu mah.

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kamu lewat komentar dan setiap komentar dari kamu pasti ane balas. Tapi kalo ga dibalas, jangan ngambek ya.